Manfaat Susu Almond yang Sayang Anda Lewatkan

manfaat susu almond

Susu almond merupakan salah satu alternatif pengganti susu sapi yang sering dikonsumsi. Ada banyak manfaat susu almond yang salah satunya dipercaya dapat meningkatkan produksi ASI. Terbuat dari almond yang dihaluskan lalu dicampur dengan air dan disaring. Di pasaran banyak tersedia susu almond dengan berbagai varian rasa.

Beragam Manfaat yang Ada Pada Susu Almond 

Dalam satu gelas susu almond kemasan atau sekitar 240 ml biasanya memiliki kandungan berbagai nutrisi seperti:

  • Kalori
  • Lemak
  • Protein
  • Karbohidrat
  • Serat
  • Kalsium
  • Kalium
  • Vitamin D
  • Vitamin E

Karena itu, susu almond memberikan banyak manfaat seperti:

  1. Rendah Kalori

Kandungan kalori yang ada pada susu almond relatif rendah jika dibandingkan susu sapi atau susu nabati lainnya. Dalam segelas susu almond mengandung sekitar 30-50 kalori sedangkan susu sapi dalam jumlah yang sama memiliki kandungan 146 kalori.

Jika Anda ingin menurunkan berat badan, Anda bisa mengganti konsumsi susu sapi dengan susu almond setiap harinya. Pergantian tersebut mampu mengurangi hingga 348 kalori harian Anda.

Namun usahakan Anda mengonsumsi almond tanpa gula tambahan. Dan jika ingin membuatnya sendiri, jangan menggunakan almond terlalu banyak karena kandungan kalori di dalamnya bisa tinggi.

  1. Rendah Gula

Susu almond murni memiliki kandungan gula yang cukup rendah. Segelas susu almond mengandung sekitar 1 hingga 2 karbohidrat. Sedangkan sebagian besar karbohidrat yang terkandung pada susu sapi merupakan gula.

Tapi tidak semua susu almond bebas gula. Karena susu almond yang beredar di pasaran biasanya mengandung pemanis tambahan sekitar 5-17 gram gula dalam satu gelasnya. Karena itu, usahakan untuk selalu memeriksa label nutrisi dan komposisi yang ada pada kemasan susu almond yang ingin Anda beli.

Karena itu penderita diabetes bisa mendapatkan manfaat susu almond sebagai pengganti susu biasa.

  1. Tinggi Vitamin E

Dalam satu ons almond mengandung 37% kebutuhan vitamin E harian. Susu almond yang terbuat dari almond tentu mengandung vitamin E yang sama banyaknya. Dalam segelas susu lamond terdapat 20-50% kebutuhan vitamin E harian Anda. Namun kandungan vitamin E bergantung pada merk yang Anda konsumsi, karena sebagian besar susu almond kemasan menambahkan ekstrak vitamin E selama pemrosesannya.

Vitamin E merupakan sumber antioksidan yang mampu menangkal radikal bebas dan mencegah stres oksidatif. Hal tersebut bisa melindungi dari penyakit jantung dan kanker. Dalam sebuah studi ditemukan jika vitamin E mampu meningkatkan kesehatan otak dengan meningkatkan kinerja mental sekaligus mengurangi risiko dan memperlambat perkembangan penyakit alzheimer.

  1. Rendah Fosfor

Susu sapi harus dihindari oleh penderita ginjal kronis karena kandungan fosfor di dalamnya. Normalnya, ginjal bekerja untuk menghilangkan kelebihan fosfor dalam darah. Namun pada penderita ginjal kronis kelebihan fosfor tersebut tidak mampu dihilangkan. Kelebihan fosfor bisa meningkatkan risiko penyakit jantung dan hiperparatiroidisme.

Selain itu kadar fosfor yang tinggi juga bisa menyebabkan deposit kalsium yang berbahaya pada pembuluh darah, paru-paru, mata dan jantung. Ini bisa meningkatkan risiko stroke, serangan jantung hingga kematian.

  1. Sumber Kalsium

Seperti yang Anda ketahui jika susu merupakan sumber kalsium terbaik. Terdapat sekitar 28% kalsium pada segelas susu murni sedangkan pada susu almond hanya terdapat 7% saja. Meskipun begitu, saat ini susu almond kemasan juga diperkaya oleh kalsium karena sering digunakan sebagai pengganti susu sapi. Ini berguna untuk memastikan jika orang yang mengonsumsi susu almond tetap mendapatkan kalsium yang cukup.

Kalsium berperan untuk menjaga kesehatan tulang dan pada wanita juga mampu mencegah osteoporosis.

  1. Diperkaya dengan Vitamin D

Saat ini banyak susu almond kemasan yang diperkaya vitamin D. Vitamin D cukup penting untuk kesehatan karena dapat membantu menjaga fungsi jantung, menyehatkan tulang dan memperkuat sistem kekebalan tubuh.

Jika Anda ingin mendapatkan vitamin D dari susu almond, maka pilih susu almond kemasan. Karena biasanya produsen menambahkan vitamin D di dalamnya karena susu almond buatan sendiri tidak mengandung vitamin D

Manfaat susu almond memang cukup banyak. Namun jika Anda ingin mengonsumsi susu almond sebagai pengganti susu sapi, maka konsultasikan terlebih dahulu pada dokter. Dan ingat jangan memilih susu sapi yang mengandung gula tambahan.

Tags: ,

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*