Kopi Mocha, Variasi Kopi yang Tak Kalah Bermanfaat

kopi mocha

Kopi mocha atau mocca adalah salah satu varian kopi yang terdiri dari kopi hitam, coklat, dan susu. Asal-usul istilah ini berasal dari kopi makha, varietas kopi arabika tertua yang memiliki cita rasa khas. 

Kopi mocha umumnya disajikan dengan topping whipped cram. Walaupun bahan utamanya sama, namun cita rasanya berbeda akibat perbandingan komposisi bahan yang berbeda pula. Selain rasanya yang menggugah selera, kopi mocca juga memiliki manfaat kesehatan. 

Manfaat minum kopi

Kafein merupakan senyawa dalam kopi yang sangat terkenal. Banyak penelitian yang telah membuktikan manfaat kafein bagi kesehatan, yaitu sebagai berikut. 

  • Dapat meningkatkan daya ingat dan konsentrasi
  • Meningkatkan suasana hati
  • Meningkatkan proses metabolisme atau pembakaran lemak hingga 10 persen lebih cepat
  • Ketika diminum sebelum, saat, atau setelah berolahraga dapat membuat tidak mudah lelah

Selain kafein, kopi juga dipenuhi dengan nutrisi penting lainnya seperti vitamin B5, B12, mangan, dan kalium. 

Lantas apakah variasi minuman kopi lainnya memiliki manfaat yang sama? Jawabannya tentu saja iya. Bahkan, variasi minuman kopi mungkin memiliki manfaat yang lebih banyak daripada kopi hitam. 

Misalnya, kopi mocha memberi pasokan energi yang besar karena kandungan coklat dan kopi. Coklat dan kopi sama-sama mengandung kafein, dengan kadar yang lebih tinggi pada kopi. Selain itu coklat juga mengandung flavonoid yang berfungsi sebagai antioksidan kuat. 

Kandungan susu dalam kopi mocca ikut memperkaya kandungan nutrisi di dalamnya, termasuk vitamin, kalsium, fosfor, dan serat. Maka bisa dikatakan beberapa klaim manfaat meminum kopi mocha antara lain:

  • Meningkatkan fokus, perhatian, dan motivasi
  • Meningkatkan kinerja fisik
  • Menjaga kesehatan jantung
  • Meningkatkan suasana hati dan mencegah depresi
  • Menurunkan kecemasan
  • Menjaga kesehatan liver 
  • Menguatkan tulang
  • Membantu meringankan nyeri otot
  • Mengurangi efek samping agresivitas (mudah marah) yang ditimbulkan kopi

Berapa banyak jumlah kopi yang boleh diminum setiap hari?

Setiap orang memetabolisme kopi dengan kecepatan yang berbeda. Namun para ahli setuju bahwa batas aman mengonsumsi kafein bagi orang dewasa sehat adalah kurang dari enam cangkir per hari, atau lebih baik 2-4 cangkir kopi per hari.

Rekomendasi biji kopi terbaik untuk membuat kopi mocha 

Kopi mocha memang menyehatkan, namun tambahan bahan tertentu bisa merubahnya menjadi minuman tinggi gula yang tidak menyehatkan. Agar lebih aman, Anda bisa membuat kopi mocha sendiri di rumah. 

Berikut beberapa rekomendasi biji kopi terbaik:

  1. Coffesso Java Mocha Coffee Beans

Coffesso Java Mocha Coffee Beans merupakan perpaduan antara biji kopi arabica dan robusta dengan perbandingan seimbang. Dengan karakteristik aroma buah dan sedikit gula merah, kopi ini memiliki tingkat keasaman ringan dan rasa yang kuat. 

Membuat kopi mocha dengan Coffesso Java Mocha Coffee Beans akan menciptakan cita rasa yang unik dan pastinya enak. Selain kopi mocha, Coffesso Java Mocha Coffee Beans juga bisa dinikmati sebagai sajian kopi espresso, cappucino, ataupun latte. 

  1. Otten Toraja Sapan Kopi Arabica

Bagi kamu pecinta kopi pekat, Anda bisa mencoba Otten Toraja Sapan Kopi Arabica. Otten Toraja Sapan Kopi Arabica terbuat dari kopi arabika, dark chocolate, dan rempah-rempah yang menciptakan aftertase yang kuat.

Menyajikan Otten Toraja Sapan Kopi Arabica sebagai kopi mocca tentu akan memberikan rasa baru yang menarik.

  1. Sentra Kopi – Kopi Arabika Aceh Gayo

Bubuk kopi terbuat dari 100% kopi arabika tanpa campuran yang diproses secara khusus oleh ahli berpengalaman sehingga cita rasanya tetap terjaga. Proses pengiriman bubuk kopi dari Sentra Kopi pun tidak lebih dari tujuh hari. 

Bagi Anda yang mengutamakan tingkat kesegaran kopi, produk ini merupakan opsi terbaik.

Dengan rekomendasi biji kopi dan bubuk kopi di atas, Anda bisa membuat kopi mocha dengan mudah di rumah.

Tags: , ,

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*