Tak Bisa Diremehkan, Ini Manfaat Kesehatan Daun Kersen

manfaat daun karsen

Apakah Anda cukup familiar dengan tanaman kersen? Tanaman ini dikenal juga sebagai ceri Jamaica. Buahnya lebih kecil daripada ukuran ceri kebanyakan. Bukan hanya dibudidayakan untuk dipanen, kebanyakan tanaman kersen dipelihara sebagai peneduh ataupun pagar rambatan. Anda tidak akan sulit menemukan jenis tanaman yang memiliki nama latin Mutingia calabura L ini di pinggir jalan. 

Dibandingkan buahnya yang kecil-kecil, peminat daun kersen bahkan lebih banyak. Soalnya, manfaat daun kersen disebut-sebut sangat tinggi sehingga bisa menyembuhkan Anda dari berbagai penyakit. Hal ini tidak berlebihan sebab daun kersen kaya akan kandungan flavonoid maupun antioksidan. Biasanya untuk mendapatkan manfaat daun kersen, orang-orang akan merebusnya, kemudian meminum sarinya. 

Jadi, apakah Anda yang termasuk tertarik menjajal manfaat daun kersen yang mudah didapatkan di mana saja ini? Pertimbangkan baik-baik dengan melihat khasiatnya terlebih dahulu, seperti di bawah ini. 

Obat untuk Diabetes 

Selain mengandung flavonoid, daun kersen juga kaya akan saponin. Di mana kedua senyawa ini sangat penting membentuk insulin alami bagi tubuh Anda. Alhasil, pengonsumsian reusan daun kersen secara rutin bisa membuat kadar gula darah menjadi normal. Manfaat daun kersen yang satu inilah yang membuat para penderita diabetes berburu merucuk daun ini untuk dijadikan obat alternatif. 

Turunkan Kolesterol Tinggi 

Cobalah siapkan 1—2 genggam daun kersen segar dan tiga gelas air bersih. Rebus daun tersebut sampai air menyusut menjadi setengahnya. Larutan daun kersen ini bisa sangat efektif mengontrol kadar kolesterol Anda. Bahkan masalah kadar kolesterol tinggi bisa diatasi dengan air rebusan daun kersen. 

Kendalikan Tekanan Darah 

Bukan hanya menurunkan kolesterol tinggi, air rebusan daun kersen juga berkhasiat mengatasi hipertensi. Ini karena daun kersen bisa membantu mengendalikan tekanan darah. Namun tentunya selain mengonsumsi air daun kersen, pengendalian tekanan darah mesti didudkung oleh penerapan gaya hidup yang sehat. 

Cegah Serangan Stroke 

Anda bisa sedikit bernapas lega karena daun kersen ternyata bisa mencegah serangan stroke. Manfaat daun kersen ini berhubungan dengan kemampuan air rebusan daun kersen menurunkan kolesterol dan menstabilkan tekanan darah. Bukan hanya itu, daun kersen ternyata juga memiliki zat aktif yang bisa memicu peroksisom proliferator (PPAR) dalam tubuh sehingga metabolisme glukosa terjadi lebih cepat. Hal-hal tersebutlah yang pada akhirnya mampu menangkal serangan stroke menimpa Anda. 

Usir Sakit Kepala 

Berbagai kandungan senyawa kimia pada daun kersen, mulai dari flavonoid, saponin, polifenol, sampai tannin ternyata sangat baik dalam mendukung kelancaran sistem peredaran darah. Di mana peredaran darah yang kurang optimal sangat mudah memicu sakit kepala. Jadi kalau selama ini Anda sering pusing dan sakit kepaa, cobalah usir dengan mengonsumsi air rebusan daun kersen. 

Redakan Gejala Batuk 

Ternyata daun kersen juga punya sifat antivirus karena kayanya antioksidan yang ada di dalamnya. Pada akhirnya, sifat inilah yang membuat daun kersen efektif dijadikan pereda gejala batuk ataupun flu yang Anda idap. Di mana biasanya batuk muncul karena adanya peradangan dalam tenggorokan, yang bisa diringankan dengan sifat antivirus dan antioksidan yang dimiliki daun kersen. 

Stabilkan Asam Lambung 

Buat Anda yang sering mengalami masalah maag karena asam lambung naik, cobalah merasakan manfaat daun kersen. Air rebusan tanaman herbal ini disebut-sebut cukup efektif menetralkan produksi asam lambung. Dengan produksi yang tidak berlebihan, risiko Anda mengalami kenaikan asam lambung pun bisa dicegah. 

Cegah Infeksi Luka Luar 

Selain direbus dan diminum untuk mengobati masalah kesehatan dari dalam, daun kersen juga bisa dipakai sebagai obat luar. Anda bisa menaruh daun kersen yang sudah dilayukan ke bagian kulit yang luka. Kandungan antiseptik dan sifat anti peradangan yang terdapat pada daun tanaman ceri Jamaica ini bisa mencegah infeksi luka luar. 

Minimalkan Risiko Kanker 

Daun kersen adalah jenis tanaman yang memiliki senyawa antioksidan yang sangat beragam dan jumlah yang tidak sedikit. Mulai dari flavonoid sampai tannin terdapat pada daun kersen. Manfaatnya pun luar biasa, bisa sampai meminimalkan risiko kanker! 

Tags: ,

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*