Selain Quantidex, Cara Ini Ampuh Atasi Hidung Tersumbat

Ketika Anda mengalami hidung tersumbat, tentunya hal ini akan mengganggu aktivitas. Rasa tidak nyaman ini harus segera di atasi dengan mengonsumsi obat seperti Quantidex ataupun obat – obatan lain yang dapat mengatasi hidung tersumbat. Hidung tersumbat pada dasarnya bisa sembuh dengan sendirinya, hanya saja jika dibiarkan begitu saja dikhawatirkan jika menjadi gejala dari penyakit yang serius.

Hidung tersumbat bisa terjadi karena adanya pembengkakan yang terjadi di jaringan dan pembuluh darah yang berada di sekitar hidung. Kondisi ini biasanya akan ditandai dengan keluarnya ingus yang berlebihan. Alergi, pilek, flu dan sinusitis bisa menjadi kondisi yang menyebabkan hidung tersumbat. 

Quantidex merupakan obat dalam bentuk sirup yang tidak hanya membantu melegakan hidung tersumbat tetapi juga mengatasi gejala gangguan saluran pernapasan atas seperti peradangan pada rongga hidung. 

Banyak cara yang bisa dilakukan untuk mengatasi hidung tersumbat, baik dengan menggunakan obat – obatan dari dokter atau pun mengatasi secara sederhana di rumah. Berikut ini beberapa cara mengatasi hidung tersumbat.

  1. Memasang pelembap udara

Anda bisa memasang pelembap udara sebagai salah satu usaha mengatasi hidung tersumbat. Akhir – akhir ini penggunaan humidifier untuk menjaga kelembapan udara menjadi pilihan terbaik yang dilakukan beberapa orang. Pasalnya, alat ini mampu mengubah air menjadi uap yang dapat melembapkan udara dan juga menenangkan iritasi pada jaringan dan pembuluh darah yang bengkak. Tidak hanya itu, uap yang terhirup pun mampu untuk mengencerkan lendir yang tersumbat di saluran pernapasan.

  1. Mandi air hangat

Salah satu cara sederhana dalam mengatasi hidung tersumbat tetapi efektif adalah dengan mandi menggunakan air hangat. Hal ini karena ketika Anda mandi dengan air hangat, dapat menipiskan lendir yang ada di dalam hidung sehingga pernapasan Anda kembali normal. 

  1. Minum air dengan cukup

Ketika sedang mengalami hidung tersumbat, usahakan Anda mencukupi kebutuhan harian cairan agar tetap terhidrasi. Hal ini bertujuan untuk mengurangi lendir yang keluar dan juga mendorong ingus atau lendir yang berada di saluran hidung untuk keluar.

  1. Menghirup uap hangat dari bawang putih

Selain menghirup uap dari humidifier, Anda juga bisa menghirup uap hangat yang berasal dari bawang putih. Selain bermanfaat sebagai bumbu dapur, bawang putih memiliki kandungan antibakteri dan antijamur yang sangat berguna untuk mengatasi hidung tersumbat. Anda bisa memotong beberapa siung bawang putih, kemudian masukkan dalam panci yang sudah berisi air panas. Cara alami ini cukup mudah dilakukan dan hasil yang didapatkan pun cukup efektif dalam mengurangi lendir yang mengganggu di saluran pernapasan sehingga secara perlahan Anda dapat kembali bernapas dengan normal.

  1. Menggunakan ekstra bantal saat tidur

Saat mengalami hidung tersumbat, Anda pastinya juga akan mengalami kesulitan bernapas sehingga saat tidur pun menjadi tidak nyaman dan tidak nyenyak. Oleh karena itu, Anda bisa menambahkan 1 hingga 2 bantal tambahan guna menopang kepala Anda agar ingus bisa keluar sehingga pernapasan kembali normal dan tidak mengganggu tidur Anda.

  1. Menggunakan kompres hangat

Anda bisa menempelkan kompres hangat di atas hidung dan di dahi dengan tujuan mengatasi hidung tersumbat. Anda bisa menggunakan handuk kecil yang direndam dalam air panas kemudian kompres terlebih dahulu barulah di tempelkan di bagian hidung dan dahi. Rasa hangat yang dirasakan dapat menenangkan nyeri dan juga meredakan peradangan yang terjadi di saluran pernapasan, sehingga secara perlahan lendir mengencer dan dapat keluar dari hidung.

Itulah beberapa cara dalam mengatasi hidung tersumbat tanpa mengonsumsi obat – obatan seperti Quantidex. Jika Anda ingin membeli obat untuk mengatasi hidung tersumbat atau berkonsultasi dengan dokter untuk mengatasi kondisi tersebut dapat dilakukan secara daring melalui aplikasi kesehatan SehatQ.

Tags: , ,

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*