Efek Samping Konsumsi Extra Joss Susu

extra joss susu

Meski banyak dikonsumsi oleh sebagian orang untuk meningkatkan energi dan mendorong aktivitas fisik saat kelelahan, mengkonsumsi extra joss susu berlebihan dapat memberikan efek samping. Extra joss merupakan minuman penambahan energi untuk meningkatkan stamina bagi tubuh. Minuman ini juga diklaim dapat menjaga kesehatan tubuh dan menjaga metabolisme energi.

Extra joss susu memiliki berbagai kandungan yang diklaim bermanfaat bagi tubuh. Sebut saja royal jelly yang sudah sering digunakan pada suplemen kesehatan dan kaya terhadap kandungan vitamin B dan mineral. Menurut healthline, royal jelly memiliki beragam manfaat bagi kesehatan, di antaranya dapat mengurangi inflamasi, menurunkan kolesterol, mengandung antioksidan, dan menjaga daya tahan tubuh.

Selain royal jelly, extra joss susu juga mengandung ekstrak ginseng yang juga bermanfaat bagi kesehatan. Bahkan, ginseng telah lama digunakan untuk pengobatan tradisional selama ratusan tahun, terutama di daerah Asia. Ginseng memiliki banyak manfaat seperti meningkatkan energi tubuh, sebagai antioksidan untuk mengurangi peradangan, meningkatkan kekebalan tubuh, dan meningkatkan fungsi otak.

Kandungan lainnya dalam extra joss susu adalah taurine atau taurin yang merupakan jenis asam amino. Meski secara alami sudah ada dalam tubuh, taurin juga biasa ditemukan di berbagai suplemen penambah energi. Taurine sendiri memiliki manfaat untuk meningkatkan performa fisik, menjaga kesehatan mata, otot, dan jantung, serta berperan penting dalam metabolisme tubuh.

Selain ketiga kandungan di atas, extra joss susu juga memiliki kandungan kafein yang dapat meningkatkan kewaspadaan, inositol bermanfaat untuk mengatasi gejala-gejala kecemasan, serta vitamin B komplek yang menjaga stamina tubuh dan metabolisme sel.

Meski terdapat berbagai kandungan yang baik bagi tubuh, jika dikonsumsi secara berlebihan, extra joss susu juga dapat menimbulkan efek samping bagi tubuh. Berikut beberapa efek samping yang dapat ditimbulkan.

Diabetes tipe 2

Seperti yang dijelaskan sebelumnya, extra joss susu memiliki kandungan kafein. Jika kafein dikonsumsi dalam jumlah yang tinggi dapat berakibat mengurangi sensitivitas insulin. Hal ini dapat memicu penyakit diabetes tipe dua. Selain karena kandungan kafein, kandungan gula yang ada dalam extra joss juga dapat memicu penyakit diabetes.

Overdosis kafein

Selain dapat menyebabkan diabetes, overdosis kafein bisa terjadi jika mengkonsumsi extra joss susu secara berlebihan. Beberapa gejala overdosis kafein seperti tekanan darah tinggi, kejang-kejang, jantung berdebar lebih kencang dari biasanya, mual dan muntah, dan dalam beberapa kasus overdosis kafein dapat menyebabkan kematian.

Gagal ginjal

Minuman berenergi dalam jangka waktu yang panjang juga dapat menyebabkan gangguan ginjal. Tidak jarang, minuman berenergi dapat menyebabkan gagal ginjal akut dimana ginjal berhenti berfungsi. Hal ini dikarenakan beberapa kandungan dalam extra joss susu seperti kafein, taurin, dan gula dapat menyebabkan naiknya tekanan darah dan gangguan aliran darah pada ginjal. 

Gagal ginjal kronis juga dapat terjadi jika mengkonsumsi minuman berenergi dalam jumlah yang tinggi dan dalam waktu yang lama. Kandungan gula yang banyak dalam minuman energi—sekitar 54 gram atau kurang lebih 13 sendok teh gula—dapat meningkatkan risiko obesitas dan diabetes. Kedua kondisi tersebut dapat memicu gagal ginjal.

Selain ketiga efek samping di atas, minuman berenergi dapat menyebabkan perilaku aktif atau hiperaktif, keguguran, efek sistem neurologis dan kardiovaskular pada anak dan remaja, hingga kematian pada bayi.Untuk mencegah adanya efek samping, disarankan untuk mengkonsumsi extra joss susu sesuai dosisnya yaitu maksimal 3 sachet per hari. Selain itu, untuk ibu hamil hindari dulu minum minuman berenergi untuk mencegah efek samping keguguran.

Tags: , ,

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*