Jarang Diketahui, Ini Manfaat Daun Sukun bagi Kesehatan

Manfaat daun sukun baik untuk kesehatan

Sukun merupakan buah tropis yang sering diolah menjadi camilan. Selain buahnya, sebenarnya ada bagian lain dari tanaman sukun yang bermanfaat bagi kesehatan, yaitu daunnya. Anda bisa merasakan banyak sekali manfaat daun sukun baik untuk kulit, rambut, maupun kesehatan secara keseluruhan.

Popularitas sukun tidak sama seperti buah-buah lain yang lebih umum, seperti apel, pisang, semangka, dan lainnya. Oleh sebab itu, tidak banyak orang juga yang mengetahui bahwa daun sukun sebenarnya sangat bermanfaat bagi kesehatan. 

Manfaat daun sukun untuk kesehatan tubuh

Ketika Anda memutuskan untuk mengonsumsi daun sukun, Anda akan merasakan berbagai dampak positif seperti: 

  • Mengurangi nyeri sendi dan otot

Penelitian telah membuktikan bahwa daun dan buah sukun bisa digunakan untuk meredakan rematik serta gejala nyeri otot dan sendi lainnya. Kemampuan ini datang dari kandungan senyawa fenolik yang ada pada sukun.

Senyawa fenolik pada sukun, ketika masuk ke dalam tubuh, akan berkontribusi dalam meningkatkan kesehatan otot serta sendi. Ini akan mengurangi rasa nyeri pada otot dan sendi, serta membuatnya menjadi lebih sehat. 

  • Menjaga kesehatan jantung dan otak

Perlu diketahui, ada juga manfaat daun sukun yang sangat esensial, yaitu untuk menjaga kesehatan jantung dan otak. Manfaat ini datang dari kandungan asam lemak omega-3 dan omega-6 yang ada pada daun dan buah sukun.

Kedua asam lemak ini bisa bekerja dengan baik untuk menjaga kesehatan jantung. Selain itu, keduanya juga baik untuk pertumbuhan otak dan kemampuan kognitif. Penelitian telah membuktikan bahwa asam lemak omega pada sukun bisa mendukung perkembangan otak anak secara luas. 

  • Sebagai bahan pengobatan

Dalam beberapa kasus, daun sukun juga bisa dipakai sebagai bahan untuk pengobatan, baik pengobatan herbal maupun tidak. Daun sukun bisa diolah sebagai komposisi dasar dari obat-obatan untuk mengobati penyakit tertentu.

Biasanya, daun sukun bisa dicampurkan pada kandungan obat untuk mengobati kondisi demam, tekanan darah tinggi, nyeri perut, sakit gigi, dan lain sebagainya. 

  • Mencegah infeksi bakteri

Bakteri adalah salah satu mikroorganisme yang perlu diwaspadai karena bisa menyebabkan infeksi. Untungnya, ada satu manfaat daun sukun yang bisa diandalkan untuk infeksi ini, yaitu bekerja dengan melawan serta mencegah infeksi bakteri.

Ekstrak daun sukun mengandung etil asetat dan metanol. Keduanya memiliki sifat antibakteri dan bisa melawan bakteri yang sering menyebabkan gigi berlubang, infeksi darah, infeksi paru-paru atau pneumonia, serta infeksi setelah operasi. 

  • Menjaga kesehatan mata

Tidak banyak orang yang tahu bahwa salah satu manfaat daun sukun adalah menjaga kesehatan mata. Di dalam sukun, terdapat kandungan karotenoid yang dapat berubah menjadi vitamin A, dan vitamin A sangatlah dibutuhkan untuk menjaga kesehatan mata.

Masyarakat Indonesia pada generasi awal sempat menggunakan daun sukun sebagai pengobatan herbal untuk mata serta pengobatan lainnya. Caranya dengan menggunakan ampas dari sukun untuk diolah ke dalam minuman herbal. 

  • Memperkuat akar rambut

Jika Anda memiliki masalah dengan kerontokan rambut, cobalah untuk menggunakan daun sukun sebagai cara untuk mengatasinya. Ekstrak dari buah maupun daun sukun efektif dipakai untuk memperkuat akar rambut serta merangsang pertumbuhan rambut. 

Itulah beberapa manfaat daun sukun yang bisa Anda rasakan. Selain manfaat-manfaat di atas, masih ada banyak manfaat lain dari sukun, baik dari daun maupun buahnya. Jangan ragu untuk menggunakan sukun sebagai salah satu bahan alami dalam pengobatan herbal Anda demi kesehatan yang lebih baik.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*