Seperti Ini Cara Menjaga Kesehatan Jantung

Seperti Ini Cara Menjaga Kesehatan Jantung

Jantung yang sehat merupakan pusat kesehatan bagi seluruh tubuh. Menerapkan gaya hidup sehat pada usia berapa pun dapat mencegah penyakit jantung dan menurunkan risiko serangan jantung atau stroke. Semakin muda Anda mulai membuat pilihan yang sehat, semakin lama Anda bisa menuai manfaatnya. Tetapi menukar kebiasaan baik menjadi buruk untuk meningkatkan kesehatan yang baik dapat membuat perbedaan, bahkan jika Anda sudah menderita serangan jantung. Maka itu juga terdapat berbagai cara menjaga kesehatan jantung. 

Memilih makanan yang lebih sehat dan berolahraga adalah dua cara terbaik untuk berkontribusi pada kesehatan jantung yang baik. Ada beberapa hal tambahan yang dapat Anda lakukan untuk menurunkan risiko penyakit jantung. Hal-hal berikut ini dapat membuat Anda jadi mempunyai risiko yang tinggi dalam penyakit jantung diantaranya : 

  • Merokok.
  • Tekanan darah tinggi.
  • Obesitas/kelebihan berat badan.
  • Kadar kolesterol tinggi.
  • Tidak aktif (tidak berolahraga).
  • Riwayat keluarga dengan penyakit jantung (terutama orang tua atau saudara kandung).

Kabar baiknya adalah Anda dapat mengurangi risiko dengan membuat perubahan dalam cara Anda menjalani hidup. Bahkan jika Anda memiliki riwayat keluarga penyakit jantung, kekuatan pencegahan ada di pihak Anda.

Menuju peningkatan kesehatan

Anda berada dalam kendali langsung atas banyak hal yang dapat mempengaruhi kesehatan jantung Anda. Terserah Anda untuk memilih seberapa serius mengambil tanggung jawab ini. Beberapa orang merasa mudah untuk menerapkan gaya hidup sehat. Orang lain akan melakukannya hanya setelah didiagnosis dengan gejala penyakit jantung, seperti tekanan darah tinggi, atau kolesterol tinggi.

Apapun inspirasi Anda, ketahuilah bahwa manfaat jantung sehat sepadan dengan usaha. Bahkan, seluruh tubuh Anda akan lebih baik untuk itu. Kesehatan keseluruhan yang baik juga dapat melindungi Anda dari diabetes tipe 2, asma, nyeri sendi, dan sejumlah penyakit serta kondisi kronis lainnya. Bahkan dapat mengurangi risiko Anda terkena kanker. Selain itu, gaya hidup sehat yang mencakup makan makanan sehat dan berolahraga secara teratur telah terbukti meningkatkan mood Anda. Anda akan memiliki lebih banyak energi dan lebih sedikit stres.

Jika Anda tidak yakin harus mulai dari mana, coba tambahkan hanya satu aspek sehat ke dalam hidup Anda untuk saat ini. Saat Anda merasa mendapatkan kendali, coba tambahkan yang lain. 

Setiap tindakan yang Anda ambil untuk melindungi jantung Anda, kesehatan Anda secara keseluruhan juga akan meningkat. Begini cara menjaga kesehatan jantung:

Bergerak

Faktanya, sebuah penelitian di Harvard menemukan bahwa menonton TV selama dua jam sehari meningkatkan risiko penyakit jantung hingga 15 persen, dan tambahan waktu menonton TV semakin meningkatkan risiko penyakit jantung. Itu berarti langkah pertama dari rencana jantung sehat adalah meluangkan waktu untuk aktivitas fisik.

Buang kebiasaan itu

Merokok dikaitkan dengan sejumlah masalah kesehatan yang berpotensi fatal, termasuk kanker, penyakit paru-paru, stroke, dan penyakit jantung. Bahkan jika Anda tidak memiliki faktor risiko lain, merokok meningkatkan risiko penyakit jantung dua hingga empat kali lipat, menurut Centers for Disease Control and Prevention (CDC). Merokok menyebabkan penumpukan plak dan pengerasan arteri, yang keduanya membuat jantung Anda bekerja lebih keras.

Buatlah pilihan makanan yang sehat

Keseimbangan adalah kunci untuk makan sehat dalam jangka panjang. Diet nya harus terdiri dari buah-buahan, sayuran, biji-bijian, kacang-kacangan, dan protein tanpa lemak. 

Saat Anda memilih sayuran, perhatikan warna. Piring berwarna-warni dengan banyak sayuran berwarna merah, oranye, kuning, dan hijau tua membantu memastikan Anda mendapatkan vitamin dan mineral yang Anda butuhkan.

Cobalah untuk mengurangi atau bahkan menghilangkan makanan olahan. Makanan olahan berat adalah makanan yang dikemas, terutama yang sudah siap makan ( kerupuk, keripik kentang, dan makanan cepat saji). Selain itu, cari makanan rendah sodium.

Ganti soda dan minuman energi dengan air. Ada jumlah gula yang luar biasa dalam soda dan minuman energi. Minum air di tempat ini dapat secara signifikan mempengaruhi kesehatan Anda menjadi lebih baik. Usahakan untuk minum setidaknya 8 gelas setiap hari.

The Centers for Disease Control and Prevention (CDC) memberikan peringatan bagi Anda yang makan makanan tinggi lemak, natrium, serta kolesterol dapat sangat buruk untuk jantung Anda. Jadi, ketika mengambil langkah-langkah untuk meminimalkan risiko penyakit jantung, diet adalah tempat yang baik untuk memulai.

Pada artikel ini, kami memeriksa beberapa makanan terbaik untuk memastikan Anda memiliki jantung yang kuat dan sehat.

1. Asparagus

Asparagus adalah makanan yang menghasilkan alami folat, dan berfungsi untuk membantu dalam pembentukan asam amino yang disebut dengan homosistein di tubuh Anda. Tingkat homocysteine ​​yang tinggi sering dikaitkan pada peningkatan risiko kondisi jantung, yaitu seperti penyakit arteri koroner serta stroke.

2. Brokoli

Terdapat berbagai penelitian mengungkapkan bahwa dengan memakan brokoli yang dikukus bisa menurunkan kadar kolesterol, serta dapat mencegah penyakit jantung.  

3. Coklat hitam

Cokelat hitam merupakan contoh makanan yang memiliki rasa yang luar biasa serta baik untuk Anda (dalam jumlah sedang).

Menurut para ilmuwan cokelat hitam bisa memberikan perlindungan terhadap aterosklerosis, Hal itu merupakan plak yang menumpuk pada arteri, sehingga meningkatkan risiko serangan jantung dan stroke.

Cokelat hitam bisa mencegah aterosklerosis yaitu kekakuan arteri serta adhesi sel darah putih dimana ketika sel darah putih menempel pada dinding pembuluh darah. 

4. Kopi

Pada salah satu studi baru-baru ini ditemukan bahwa dengan minum kopi secara teratur dikaitkan dengan penurunan risiko gagal jantung dan stroke.

Tetapi, ada hal yang perlu diingat bahwa penelitian ini hanya mengamati hubungan serta faktor-faktor, serta tidak meyakini dengan identifikasi sebab serta akibatnya.

5. Ikan tinggi omega-3

Ikan merupakan sumber kuat dari asam lemak omega-3 serta protein yang bisa membantu jantung, namun rendah lemak jenuh. Orang yang memiliki penyakit jantung, atau berisiko mengembangkannya, sering disarankan untuk meningkatkan asupan omega-3 dengan makan ikan; ini karena mereka menurunkan risiko detak jantung abnormal dan memperlambat pertumbuhan plak di arteri.

American Heart Association (AHA) mengungkapkan bahwa kita harus mengonsumsi 3,5 ons ikan berlemak seperti salmon, mackerel, herring, trout danau, sarden, atau tuna albacore setidaknya dalam dua kali seminggu. Seperti itulah cara menjaga kesehatan jantung.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*