Olahraga Terbaik agar Anak Tumbuh Tinggi

Olahraga Terbaik agar Anak Tumbuh Tinggi

Agar anak tumbuh tinggi, orang tua harus memastikan anak cukup aktif dalam melakukan aktivitas fisik dan juga olahraga.

Tinggi badan anak turut dipengaruhi oleh aktivitas dalam hidup mereka. Sangat penting untuk memastikan anak aktif bergerak di masa pertumbuhannya.

Lalu apa saja sih jenis olahraga yang bagus dan bisa membuat anak tumbuh lebih tinggi? Berikut beberapa contohnya!

Kenapa olahraga penting untuk anak?

Olahraga dan aktivitas fisik yang dilakukan secara teratur dapat menstimulasi pertumbuhan tulang dan otot, serta produksi hormon pertumbuhan.

Pertumbuhan tulang sangat penting dalam pembentukan tubuh, makanya ukuran tulang akan menentukan tinggi dan seberapa kuat anak. Olahraga rutin memberikan beban mekanis yang sangat dibutuhkan ini pada tulang.

Oleh karena itu aktivitas berulang di masa kanak-kanak menyebabkan tulang lebih sehat dan lebih kuat. Selain itu olahraga rutin juga bisa menaikkan produksi hormon pertumbuhan atau human growth hormone (HGH).

Ini terjadi sebagai dampak respon alami terhadap kebutuhan energi tubuh yang berbeda selama berolahraga dan untuk memperbaiki jaringan setelah olahraga. HGH sangat penting dalam pertumbuhan anak, makanya olahraga jadi sangat penting untuk dilakukan.

Jenis olahraga yang bagus untuk pertumbuhan anak

Jenis olahraga yang direkomendasikan adalah latihan yang merangsang tulang tumbuh memanjang. Olahraga yang menggunakan beban kurang disarankan karena bisa memberikan beban berlebih pada tulang dan otot.

Hal ini justru bisa merusak tulang dan sendi serta berdampak buruk pada pertumbuhan tinggi anak. Jadi penting untuk memastikan anak berolahraga secara teratur dan dengan cara yang aman.

Berikut beberapa rekomendasi jenis olahraga dan aktivitas fisik yang bisa mengoptimalkan masa pertumbuhan anak:

1. Stretching

Latihan peregangan bisa meningkatkan kelenturan tulang belakang dan memastikan semua bagiannya tubuh dengan sejajar. Dengan peregangan, bisa membantu memanjangkan tulang rawan pada tulang belakan dan meregenerasi fleksibilitas.

Beberapa peregangan yang harus dilakukan adalah peregangan tulang belakang dengan pose downward dog, lalu peregangan lutut, dan pergelangan pinggul. Latihan peregangan juga bisa membuat postur yang lebih bagus.

2. Latihan postur

Postur yang baik berperan penting dalam tinggi badan anak. Kebiasaan anak yang gemar melihat gadget dan menunduk dalam waktu lama bisa merusak postur tubuh mereka.

Latihan postur bisa memanjangkan tulang belakang, mengembalikan postur tubuh yang baik, dan membuat anak lebih percaya diri karena terlihat lebih tinggi.

3. Neck exercise

Jenis latihan lain yang bisa dilakukan agar anak tumbuh tinggi adalah melakukan neck exercise. Leher yang panjang dan kuat bisa membuat anak terlihat lebih tinggi.

Selain itu latihan leher yang sederhana juga bisa bantu menghilangkan ketegangan pada leher, merangsang tiroid, dan tingkatkan pertumbuhan anak.

4. Bergelantungan

Posisi menggantung secara vertikal juga bisa berdampak positif untuk pertumbuhan anak. Olahraga vertical hanging memungkinkan berat tubuh bagian bawah meregangkan dan mendekompresi tulang belakang.

Jika dilakukan secara rutin, latihan ini bisa menambah tinggi anak sampai beberapa inchi. Namun pastikan anak selalu dalam kondisi yang aman ya saat melakukannya.

5. Olahraga lainnya

Selain beberapa exercise di atas, ada beberapa jenis olahraga lain yang bagus untuk anak. Mulai dari lompat tali, berlari, renang, voli, basket, hingga maraton.

Mulailah mengajak anak berolahraga dengan aktivitas fisik yang mereka sukai. Dari sana orang tua bisa menanamkan kebiasaan untuk melakukan olahraga secara rutin.

Nah, itu dia beberapa olahraga dan latihan yang bisa dilakukan agar anak tumbuh tinggi. Konsistensi penting, jadi ajak anak untuk olahraga rutin, ya!

Tags: ,

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*