Kenali Gejala-gejala Neuropati Radialis

Penyakit saraf bisa menyerang bagian tubuh mana saja, tidak terkecuali di bagian tangan Anda. Jenis penyakit saraf tangan yang kerap dikeluhkan adalah neuropati radialis. Ini merupakan kondisi ketika ada kerusakan saraf di bagian radial yang berada dari lengan atas sampai ke pergelangan dan jari-jari. 

Beberapa kondisi neuropati radialis muncul karena cedera akibat benturan keras di tangan. Beberapa penyebab lainnya bisa dipicu oleh kondisi penyakit kronis, seperti diabetes ataupun penyakit ginjal. Namun, siapa sangka beberapa kebiasaan sehari-hari yang terlalu lama mengetik di depan komputer sampai posisi tidur dengan tangan menopang kepala juga bisa memicu kerusakan saraf radial tersebut. 

Jika cepat ditangani, penderita neuropati radialis bisa pulih sepenuhnya. Namun jika dibiarkan, kondisi kerusakan saraf radial ini bisa sangat mengganggu aktivitas Anda karena fungsi tangan perlahan akan menurun drastis. Jadi, kenali gejala-gejala neuropati radialis di bawah ini dan jangan ragu untuk memeriksakan diri ke dokter jika memang diperlukan. 

Nyeri Sekujur Tangan

Jangan remehkan apabila Anda merasakan nyeri di sekujur tangan. Rasa nyeri tersebut bisa terjadi hanya di salah satu bagian, seperti lengan atas, pergelangan tangan, atau jari-jari Anda. Namun di kondisi lain, nyeri bisa menjalar di seluruh bagian tangan sehingga Anda sulit beraktivitas. Rasa nyeri tangan yang mengarah ke neuropati radialis memiliki ciri-ciri sakit seperti tertusuk benda tajam yang ditambah dengan sensasi panas seperti terbakar. 

Sering Kesemutan 

Kesemutan umumnya menandakan ada yang tidak beres terkait aliran darah Anda. Namun, kesemutan juga dapat menjadi petunjuk terkait kerusakan bagian tubuh, tidak terkecuali di bagian saraf. Anda sebaiknya waspada apabila sering mengalami kesemutan di bagian tangan, seperti jari-jari ataupun pergelangan. Bisa jadi itu merupakan gejala yang mengarah ke neuropati radialis. Bukan hanya kesemutan yang bersifat kambuhan, kerusakan saraf radial juga akan sering membuat tangan Anda mati rasa. 

Lemah dalam Memegang 

Apakah Anda pernah menemui masalah dalam memegang? Contohnya Anda mudah menjatuhkan barang yang sedang dipegang atau kesulitan untuk mencubit. Ini bisa menjadi pertanda adanya kerusakan saraf yang mengarah ke masalah neuropati radialis. Tidak ada salahnya untuk mencoba berkonsultasi ke dokter untuk penanganan cepat agar pemulihanm sempurna bisa Anda peroleh. 

Pergelangan Lemas 

Inilah penyebab Anda sulit memegang! Ketika mengalami kerusakan saraf radial, pergelangan tangan maupun jari-jari akan terasa lebih lemas. Di mana kelemasan ini menandakan adanya masalah di saraf radial. Jadi, masih mau meremehkannya? 

Sulit Meluruskan Tangan

Kondisi kerusakan saraf radial akan membuat posisi tangan sulit untuk lurus. Jangan kesal apabila Anda susah untuk mengambil suatu barang yang memaksa Anda harus memanjangkan dan meluruskan tangan. Justru sebaliknya, Anda harus cepat menyadari bahwa itu merupakan gejala neuropati yang mesti kelas diatasi.

Otot Tangan Mengecil 

Kondis neuropati radialis akan membuat tangan Anda menjadi kurang aktif. Otot-otot tangan pun menjadi sedikit bergerak. Kondisi ini lama-kelamaan akan berpengaruh ke ukuran otot jika dibiarkan. Penderita neuropati radialis yang tidak memperoleh penanganan cepat cenderung mengalami pengecilan otot tangan serta mulai kehilangan kemampuan mengontrol otot tersebut. 

Tidak Mampu Mengangkat Tangan 

Khawatir apakah Anda mengalami neuropati radialis atau tidak? Anda bisa mengecek gejalanya secara simpel. Jika tangan Anda sekarang dalam posisi lurus jatuh ke bawah, cobalah untuk mengangkatnya dengan cepat. Apakah Anda agak kesulitan mengangkatnya atau justru sama sekali tidak mampu untuk mengangkat tangan? Segera ke dokter karena ini merupakan gejala neuropati radialis yang mesti mendapatkan penanganan sekarang. 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*