Memiliki Masalah Dengan Kulit Anda? RS Surya Husadha Solusinya!

Salah satu gangguan kesehatan yang mungkin saja masih diangap aib dan memalukan adalah penyakit kulit. Hal ini karena jika Anda mengalami gangguan kesehatan kulit, bisa terlihat oleh orang lain. Orang yang berada di sekitar Anda akan merasa tidak nyaman dan cenderung menjauhkan diri. Padahal tidak semua penyakit kulit seperti. Jika Anda mengalami masalah dengan kulit dan ingin memeriksakannya ke Poliklinik Kulit dan Kelamin bisa dilakukan di RS Surya Husadha Denpasar.

Ada beberapa penyebab yang menjadikan kulit Anda bermasalah. Anda bisa mengatasi dan mengobati gangguan kesehatan pada kulit berdasarkan penyebabnya. Berikut ini beberapa jenis penyakit kulit jika dilihat dari penyebabnya.

  1. Peradangan

Penyakit kulit yang disebabkan karena adanya peradangan disebut dengan dermatitis. Masalah ini bisa terjadi saat kulit bersentuhan dengan bahan yang bersifat iritatif. Gatal, kemerahan dan bengkak menjadi gejala dari dermatitis. Dermatitis sendiri memiliki beberapa jenis, seperti

  • Dermatitis kontak iritan. Ruam, iritasi, kulit kerung bahkan bisa sampai melepuh jika kulit bersentuhan dengan zat iritan bisa dijadikan sebagai tanda dari dermatitis kontak iritan. Pemutih baju, bahan kimia, alkohol, deterjen bahkan sabun mandi bisa menjadi pemicunya.
  • Dermatitis kontak alergi. Kemerahan dan bengkak yang muncul menjadi tanda dari adanya kontak antara kulit dengan alergen. Bahan kimia, perhiasan,cat kuku, sarung tangan lateks bahkan protein bisa menjadi penyebab dari terjadinya dermatitis alergi ini.
  • Dermatitis atopik (eksim). Dermatitis atopik lebih dikenal dengan sebutan eksim kering yang disertai dengan kulit merah, gatal, kering bahkan sampai bersisik. Masalah kulit ini biasanya muncul pada bagian leher, lipatan siku, atau bagian belakang lutut.
  • Dermatitis seboroik. Penyakit ini lebih dikenal sebagai cradle cap padaa bayi. Dermatitis seboroik menyerang area tubuh yang berminyak seperti punggung, dada dan wajah. Kulit kemerahan dan bersisik menjadi tanda dari dermatitis seboroik ini.
  1. Kelainan autoimin

Sistem kekebalan tubuh yang menyerang dan menghancurkan jaringan tubuh yang sehat inilah yang menyebabkan adanya gangguan autoimun. Ada beberapa penyakit kulit yang disebabkan karena adanya gangguan autoimun.

  • Psoriasis. Kondisi ini dapat terjadi bila sel – sel kulit tumbuh terlalu cepat sehingga terjadinya penumpukan dan terbentuknya bercak kemerahan yang disertai dengan sisik.
  • Vitiligo. Sel kulit yang memproduksi melanin tidak berfungsi dengan baik menyebabkan terjadinya vitiligo. Hal ini dapat menyebabkan kulit kehilangan warna sehingga memunculkan bercak – bercak putih. 
  • Skleroderma. Masalah penyakit ini menyebabkan kulit menjadi lebih tebal dan keras. Biasanya memang menyerang kulit tetapi scleroderma juga bisa menyerang organ dalam dan pembuluh darah. 
  • Pemphigus. Pemphigus ini terbagi menjadi dua macam yaitu pemphigus vulgaris yang ditandai dengan kulit melepuh yang mudah pecah tetapi tidak gatal. Dan pemphigus foliaceus yang membuat kulit menjadi bersisik serta lepuhan kecil dan membuat gatal bila dipecah.
  1. Infeksi

Selanjutnya adalah penyakit kulit yang disebabkan karena adanya infeksi dan biasanya penyakit ini termasuk dalam penyakit yang menular. Bakteri, virus dan jamur bisa menjadi penyebab dari terjadinya infeksi.

  • Infeksi bakteri. Bisul, impetigo, folikulitis, kusta dan selulitis merupakan contoh penyakit kulit yang disebabkan oleh infeksi bakteri yang menyerang.
  • Infeksi virus. Penyakit seperti cacar, herpes zoster, campak, dan molluscum contagiosum adalah penyakit yang terjadi karena infeksi virus menyerang 

tubuh.

  • Infeksi jamur. Kurap, panu, tinea crucis, kutu air adalah penyakit yang disebabkan adanya infeksi jamur. Infeksi jamur ini biasanya menyerang kulit yang berada dalam kondisi lembap.
  • Infeksi parasit. Kudis adalah penyakit yang disebabkan karena adanya parasit seperti tungau dan kutu yang menempel di kulit. Selain dua jenis parasit tersebut, infeksi cacing pun bisa menjadi salah satu penyebab munculnya penyakit kulit. 

Itulah beberapa penyakit kulit yang bisa mengganggu penampilan dan aktivitas Anda. Jika ingin mengatasi dan mengobatinya, bisa dilakukan di RS Surya Husadha Denpasar. Anda bisa melakukan konsultasi dan menentukan jadwal pertemuan melalui aplikasi SehatQ.

Tags:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*