Kegunaan Jus Daun Kelor untuk Sembuhkan Penyakit

Daun kelor merupakan daun kecil yang kaya akan manfaat. Pohon kelor dikenal sebagai salah satu tanaman yang sudah diteliti dan mempunyai manfaat untuk menyembuhkan berbagai kondisi kronis seperti menurunkan kadar lemak jahat, membantu regulasi insulin, dan efek antioksidan. Banyak olahan daun kelor yang dapat dipilih sesuai dengan selera masing-masing. Salah satunya adalah dengan cara di jus. Jus daun kelor dikenal dapat mengatasi berbagai masalah kesehatan seperti asam urat, ginjal, menurunkan berat badan hingga diabetes. 

Efek samping daun kelor salah satunya mengganggu kerja obat hipertensi

Beberapa nutrisi yang terkandung dalam daun kelor adalah vitamin A, C, dan E. Kandungan ketiga vitamin itu dalam daun kelor lebih banyak dibandingkan yang terdapat dalam wortel, jeruk, anggur, dan bayam. Selain itu, daun kelor juga mengandung protein yang lebih baik daripada yang  terdapat dalam susu, telur, dan yogurt. 

Berikut beberapa manfaat jus daun kelor, beserta cara membuatnya:

  • Jus daun kelor untuk menurunkan berat badan

Daun kelor juga bisa digunakan sebagai salah satu cara menurunkan berat badan. Menurunkan berat badan merupakan salah satu bagian untuk menjaga kesehatan tubuh. Kamu bisa mengolah daun kelor ini menjadi jus. Adapun pengolahannya sebagai berikut:

  • Siapkan daun kelor

Kamu harus menyiapkan daun kelor, paling tidak satu gelas. Daun kelor yang disiapkan dalam gelas ini harus dalam kondisi yang bersih. Jangan sampai ada bakteri yang menempel di daun kelor.

  • Siapkan air hangat

Air hangat menjadi bagian lainnya dalam mengolah daun kelor menjadi jus yang bermanfaat dalam menurunkan berat badan. Siapkan air hangat ini sesuai dengan kebutuhan jus.

  • Siapkan 1 sendok madu dan jus daun kelor dengan irisan lemon

Setelah daun kelor dan air hangat sudah siap. Tahap selanjutnya yang harus dilakukan adalah dengan memblender daun kelor dengan campuran satu sendok madu dan irisan lemon. Setelah itu tahap selanjutnya adalah dengan meniriskan ke dalam gelas untuk memisahkan endapan daun kelor dengan mineralnya. Setelah itu kamu bisa mengonsumsinya ketika perut dalam keadaan kosong.  

  • Jus daun kelor untuk mengobati diabetes

Khasiat selanjutnya yang dimunculkan dari daun kelor adalah mampu mengobati diabetes. Mengingat diabetes merupakan salah satu penyakit yang berbahaya di dalam tubuh. Untuk itu penanganan cepat penting dilakukan agar tidak semakin parah menyerang tubuh. Kamu bisa memanfaatkan daun kelor ini sebagai obatnya. 

Agar lebih menarik, jus daun kelor bisa kamu coba. Berikut cara membuat daun kelor:

  • Siapkan daun kelor yang sudah dibersihkan.
  • Siapkan air hangat dari air mineral mineral yang bersih
  • Tanpa menggunakan campuran apapun kemudian blender air dengan daun kelor sampai lembut.
  • Kemudian saring untuk memisahkan endapan daun kelor dengan mineralnya.
  • Kemudian minum selagi masih hangat.

Cara ini dapat kamu lakukan selama kurang lebih tiga minggu secara berturut-turut.  Diyakini hal ini dapat menurunkan kadar gula dalam darah dengan cepat sehingga gejala diabetes yang ada di dalam tubuh perlahan akan semakin berkurang.

  • Jus daun kelor untuk mengobati rabun senja

Daun kelor juga bisa untuk mengobati rabun senja serta kelainan pada retina mata. Khasiat ini menjadi khasiat ampuh yang bisa didapatkan dari mengkonsumsi daun kelor. Adapun cara mengolah jus daun kelor untuk menyembuhkan penyakit ini sebagai berikut:

  • Siapkan daun kelor yang bersih secukupnya.
  • Siapkan air hangat yang bersih
  • Jus kedua bahan di atas menggunakan blender.
  • Saring, untuk memisahkan air dengan endapan daun kelor.

Bagi penderita rabun senja, mereka disarankan untuk mengonsumsi jus daun kelor setiap hari sampai mulai merasakan perubahan atau efek positif dari kebiasaan ini.

Banyak olahan daun kelor yang dapat digunakan dalam menyembuhkan berbagai penyakit. Jus daun kelor salah satu di antaranya. Kamu bisa mengolahnya dengan cara lain sesuai selera. Penting juga untuk berkonsultasi dengan dokter sebelum melakukan upaya pengobatan dengan daun kelor ini. Biar bagaimanapun, tetap ada kemungkinan lain yang dapat terjadi.

Tags: ,

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*