Tidak Hanya Bodrex Flu Dan Batuk, Minyak Essensial Ini Juga Bisa Membantu Anda!

Batuk berdahak terjadi ketika tubuh menghasilkan lebih banyak dahak atau lendir pada saluran pernapasan. Sedangkan batuk kering merupakan batuk yang tidak mengeluarkan dahak. Baik batuk berdahak maupun batuk kering bisa disebabkan oleh berbagai macam faktor, sehingga cara mengatasinya pun harus disesuaikan dengan penyebabnya. Salah satu obat “warung” yang sering digunakan sebagai pertolongan pertama adalah bodrex flu dan batuk.

Batuk merupakan reaksi tubuh terhadap benda asing yang masuk ke dalam sistem pernapasan. Selain sebagai respons terhadap masuknya benda asing ke saluran pernapasan, batuk juga bisa merupakan gejala dari penyakit tertentu. Saat debu, polusi, atau alergen (zat pemicu alergi) memasuki sistem pernapasan, otak akan mengirim sinyal melalui saraf tulang belakang ke otot-otot di dada dan perut. Ketika otot-otot tersebut berkontraksi, udara menyembur melalui sistem pernapasan untuk mendorong keluar benda asing. Hal inilah yang dinamakan batuk.

Penyebab umum batuk berdahak adalah infeksi oleh virus atau bakteri. Ketika saluran pernapasan terinfeksi, misalnya saat sedang flu, tubuh akan memproduksi lebih banyak lendir. Fungsinya adalah untuk menjebak dan mengeluarkan organisme penyebab infeksi. Batuk bertujuan untuk mengeluarkan lendir tersebut. Sedangkan batuk kering dapat disebabkan oleh beberapa faktor, di antaranya

  1. Alergi

Ketika tubuh bereaksi terhadap pemicu alergi (alergen) yang masuk ke saluran pernapasan, maka akan terjadi batuk-batuk untuk mengeluarkan zat tersebut. Gejala lain pada batuk karena alergi yaitu gatal, bersin-bersin, dan pilek.

  1. Asam lambung

Penyakit asam lambung (GERD), terjadi ketika asam lambung naik ke esofagus atau kerongkongan. Asam lambung yang naik ini kemudian mengiritasi kerongkongan dan memicu refleks batuk.

  1. Asma

Asma dapat memicu batuk berdahak, namun lebih sering menimbulkan batuk kering. Hal ini karena saluran pernapasan membengkak dan menyempit sehingga menyulitkan bernapas.

  1. Infeksi virus

Ketika terinfeksi virus flu, biasanya Anda akan mengalami batuk berdahak. Namun setelah pilek sembuh, Anda mungkin mengalami batuk kering akibat infeksi saluran napas yang menjadi sensitif setelah terserang virus.

Selain mengonsumsi obat seperti bodrex flu dan batuk, minyak essensial juga dapat dijadikan terapi alternatif yang bisa membantu mengatasi batuk dan gangguan pernapasan.

  1. Minyak kayu putih

Banyak orang menggunakan minyak esensial kayu putih untuk mengatasi batuk dan penyakit pernapasan lainnya, seperti faringitis, bronkitis, dan sinusitis. Minyak kayu putih mengandung senyawa eucalyptol atau cineole. Kedua senyawa tersebut memiliki sifat antimikroba, sehingga dapat melawan bakteri penyebab penyakit.

  1. Rosemary

minyak esensial rosemary juga mengandung senyawa cineole yang dapat membantu untuk mengencerkan lendir ketika batuk dan mengurangi peradangan. Untuk mengatasi batuk, minyak esensial ini dapat menenangkan otot-otot di tenggorokan, melegakan pernapasan bahkan membantu mengatasi sesak napas akibat asma. 

  1. Peppermint

Minyak esensial peppermint mengandung mentol, yang memunculkan sensasi hangat dan dingin untuk melegakan atau meredakan tenggorokan yang gatal selama batuk. Oleh sebab itu, jika Anda sedang sakit tenggorokan atau batuk, menghirup minyak esensial oil ini bisa menjadi membuat Anda merasa lebih baik.

  1. Kayu manis

Kayu manis sering digunakan sebagai bumbu masak. Namun, kayu manis yang diekstrak menjadi minyak esensial juga bisa berguna untuk melindungi tubuh dari bakteri yang dapat menyebabkan masalah pernapasan, seperti batuk.

  1. Pala, bergamot, dan cyprus

Ketiga minyak esensial ini sama-sama mengandung molekul camphene untuk mengatasi batuk atau meredakan sakit tenggorokan. Menghirup minyak esensial ini membantu mengencerkan cairan di saluran pernapasan.

  1. Oregano

Minyak esensial oregano mengandung senyawa carvacrol, yaitu agen antimikroba yang bermanfaat untuk melawan berbagai jenis bakteri atau virus penyebab batuk. Oleh karena itu, minyak esensial ini dipercaya dapat mengatasi batuk dan masalah pernapasan lainnya.

Itulah 6 jenis minyak esensial yang dapat membantu untuk mengurangi batuk dan flu selain bodrex flu dan batuk atau obat – obatan lainnya. Anda bisa membelinya di SehatQ.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*