Selain Sanadryl Expectorant, Inilah Rekomendasi Obat Batuk Berdahak

sanadryl expectorant

Batuk berdahak kerap disebut sebagai batuk produktif, yaitu batuk yang menghasilkan lendir atau dahak. Saat mengalami batuk berdahak, Anda mungkin merasakan ada sesuatu yang tersangkut di dada atau bagian belakang tenggorokan. Tak hanya itu, terkadang batuk berdahak juga akan membawa lendir ke dalam mulut. Selain bisa diobati dengan obat batuk bebas seperti Sanadryl Expectorant, Anda juga bisa mengatasi batuk berdahak dengan beberapa rekomendasi obat batuk berikut ini.

1. Actifed Plus Expectorant

Actifed Plus Expectorant merupakan obat batuk yang dapat digunakan untuk mengobati masalah pilek dan batuk berdahak. Obat ini merupakan obat bebas terbatas yang memiliki kandungan zat aktif seperti triprolidine HCl, pseudoephedrine HCl, dextromethorphan Hbr, guaiphenesin, ethanol, dan sukrosa. Anda bisa mendapatkan obat Actifed Plus Expectorant dengan harga Rp 51.000 untuk kemasan isi 60 mL.

2. Woods Expectorant

Obat batuk Woods Expectorant merupakan produk obat yang sudah terpercaya lebih dari 100 tahun, dan telah dipasarkan hingga di berbagai negara di dunia. Obat batuk Woods Expectorant merupakan obat yang memiliki rasa peppermint yang kuat yang berfungsi untuk melegakan tenggorokan. Selain itu, obat batuk Woods Expectorant mengandung Bromhexine HCl yang berguna untuk mengencerkan dahak, serta Guaiphenesin yang berfungsi untuk mengeluarkan dahak. Anda bisa mendapatkan obat ini dengan harga Rp 15.700 hingga Rp 34.200 untuk kemasan isi 60 mL.

3. Bisolvon Elixir Sirup

Obat batuk Bisolvon ini bermanfaat untuk mengatasi gangguan pada saluran pernapasan seperti batuk berdahak serta memudahkan penderita untuk pengeluaran dahak. Obat Bisolvon Elixir mengandung bromheksin hidroklorida yang merupakan golongan obat mukolitik yang bekerja dengan cara mengencerkan dahak sehingga dahak mudah dikeluarkan melalui batuk. Akan tetapi, obat ini memiliki efek samping seperti diare, mual, muntah, penyempitan saluran pernapasan, pembengkakan pada beberapa bagian tubuh karena alergi, kulit kemerahan, biduran, dan anafilaksis. Anda bisa mendapatkan obat ini dengan harga Rp 76.464 untuk kemasan isi 125 mL.

4. Siladex Mucolytic Expectorant

Obat batuk Siladex Mucolytic Expectorant berfungsi untuk membantu mengencerkan dahak sehingga mempermudah Anda untuk mengeluarkan dahak. Selain itu, obat batuk Siladex ini juga tanpa mengandung alkohol serta bebas gula sehingga aman untuk penderita diabetes, dan tidak menyebabkan kantuk.

Obat batuk sirup Siladex tersebut juga mengandung Bromhexine HCl serta Guaifenesin, dan tersedia dalam kemasan botol isi 30 mL, 60 mL, dan 100 mL. Anda bisa mendapatkan obat ini dengan harga Rp 7.437 untuk kemasan botol isi 30 mL.

5. Sanadryl Expectorant

Obat batuk Sanadryl Expectorant memiliki manfaat untuk mengatasi batuk berdahak akibat alergi. Batuk berdahak dapat diobati menggunakan obat Sanadryl Expectorant karena memiliki kandungan seperti difenhidramine HCl, amonium klorida, dan kalsium sulfoguaiakolat yang bermanfaat untuk mengencerkan dahak sehingga mudah untuk dikeluarkan. Sanadryl Expectorant juga dilengkapi dengan mentol yang memberikan sensasi hangat di tenggorokan. 

Obat ini juga aman untuk dikonsumsi anak-anak hingga orang dewasa, karena tidak mengandung alkohol. Akan tetapi, Sanadryl Expectorant termasuk dalam obat bebas terbatas, oleh karena itu frekuensi penggunaannya harus sesuai dengan yang tercantum di kemasan atau anjuran dari dokter. Anda juga harus waspada terhadap efek sampingnya, seperti pusing, sakit kepala, gangguan pencernaan seperti kram perut, nyeri di ulu hati, konstipasi, serta mengantuk dan gangguan koordinasi.Anda bisa mendapatkan obat Sanadryl Expectorant Sirup dengan harga Rp 13.500 untuk kemasan isi 60 mL.

Tags: ,

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*