Cynophobia, Saat Anda Takut Anjing

cynophobia

Cynophobia berasal dari bahasa Yunani “cyno” yang berarti anjing dan “phobia” yang berasa rasa takut. Seseorang yang memiliki cynophobia akan mengalami rasa takut anjing yang terus menerus terjadi dan tidak rasional. Fobia ini lebih dari perasaan tidak nyaman akan gonggongan dan berada di sekitar anjing. Rasa takut yang Anda alami sangat parah dan dapat mengganggu aktivitas sehari-hari. Bahkan, fobia ini juga dapat menyebabkan gejala tertentu, seperti kesulitan bernapas dan pusing. 

Fobia khusus, seperti cynophobia, memengaruhi sekitar tujuh hingga sembilan persen populasi di seluruh dunia. Ini merupakan kondisi yang cukup sering dijumpai sehingga secara resmi dikenal dalam DSM-5. Cynophobia masuk ke dalam specifier hewan. Sekitar sepertiga dari orag-orang yang mencari perawatan untuk fobia khusus memiliki rasa takut yang tidak rasional terhadap anjing ataupun kucing. 

Jika ada banyak anjing liar atau peliharaan yang tinggal di daerah sekitar tempat Anda tinggal, kemungkinan untuk bertemu dengan anjing tersebut relatif cukup tinggi. Dengan adanya cynophobia, Anda bisa menderita gejala fobia ini ketika Anda berada di sekitar anjing atau bahkan hanya dengan memikirkan anjing. Gejala yang dihubungkan dengan fobia khusus biasanya bersifat individu. Dua orang yang berbeda mungkin akan menderita gejala yang berbeda pula, dengan pemicu yang tidak sama. Gejala yang Anda rasakan dapat bersifat fisik, emosional, ataupun keduanya. Gejala fisik yang dapat dialami di antaranya adalah gangguan pernapasan, detak jantung yang cepat, rasa nyeri atau rasa sesak di dada tubuh yang gemetar, sakit kepala dan pusing, sakit perut, dan tubuh yang berkeringat. Gejala emosional di antaranya adalah serangan panik dan kecemasan, adanya rasa ingin melarikan diri dari situasi yang memicu terjadinya rasa takut intens, kehilangan kontrol, perasaan Anda ingin pingsan, merasa tidak memiliki kekuatan untuk menghadapi rasa takut yang Anda. Anak-anak juga memiliki gejala yang spesifik. Ketika terpapar oleh hal-hal yang dapat membuat anak ketakutan, mereka akan rewel dan menangis. Contohnya, anak akan enggan meninggalkan orangtua ketika ada anjing yang berada di sekitarnya. 

Mungkin akan sulit untuk mengetahui apa yang memulai atau memicu Anda takut dengan keberadaan anjing. Rasa takut Anda mungkin bisa berawal akibat serangan atau gigitan anjing, atau berkembang perlahan seiring dengan berjalannya waktu. Ada pula situasi, atau bahkan genetik, yang dapat. Menempatkan Anda berisiko lebih tinggi dalam menderita cynophobia. Beberapa faktor risiko tertentu di antaranya adalah:

  • Pengalaman. Pernahkah Anda memiliki pengalaman yang buruk dengan anjing di masa lalu? Mungkin Anda pernah dikejar atau digigit? Situasi yang traumatis dapat membuat Anda berisiko lebih tinggi dalam mengembangkan cynophobia. 
  • Usia. Fobia memengaruhi baik anak-anak ataupun orang dewasa. Dalam beberapa kasus, fobia khusus dapat muncul saat anak berusia 10 tahun. Fobia juga dapat muncul saat seseorang sudah dewasa atau lansia. 
  • Keluarga. Jika salah satu keluarga dekat Anda memiliki fobia atau kecemasan, ada kemungkinan Anda akan mengembangkan rasa takut yang tidak rasional pula. Hal ini mungkin diwariskan secara genetik atau menjadi sebuah perilaku yang dipelajari seiring dengan berjalannya waktu. 

Jika cynophobia Anda bersifat ringan, Anda bisa mendapatkan manfaat dengan mencoba beberapa pilihan gaya hidup yang berbeda yang dapat membantu mengatasi gejala yang dipicu oleh rasa takut Anda. Cobalah beberapa teknik relaksasi yang berbeda ketika Anda merasa cemas, seperti latihan pernapasan yang dalam dan berlatih yoga. Latihan yang rutin dan teratur merupakan cara lain untuk membantu mengatur fobia dalam jangka panjang.

Tags:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*