Cara Mengeluarkan Dahak yang Ampuh Ketika Flu Menyerang

Cara Mudah Mengatasi Batuk Pilek Berdahak yang Ampuh

Penyakit batuk pilek atau yang juga sering disebut sebagai selesma, merupakan suatu infeksi yang menjangkit tubuh dikarenakan adanya virus ringan. Jika anda mengalami gangguan ini, maka dalam saluran pernapasan bagian atas anda didapati virus ringan tersebut. Batuk dan pilek ini umumnya menyerang area di sekitar hidung serta tenggorokan dan sangat mengganggu aktivitas sehari-hari. Terlebih jika batuk yang diderita juga mengandung dahak. Anda tentu mencari cara mengeluarkan dahak tersebut agar tidak memperburuk kondisi batuk pilek yang diderita. 

Tips mudah mengatasi batuk pilek

Untuk mengatasi gangguan batuk pilek, anda tidak perlu terlalu khawatir dan cemas. Sebab, penyakit ini masih tergolong penyakit biasa dan dapat diatasi dengan cara yang sederhana. Nah, jika anda ingin segera menyembuhkan batuk pilek yang sedang diderita,  berikut ini adalah tips-tips untuk mengatasi batuk pilek secara ampuh yang dapat anda lakukan. 

1. Makan Permen Mint atau Herbal

Cara sederhana dan mudah untuk meredakan batuk berdahak  dan hidung tersumbat adalah dengan makan permen mint atau permen herbal. Permen dengan kandungan menthol dipercaya dapat membantu tenggorokan anda menjadi lebih lega dan membuat aroma nafas menjadi lebih segar. Anda akan lebih nyaman ketika berbicara secara berhadapan dengan orang lain.

Permen herbal juga dapat menjadi alternatif pilihan jika permen menthol tersebut masih dirasa kurang ampuh. Sebab memang biasanya permen herbal ini memiliki kandungan gula yang lebih sedikit sehingga lebih banyak kandungan zat-zat aktif dari herbal yang dapat membantu meredakan gejala batuk, pilek, maupun hidung tersumbat. Bahkan, jika batuk anda berdahak, permen herbal juga mampu menjadi solusi cara mengeluarkan dahak.

Mengkonsumsi permen juga dapat anda lakukan di mana saja. Misalnya saat naik bus, saat bekerja, atau saat belajar. Sehingga memang lebih praktis dan efisien. Namun tetap konsumsi permen ini harus diimbangi dengan minum air putih yang cukup sehingga tidak mengganggu keseimbangan tubuh.

2. Menggunakan Minyak Angin atau Balsem

Tips berikutnya untuk mengatasi gejala batuk pilek berdahak adalah dengan mengoleskan minyak angin maupun balsam pada area sekitar punggung dan leher. Tidak dapat dipungkiri bahwa salah satu penyebab pilek adalah batuk pilek adalah karena suhu udara yang dingin.

Dengan mengaplikasikan minyak angin maupun balsam, maka gejala tersebut dapat dibantu diredakan dengan bertahap. Adapun, apabila anda merupakan orang yang sibuk, maka memilih minyak angin dalam bentuk roll on dapat menjadi pilihan yang tepat karena jenis minyak angin ini mudah untuk diaplikasikan di mana saja dan kapan saja.

3. Minum Obat Batuk Pilek

Tips berikutnya apabila batuk pilek sudah tidak lagi berada di tingkatan ringan, maka anda dapat meminum obat batuk pilek yang bisa anda beli di berbagai apotek ataupun minimarket terdekat. Namun ketika anda memutuskan untuk meminum obat, maka anda juga perlu untuk memperhatikan pola makan yang sehat dan tidur yang teratur.

Karena jika tidak, maka obat tersebut hanya akan memberikan efek samping namun tidak menghasilkan dampak yang signifikan. Jadi, perbanyak minum air putih dan asupan buah dan sayur agar obat yang dikonsumsi bisa bekerja secara optimal dalam menyembuhkan batuk dan pilek.

Itulah beberapa tips mengatasi batuk pilek serta cara mengeluarkan dahak dari tenggorokan yang efektif dan ampuh. Selamat mencoba!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*