Selain Caladine Baby, Ini Cara Efektif Atasi Gatal

Gatal-gatal merupakan sebuah kondisi yang cukup lazim dijumpai terjadi pada bayi. Kebanyakan bayi akan mengalami gatal-gatal dalam suatu masa di dalam hidup mereka. Gatal-gatal pada bayi tidak berbeda dengan gatal-gatal yang terjadi pada orang dewasa. Benjolan berwarna merah yang terasa gatal adalah gejala utama kondisi ini. Untungnya, kondisi ini tidak menular, dan kebanyakan kasus gatal-gatal akan hilang hanya dalam waktu kurang dari 24 jam saja, terutama apabila penggunaan Caladine baby telah dilakukan. 

Sama seperti yang terjadi pada orang dewasa, bayi dan anak-anak dapat menderita gatal-gatal sebagai respon terhadap beberapa pemicu atau alergen, sering dalam 2 jam setelah paparan berlangsung. Jika hal tersebut terjadi, gunakan Caladine baby untuk mengatasi gatal-gatal atau rasa tidak nyaman yang ditimbulkannya. 

Beberapa alergen yang biasa menyebabkan gatal-gatal pada bayi di antaranya adalah makanan, bumbu, pewangi, produk-produk topikal seperti sabun dan lotion, bulu hewan, obat-obatan, dan juga gigitan serangga. Penyebab lain di antaranya adalah infeksi (bahkan demam biasa), penyakit, stres, tekanan fisik, perubahan suhu ekstrim, olahraga, dan menggaruk. 

Penting untuk diingat bahwa penyebab gatal-gatal pada anak mirip dengan penyebab pada orang dewasa, makanan merupakan penyebab paling besar dalam kasus gatal-gatal pada anak. Susu, kacang, telur, gandum, dan kedelai sering menjadi alergen makanan paling lazim dijumpai. Karena anak-anak umumnya akan “sembuh” dari alergi makanan seiring dengan berjalannya waktu, gatal-gatal pun akan semakin hilang saat mereka tumbuh dewasa. 

Cukup lazim bagi para ibu untuk merasa khawatir saat anak mereka menderita gatal-gatal, terutam saat benjolan yang timbul berukuran besar dan berwarna kemerahan. Dalam beberapa kasus, kekhawatiran tersebut ada untungnya, karena gatal-gatal pada anak dapat membutuhkan perawatan kegawatdaruratan. 

Alergi makanan dapat memicu reaksi alergi parah yang disebut anaphylaxis, yang mana meskipun jarang dijumpai dapat menyebabkan kematian. Gejala dari anaphylaxis yang harus diwaspadai di antaranya adalah sesak napas, pusing dan pingsan, mual dan muntah, nyeri perut, diare, detak jantung yang sangat cepat, tenggorokan yang terasa sesak dan suara yang serak. 

Sebuah kondisi yang dikenal dengan sebutan angioedema, di mana mata, bibir, tangan, kaki, dan alat kemaluan bisa membengkak, juga dapat menyebabkan gangguan pernapasan. Apabila anak Anda menderita mengi atau kesulitan bernapas, Anda harus mencari bantuan medis kegawatdaruratan secepatnya. Saat sudah sampai di rumah sakit, suntikan epinephrine biasanya akan diberikan oleh dokter anak untuk mengatasi gejala alergi tersebut. 

Jika gatal-gatal yang terjadi pada anak tidak ditemani oleh gejala-gejala tersebut di atas sebelumnya, orang tua diperbolehkan untuk merawat gatal-gatal di rumah. Tujuan utama dari perawatan ini adalah membuat anak merasa lebih nyaman, karena seperti namanya, gatal-gatal dapat menyebabkan rasa gatal parah dan tidak nyaman. Gatal-gatal sendiri biasanya akan hilang dengan sendirinya dan tidak akan menyebabkan risiko kesehatan apapun apabila tidak ditemani dengan gejala lain. 

Selain menggunakan produk seperti Caladine baby, orang tua juga bisa memberikan antihistamine over-the-counter atau OTC. Untuk membantu mengatasi rasa gatal dan menyediakan sedikit rasa lega, pertahanan terbaik dari gatal-gatal adalah antihistamine seperti Claritin atau Benadryl. 

Obat tersebut dapat menghambat atau mencegah pelepasan zat kimia yang disebut histamine yang bertanggungjawab atas timbulnya gatal-gatal dan gejala yang menemaninya. Ikuti petunjuk dosis yang direkomendasikan dalam kemasan sesuai usia dan berat badan anak. Apabila Anda tidak yakin mengenai hal ini, konsultasi dengan dokter anak terlebih dahulu sebelum memberikan obat apapun pada anak.

Tags: , ,

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*