Cara Membersihkan Yoga Mat Sehabis Pakai dengan Tepat

Gerakan hatha yoga merupakan gerakan dasar dari berbagai jenis yoga

Berolahraga memang mengasyikkan. Selain menyehatkan, juga bisa menenangkan pikiran. Supaya lancar Anda tentu perlu yoga mat terutama saat melakukan yoga atau olahraga ringan lainnya.

Tujuannya supaya Anda terhindar dari cedera yang mungkin bisa menimpa Anda. Selain itu, berolahraga memakai matras terutama matras sendiri memungkinkan Anda terhindar dari kuman yang berasal dari keringat orang lain.

Kuman ini bisa menyebabkan Anda sakit. Tentu Anda tidak mau kan terserang sakit hanya karena memakai matras olahraga bekas orang lain?

Setelah Anda bisa mempunyai matras sendiri yang Anda pilih berdasarkan ketebalannya, bahan pembuatnya, dan harganya, kini saatnya bagi Anda untuk bisa membersihkan matras tersebut.

Pembersihan sangat penting supaya keringat yang menempel pada permukaan matras dapat disingkirkan, yang berarti juga menyingkirkan kuman-kuman dan bakteri.

Selain itu, pembersihan untuk membuat matras beraroma wangi dan tidak apek sehingga ketika Anda menggunakannya kembali Anda akan merasa segar dan menambah motivasi Anda untuk terus berolahraga.

Lalu bagaimana cara membersihkan matras yang tepat? Simak di bawah ini!

Bersihkan dengan lap atau kain kering

Ini merupakan cara yang cukup mudah. Anda hanya perlu menyiapkan lap atau kain kering jika tidak ada lap.

Caranya adalah bersihkan seluruh permukaan matras dengan lap atau kain kering. Anda bisa menambahkan pewangi ke permukaan sebelum dilap.

Setelah itu jemur dan diangin-anginkan. Ingatlah untuk tidak menjemur langsung di bawah sinar matahari supaya warna pada permukaan tidak rusak atau luntur.

Cara ini merupakan alternatif dari cara membersihkan matras dengan mencuci. Namun tentunya mencuci matras tidak harus selalu dilakukan setiap kali.

Bersihkan dengan campuran cuka dan air

Apabila Anda tidak yakin dengan cara pertama, Anda bisa membersihkan matras dengan cara mencucinya.

Untuk mencuci ini bisa dengan campuran air dan cuka. Perbandingannya adalah 50:50. Campuran ini bertujuan tidak hanya membersihkan matras, tetapi juga membuat warna pada matras awet dan tahan lama.

Namun untuk membersihkan dengan cara mencuci ini hendaknya seminggu sekali supaya matras juga tidak cepat rusak dan luntur warnanya.

Rendam dengan air hangat dan larutan deterjen

Jika Anda tidak ingin mencuci yang terasa merepotkan, rendam saja yoga mat tersebut dengan air hangat dan larutan deterjen.

Caranya rendam dahulu matras dengan campuran tersebut kemudian bilaslah dan lap permukaan matras sampai benar-benar bersih dari sabun.

Supaya permukaan tidak begitu licin untuk pemakaian selanjutnya, sebaiknya jangan banyak menggunakan deterjen dalam proses perendaman.

Mencuci dengan mesin cuci

Bisakah mencuci matras yoga dengan mesin cuci? Bisa. Caranya seperti mencuci pakaian biasa, dan bisa Anda tambahkan pewangi.

Namun sebaiknya untuk melakukan pengeringan usahakan manual saja sebab jika Anda melakukannya dengan mesin cuci pengering pada mesin cuci Anda, hal itu malah akan merusak tekstur dan kualitas matras.

Untuk pembersihan dengan mesin cuci ini, sebaiknya lakukan sebulan sekali saja supaya matras tidak cepat rusak.

Mengelap dengan tisu basah khusus

Terakhir, Anda bisa membersihkan matras olahraga Anda ini dengan menggunakan tisu basah khusus.

Cara ini adalah cara yang paling simpel namun efektif dan efisien bagi Anda yang memang tidak punya waktu sama sekali membersihkan matras.

Anda hanya perlu mengelap seluruh permukaan matras untuk kemudian Anda keringkan sebentar.

Itulah beberapa cara membersihkan yoga mat yang bisa Anda lakukan sesuai dengan keinginan dan kemampuan Anda. Apa pun caranya, yang penting jangan sampai matras Anda tidak terawat sama sekali karena tidak dibersihkan.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*