Manfaat Minuman Elektrolit untuk Tubuh

Elektrolit adalah mineral dalam darah yang membawa muatan listrik saat larut dalam air. Mineral tersebut seperti natrium, kalium, kalsium dan magnesium. Minuman elektrolit khususnya berperan untuk mengatur dan mengontrol keseimbangan cairan di dalam tubuh. Mineral tersebut mampu mengatur aliran darah, kontraksi otot dan menjaga agar sel-sel di tubuh Anda berfungsi dengan baik.

Apa Itu Minuman Elektrolit?

Minuman elektrolit dicampur oleh mineral bermuatan listrik seperti natrium, kalium, kalsium dan magnesium yang juga disebut sebagai air mineral atau air alkali. Minuman elektrolit berguna untuk menjaga tubuh tetap terhidrasi serta meningkatkan fungsi tubuh.

Tubuh akan mempertahankan elektrolit dari makanan dan cairan yang Anda konsumsi. Elektrolit mampu memfasilitasi fungsi tubuh yang penting seperti:

  • Menyeimbangkan jumlah air dalam tubuh.
  • Menyeimbangkan tingkat pH tubuh.
  • Memindahkan nutrisi ke dalam sel tubuh.
  • Memindahkan limbah dari sel.
  • Mengatur fungsi saraf, otot, jantung dan otak.
  • Membantu membangun kembali jaringan yang rusak.

Banyak minuman olahraga yang memiliki campuran elektrolit. Itu karena saat berolahraga dan berkeringat, maka Anda akan kehilangan elektrolit. Saat berolahraga, Anda membutuhkan elektrolit yang seimbang dalam tubuh guna melakukan segala hal seperti berjalan, bernapas hingga berpikir.

Manfaat Minuman Elektrolit

Tubuh harus memiliki elektrolit yang cukup karena kadar elektrolit yang terlalu rendah bisa menyebabkan ketidakseimbangan yang bahkan dapat menimbulkan masalah kesehatan seperti:

  • Kelelahan
  • Detak jantung cepat atau tidak teratur
  • Mati rasa dan kesemutan
  • Kebingungan
  • Kelemahan otot dan kram
  • Sakit kepala
  • Kejang

Dehidrasi merupakan salah satu penyebab ketidakseimbangan elektrolit. Untuk itu, Anda perlu mengonsumsi minuman elektrolit karena bermanfaat untuk:

  1. Meningkatkan Performa Latihan

Saat berolahraga, maka elektrolit akan hilang karena keringat yang Anda hasilkan. Karena itu, Anda membutuhkan minuman elektrolit untuk mengganti cairan yang hilang tersebut. Kehilangan satu sampai dua persen air dari berat badan bisa menyebabkan menurunnya kekuatan, kecepatan dan fokus. Itu karena dalam keringat mengandung sejumlah elektrolit seperti natrium dalam jumlah besar serta kalium, kalsium dan magnesium dalam jumlah kecil.

Untuk mengganti elektrolit yang hilang, Anda disarankan untuk mengonsumsi air dengan kandungan elektrolit karena dapat membantu meningkatkan fungsi jantung, otak, otot serta sistem saraf Anda.

  1. Mendukung Fungsi Sistem Saraf

Sistem saraf merupakan kumpulan saraf yang kompleks dan sel khusus untuk mengirimkan sinyal dari otak Anda ke bagian lain dari tubuh. Sejumlah elektrolit memiliki peranan penting dalam proses tersebut seperti:

  • Sodium, untuk memulai impuls listrik yang dibutuhkan sel saraf untuk berkomunikasi dengan tepat.
  • Kalium, untuk menetralkan sel saraf sehingga dapat memulai kembali impuls listrik berikutnya.
  • Magnesium, agar transmisi impuls listrik dapat bekerja lebih baik.

Anda harus mencukupi asupan natrium, kalium dan magnesium untuk mendukung fungsi otak yang berkelanjutan.

  1. Mencegah Heat Stroke

Suhu panas bisa meningkatkan berbagai macam penyakit seperti ruam panas hingga sengatan panas yang dapat mengancam jiwa. Tubuh mampu mengelola panas dengan melepaskan melalui kulit dengan berkeringat. Namun jika cuaca sedang panas, maka suhu tubuh Anda dapat naik sangat tinggi sehingga proses tersebut gagal.

Salah satu cara untuk mencegah penyakit yang berhubungan dengan cuaca panas yaitu mencukupi asupan cairan khususnya dengan minuman elektrolit mampu menjaga tubuh Anda tetap dingin. Terutama saat Anda berada di cuaca atau lingkungan yang panas, minuman olahraga direkomendasikan untuk menjaga Anda tetap terhidrasi.

Jenis minuman elektrolit yang bisa Anda konsumsi dan mudah ditemukan adalah air kelapa dan susu. Anda juga bisa membuat minuman elektrolit sendiri dengan campuran garam, air lemon, air jeruk nipis, air kelapa dan air dingin.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*