Ketahui Manfaat Feminax untuk Mengatasi Gejala Kram Menstruasi

Nyeri perut atau kram dapat terjadi pada saat seorang wanita mengalami menstruasi. Ada beberapa orang hanya mengalami nyeri ringan, tapi ada juga nyeri atau kran yang sampai ekstrem dan mengganggu kehidupan sehari-hari. Anda bisa mengatasi nyeri perut menstruasi atau kram dengan mengonsumsi obat yang dijual bebas seperti Feminax.

Gejala Nyeri Perut atau Kram Menstruasi

Nyeri perut atau kram adalah sensasi yang terasa seperti berdenyut di perut bagian bawah tepat sebelum atau selama menstruasi. Berikut gejala dari nyeri atau kram perut menstruasi.

Saat Anda mengalami nyeri perut atau kram menstruasi, Anda mungkin mengalami beberapa hal sebagai berikut:

  • Terasa nyeri di perut, terkadang rasanya sangat sakit 
  • Perut terasa seperti ditekan
  • Timbul nyeri pada pinggul, punggung bawah, dan paha bagian dalam

Ketika kram atau nyeri perut menstruasi sudah parah, gejalanya termasuk:

  • Sakit perut
  • Muntah
  • Mencret

Meski Anda bisa mengobatinya dengan obat yang dijual bebas seperti Feminax, Anda tetap harus menghubungi dokter jika Anda telah mengalami kram menstruasi yang parah atau tidak biasa, atau sudah berlangsung lebih dari 2 atau 3 hari. Apapun penyebabnya, biasanya kram atau nyeri perut saat menstruasi dapat segera diobati, jadi penting untuk segera memeriksakannya.

Penyebab Kram Menstruasi

Nyeri perut atau kram menstruasi dapat terjadi karena adanya kontraksi pada rahim yang merupakan otot. Jika rahim berkontraksi terlalu kuat selama siklus menstruasi, hal tersebut dapat menekan pembuluh darah di dekatnya. Kontraksi ini akan memotong oksigen ke rahim. Kekurangan oksigen inilah yang akan menyebabkan rasa sakit dan kram pada saat menstruasi.

Anda juga tetap bisa mengalami kram karena beberapa kondisi kesehatan seperti berikut ini.

  • Endometriosis yaitu jaringan yang melapisi rahim atau endometrium tumbuh di luar rahim
  • Ada fibroid di rahim
  • Adenomyosis yaitu ketika lapisan rahim tumbuh menjadi otot di dekatnya
  • Penyakit radang panggul, yaitu infeksi yang terjadi akibat bakter yang dimulai di dalam rahim lalu menyebar ke organ reproduksi lainnya

Stenosis serviks, yaitu penyempitan bagian bawah rahim yang disebabkan karena jaringan parut, dan kurang estrogen setelah menopause.

Beberapa hal dapat menempatkan Anda untuk memiliki risiko kram menstruasi yang lebih tinggi, seperti:

  • Berusia di bawah 30
  • Mengalami pubertas lebih awal, yaitu pada atau sebelum usia 11 tahun
  • Mengalami pendarahan hebat selama menstruasi atau menoragia
  • Mengalami pendarahan menstruasi yang tidak teratur atau metroragia
  • Memiliki riwayat keluarga yang juga kerap mengalami kram menstruasi
  • Sering merokok

Pengobatan Kram Menstruasi

Saat Anda mengalami nyeri perut atau kram menstruasi ringan, Anda bisa mengatasinya dengan meminum obat aspirin atau pereda nyeri lainnya, seperti acetaminophen, ibuprofen, atau naproxen. Anda juga dapat mengonsumsi obat yang dijual bebas seperti Feminax. Sebaiknya, minumlah obat untuk mengatasi nyeri kram tersebut segera setelah mengalami pendarahan atau nyeri menstruasi.

Feminax memiliki kandungan komposisi bahan seperti parasetamol 500 mg, dan ekstrak hyoscyami 7.6 mg. Parasetamol yang terkandung dalam obat Feminax ini berperan sebagai analgesik yaitu obat untuk meredakan rasa nyeri. Parasetamol sendiri merupakan obat yang digunakan untuk mengobati nyeri ringan hingga sedang yaitu seperti sakit kepala, menstruasi, sakit gigi, sakit punggung, osteoartritis, sakit dan nyeri pilek atau flu serta untuk menurunkan demam. Sedangkan ekstrak hyoscyami pada Feminax bekerja sebagai spasmolitik yang dapat merelaksasi otot polos rahim sehingga akan mengurangi kontraksi yang terjadi. 

Sebaiknya, Anda mengonsumsi obat Feminax setelah makan. Untuk Anda yang ingin mendapatkan Feminax untuk mengatasi nyeri perut atau kram akibat menstruasi, Anda bisa membelinya di toko terdekat di kota Anda dengan harga Rp 3.000 untuk kemasan 1 strip isi 4 tablet.

Tags: , ,

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*