Ubi Ungu, Umbi-umbian Yang Dapat Menurunkan Berat Badan Anda

Ubi ungu adalah tanaman umbi-umbian dengan nama latin Ipomoea batatas L. di mana bagian akarnya umum dimanfaatkan sebagai sumber karbohidrat alternatif sebagai pengganti nasi. Dalam bahasa inggris, ubi ungu dikenal dengan sebutan purple sweet potato. Sesuai dengan namanya tersebut, ubi ungu secara alami memiliki cita rasa manis dan akan meningkat setelah dimasak melebihi kentang.Umbi-umbian memiliki banyak manfaat.

Varietas ubi jalar memiliki warna bervariasi, mulai dari ungu, merah, kuning, atau putih pucat yang lebih umum ditemui. Hal ini dapat dipengaruhi oleh jenis varietas, tanah, iklim, dan mineral tanah yang tersedia pada tempat ubi jalar tumbuh. 

Ubi ungu biasanya digunakan sebagai pengganti nasi jika Anda sedang menjalankan diet. Hal ini karena ubi ungu dapat membantu menurunkan berat badan. Tapu bukan hanya itu saja, ubi ungu juga memiliki berbagai manfaat kesehatan lain yang tentunya tidak boleh untuk Anda lewatkan. Berikut ini manfaat lain dari ubi ungu.

  1. Melancarkan sistem pencernaan

Ubi ungu yang masih lengkap dengan kulitnya merupakan salah satu makanan yang tinggi serat. Bahkan dibanding dengan kentang, ubi ungu lebih tinggi kandungan serat dan memiliki rasa yang jauh lebih enak. Tingginya kandungan serat dalam ubi ungu dapat membantu menurunkan berat badan. Serat bersama mineral lain, seperti magnesium baik untuk melancarkan pencernaan. Hal ini juga membuat Anda merasa kenyang lebih lama dan menjaga nafsu makan.

  1. Membantu pembakaran kalori

Dalam 100 gram ubi ungu mengandung sekitar 20 gram karbohidrat kompleks. Sekilas hal tersebut mungkin tidak terdengar terlalu bermanfaat untuk menurunkan berat badan. Namun, karena rendah kalori dibarengi dengan kandungan nutrisi lainnya yang cukup tinggi, ubi ungu dapat memberikan Anda asupan energi tambahan yang menyebabkan Anda membakar lebih banyak kalori di antara waktu makan.

  1. Mengontrol kadar gula darah

Warna ungu pada ubi ungu berasal dari senyawa yang disebut antosianin, yakni senyawa alami yang terdapat pada tumbuh-tumbuhan yang diketahui memiliki sifat antioksidan kuat. Sebuah penelitian ditemukan bahwa kandungan antosianin dalam ubi ungu membantu menekan lonjakan gula darah setelah makan akibat resistensi insulin. Hal ini membuat ubi ungu memiliki manfaat untuk membantu mengelola kadar glukosa darah. Selain itu, ubi ungu juga memiliki indeks glikemik yang rendah sehingga berpotensi aman dikonsumsi penderita diabetes.

  1. Meningkatkan imunitas tubuh

Ubi ungu kaya akan kandungan antioksidan dan vitamin yang membantu meningkatkan daya tahan, sekaligus melindungi tubuh dari paparan radikal bebas. Kandungan vitamin C, beta karoten, dan antosianin dalam ubi ungu juga bekerja sebagai senyawa aktif yang memberikan efek antioksidan saat Anda konsumsi. Hal ini membantu melawan radikal bebas berlebih dan peradangan di dalam tubuh.

  1. Mengurangi gejala arthritis

Radang sendi atau arthritis adalah masalah kesehatan yang terjadi saat timbulnya peradangan atau inflamasi di sekitar persendian tubuh. Kondisi ini bisa dirasakan oleh siapa saja, namun lebih umum terjadi pada lansia di atas usia 65 tahun. Ubi jalar bisa jadi sumber makanan yang mengandung nutrisi kompleks, seperti beta karoten, magnesium, seng (zinc), dan vitamin B yang membantu mencegah dan meredakan gejala radang sendi, serta penyakit lain yang berkaitan dengan peradangan. 

  1. Mengurangi risiko tukak lambung

Selain memperlancar sistem pencernaan, diet tinggi serat yang dapat Anda peroleh melalui konsumsi ubi ungu juga bermanfaat mengurangi risiko penyakit maag. Ubi ungu juga memiliki kandungan vitamin B kompleks, kalium, dan kalsium yang juga berkhasiat mengatasi berbagai gangguan pencernaan. Dikutip dari MedlinePlus, kandungan serat pada ubi ungu yang Anda konsumsi bersama kulitnya dapat mencegah sembelit dan produksi asam. Hal ini dapat mencegah kondisi tukak lambung, yakni kondisi timbulnya luka pada dinding lambung atau usus halus. 

Nah itulah manfaat ubi ungu sebagai bagian dari umbi – umbian yang bisa Anda dapatkan. Anda bisa mengolah ubi ungu ini dengan cara digoreng, rebus, kukus bahkan panggang atau bakar. Anda pun bisa mendapatkan ubi ungu dengan mudah karena terjual bebas di pasar atau supermarket terdekat. 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*