Obat Folaplus, Rekomendasi Asam Folat untuk Ibu Hamil

Obat Folaplus, Rekomendasi Asam Folat untuk Ibu Hamil

Obat Folaplus adalah suplemen yang mampu penuhi kebutuhan nutrisi ibu hamil dan menyusui. Dengan kandungan asam folat yang mampu mencegah ibu hamil dan menyusui terkena anemia megaloblastik. Anemia jenis ini disebabkan karena tubuh kekurangan asam folat dan vitamin B12.

Kegunaan Obat Folaplus

Selain mengandung asam folat, Folaplus juga mengandung vitamin B6 dan B12. Vitamin B6 berguna untuk mengurangi morning sickness pada masa awal kehamilan, menunjang perkembangan otak dan sistem saraf bayi, mencegah preeklampsia dan membantu pembentukan sel darah merah.

Sedangkan vitamin B12 berperan untuk mencegah cacat tabung saraf dan cacat neurologis serta membantu pembuatan DNA.

Rekomendasi Suplemen Kehamilan

Folaplus adalah satu dari sekian banyak suplemen asam folat untuk ibu hamil. Selain Folaplus, berikut beberapa rekomendasi suplemen kehamilan yang bisa Anda konsumsi.

1. Folamil Genio

Merupakan suplemen kehamilan yang mengandung vitamin, DHA dan mineral untuk memenuhi kebutuhan wanita saat masa kehamilan. Pada Folamil Genio terdapat vitamin B1, B2, B6, B12, C, D3, E dan K1. Selain itu, Folamil Genio juga mengandung DHA yang merupakan nutrisi penting untuk ibu hamil. DHA berperan untuk perkembangan otak, mata, jantung dan sistem saraf serta mencegah kelahiran prematur, berat badan rendah dan depresi pasca persalinan pada ibu.

Harga: Rp 150.000/ botol

2. Folavit

Kandungan asam folat pada Folavit sama dengan obat Folaplus, yakni 400 Mcg. Asam folat berguna untuk mencegah defisiensi folat serta menutrisi ibu hamil dan janin. Folavit bisa dikonsumsi oleh Anda yang sedang merencanakan kehamilan atau yang sedang hamil guna mencegah kelahiran prematur, cacat tabung saraf dan keguguran. Kandungan asam folat juga berguna untuk memproduksi sel darah merah sehingga mencegah ibu hamil mengalami anemia.

Harga: Rp 12.000/ strip

3. Nature’s Plus Folic Acid Hearts

Nature’s Plus Folic Acid Hearts memiliki kandungan yang hampir sama dengan obat Folaplus yaitu asam folat 400 mcg, vitamin B6 dan B12.  Kandungan yang ada di dalamnya bisa mencegah anemia megaloblastik pada ibu hamil serta mampu menjaga kesehatan jantung dan kesehatan kulit, pencernaan, saraf dan mulut.

Harga: Rp 217.000/ botol

4. Afolat

Mengandung 400 mcg asam folat yang mampu mencegah risiko cacat lahir pada bayi di dalam kandungan, membantu produksi sel darah merah serta mengurangi risiko kanker. Afolat juga bisa dikonsumsi oleh Anda yang sedang menjalani program kehamilan.

Harga: Rp 2.000/ strip

5. Promavit

Merupakan suplemen pilihan bagi Anda yang sedang hamil, dengan memiliki kandungan vitamin dan mineral seperti minyak tuna, EPA, omega 3, DHA, asam folat, multivitamin, dan mineral. EPA dapat mendukung sistem kekebalan tubuh, jantung dan respon inflamasi. Sedangkan DHA dapat mendukung perkembangan otak, mata dan sistem saraf pusat.

Harga: Rp 37.100/ strip

6. Blackmores Pregnancy & Breast Feeding Gold

Memiliki kandungan 17 nutrisi yaitu asam folat, minyak ikan, omega-3, DHA, EPA, kalsium, zinc, magnesium, vitamin B1, B2, B6, B12, vitamin E dan lainnya yang dapat memberikan nutrisi pada ibu hamil dan menyusui. Kandungan dalam Blackmores Pregnancy & Breast Feeding Gold juga tergolong lengkap sehingga bisa memberikan dukungan optimal untuk perkembangan janin.

Harga: Rp 218.250/ botol

7. YOUVIT Multimum

Salah satu vitamin suplemen kehamilan yang berbentuk gummy dengan rasa buah mangga yang menyegarkan. YOUVIT Multimum memiliki kandungan Vitamin A, B3, B5, B6, B7, B9, B12, C, E, D, Selenium dan Zinc yang dapat memenuhi nutrisi yang ibu hamil butuhkan. Rasa mangga yang manis, bisa membantu ibu hamil meredakan morning sickness saat masa awal kehamilan.

Baik obat Folaplus atau vitamin lainnya memiliki kandungan yang hampir sama. Agar kebutuhan nutrisi Anda selama kehamilan terpenuhi, Anda juga harus mengonsumsi makanan bergizi saat masa kehamilan.

Tags: ,

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*