Mudah Dicari, Ini Makanan yang Mengandung Probiotik

makanan yang mengandung probiotik

Probiotik merupakan bakteri baik yang bisa menghindarkan Anda dari beragam keluhan kesehatan akibat jumlah bakteri jahat yang terlalu banyak di dalam tubuh. Mulai dari membuat pencernaan lebih lancar sampai memelihara kesehatan jantung bisa dilakukan oleh hadirnya bakteri-bakteri probiotik yang mencukupi dalam tubuh Anda. 

Mengonsumsi suplemen probiotik dapat menjadi jalan pintas termudah untuk mendapatkan jumlah bakteri baik yang mumpuni bagi tubuh. Namun, Anda juga bisa mendapatkan bakteri baik ini dari makanan-makanan yang mengandung probiotik yang lebih alami. 

Sebenarnya, makanan yang mengandung probiotik sangatlah banyak dan Anda bisa menemukannya dengan gampang di mana saja. Di mana rata-rata makanan yang mengandung probiotik adalah makanan-makanan yang sudah melalui proses fermentasi, seperti di bawah ini. 

Yogurt 

Ini merupakan pilihan terbaik untuk bisa mendapatkan asupan probiotik bagi tubuh. Yogurt merupakan produk olahan dari susu yang telah mengalami proses fermentasi. Pada proses tersebut, bakteri baik jenis Bifidobacteria kerap dimasukkan dalam produk susu ini. Karena alasan inilah, anak-anak yang mengonsumsi yogurt lebih jarang mengalami diare. Rutin mengonsumsi makanan yang mengandung probiotik ini bahkan dapat menurunkan tekanan darah tinggi padda orang dewasa. 

Cuka Apel 

Manfaat cuka apel untuk mendukung kesehatan tidak perlu diragukan. Mencampurkannya dalam segelas air hangat yang dicampur madu tiap pagi bisa mengurangi kadar kolesterol, mengontrol tekanan darah, sampai meningkatkan sensitivitas insulin untuk mencegah diabetes! Ternyata salah satu penyebab khasiat cuka apel begitu luar biasa karena adanya kandungan probiotik dalam jenis cuka yang satu ini. Selain dilarutkan dalam air, Anda bisa merasakan manfaat probiotik dalam cuka apel dengan menjadikannya sebagai campuran saus salad. 

Tempe 

Menemukan tempe khususnya di Indonesia sangatlah tidak sulit. Anda bahkan bisa membeli tempe tiap hari di tukang sayur yang lewat di depan rumah! Walaupun harganya tergolong murah, tempe ternyata merupakan salah satu makanan yang mengandung probiotik tinggi karena dibuat lewat proses fermentasi. Bukan hanya itu, tempe juga kaya akan protein dan vitamin B12 yang bisa memelihara kesehatan Anda secara maksimal. 

Keju 

Memang tidak semua jenis keju dapat dikatakan sebagai makanan yang mengandung probiotik. Namun, keju-keju yang sering Anda santap sehari-hari nyatanya adalah bagian yang mengandung probiotik! Anda suka memakai keju cheddar ataupun mozzarella untuk membuat menu sarapan? Ya, kedua jenis keju tersebut termasuk keju yang mengandung probiotik. 

Kimchi 

Anda termasuk yang terkena demam Korea Selatan dan menjadi menggemari beragam makanan asal Negeri Gingseng tersebut? Salah satu makanan khas Korea Selatan sangat kaya akan probiotik. Adalah kimchi, yang merupakan fermentasi dari kubis dengan rasa asam dan pedas ini bisa Anda konsumsi untuk menjaga keseimbangan bakteri baik maupun bakteri jahat yang ada di dalam tubuh. 

Miso 

Miso merupakan bumbu khas Jepang yang dapat menjadi campuran untuk menghadirkan makanan yang mengandung probiotik. Bumbu yang berbentuk pasta ini dibuat dari kacang kedelai, garam, dan jamur koji yang melalui proses fermentasi. Biasanya, miso dijadikan campuran bumbu untuk membuat sup. Sup miso sendiri merupakan salah satu menu sarapan paling populer di Negeri Matahari Terbit tersebut. 

Acar 

Jangan ragu untuk menambahkan acar yang lebih banyak sebagai pelengkap menu nasi goreng, mi goreng, ataupun soto yang sedang Anda makan. Soalnya, jenis makanan pendamping ini tergolong memiliki probiotik yang tinggi. Hanya saja, memang tidak semua acar bisa menghadirkan probiotik. Acar yang memiliki kandungan probiotik biasanya didapati pada acar yang diproses dengan tambahan air garam. 

Dari berbagai jenis makanan yang mengandung probiotik di atas, mana yang paling Anda sering konsumsi dan Anda sukai? Bisa dipastikan, pencernaan Anda akan lebih sehat dengan makanan-makanan tersebut. 

Tags: , ,

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*