Bukan Karena Rejeki, Ini Penyebab Gatal di Tangan

Banyak masyarakat kita yang percaya jika merasakan gatal khususnya di telapak tangan merupakan tanda jika akan adanya rejeki berupa uang yang datang. Padahal gatal di tangan bisa mengindikasikan sejumlah kondisi mulai dari masalah penyakit kulit hingga diabetes.

Penyebab Gatal di Tangan

Rasa gatal di bagian tubuh manapun seperti tangan bisa menimbulkan rasa tidak nyaman. Hal ini bisa menandakan adanya masalah kesehatan yang harus mendapatkan perawatan. Beberapa hal yang menjadi penyebab munculnya rasa gatal pada tangan seperti berikut ini.

Secara medis, telapak tangan gatal ternyata dapat disebabkan oleh berbagai kondisi kesehatan tertentu
  1. Psoriasis

Merupakan permasalahan kulit yang disebabkan oleh kondisi autoimun. Hal ini bisa membuat sel-sel kulit tumbuh terlalu cepat dan tidak dapat mengelupas secara alami sehingga menimbulkan penumpukan pada permukaan kulit. Selain rasa gatal di tangan, psoriasis juga bisa menimbulkan peradangan dan kemerahan dengan sisik putih pada kulit. Sisik tersebut bisa berkembang menjadi bercak merah yang dapat retak dan berdarah.

Selain itu, psoriasis bisa menimbulkan gejala seperti:

  • Rasa sakit, gatal dan sensasi terbakar.
  • Bengkak dan nyeri pada sendi.
  • Kulit kering dan pecah-pecah yang dapat berdarah.
  • Kuku menebal dan berlubang

Psoriasis bisa disembuhkan dengan krim dan salep dengan kandungan retinoid, metotreksat atau siklosporin. Selain itu, orang yang menderita psoriasis juga bisa mendapatkan perawatan alami dengan menggunakan berjemur di bawah sinar matahari. Sinar matahari pagi bisa mengurangi gejala psoriasis mulai dari ringan hingga sedang.

  1. Eksim

Eksim atau dermatitis atopik merupakan penyakit kulit yang bisa menimbulkan gatal dan kemerahan pada kulit. Tidak diketahui apa penyebab pasti dari eksim namun ada beberapa hal yang bisa menjadi pemicu seperti keringat, cuaca dingin dan kering, penggunaan sabun, deterjen dan pembersih, alergi hingga stres.

Eksim bisa membuat kulit terasa kering, tebal atau bersisik. Jika kulit Anda putih, maka kulit Anda akan terlihat kemerahan dan berangsur berubah menjadi coklat. Sedangkan jika kulit Anda gelap, maka area yang terkena bisa berwarna lebih terang atau gelap.

Karena membuat kulit kering, maka Anda bisa mengoleskan pelembab setiap hari setelah mandi pada area kulit terkena guna membuat kulit Anda terhidrasi.

  1. Alergi

Gatal di tangan atau bagian tubuh lainnya bisa disebabkan oleh reaksi alergi. Anda bisa mengalami alergi jika melakukan kontak dengan zat pemicu alergen seperti:

  • Bulu hewan peliharaan
  • Sengatan lebah atau gigitan serangga lain
  • Mengonsumsi makanan tertentu seperti kacang – kacangan atau seafood.
  • Serbuk sari
  • Debu
  • Tungau
  • Tanaman tertentu

Gatal dan ruam merupakan reaksi ringan dari alergi. Dalam kasus yang lebih parah, alergi bisa membuat penderitanya tidak sadarkan diri, mual, muntah, sesak napas, diare dan pembengkakan pada wajah, mata atau lidah.

Anda bisa melakukan tes alergi untuk mengetahui apakah Anda memiliki alergi atau tidak.

  1. Diabetes

Diabetes tipe dua bisa menimbulkan masalah pada kulit yang bisa membuat kerusakan pada pembuluh darah dan saraf. Kerusakan tersebut bisa membuat menurunnya kemampuan sel darah putih untuk melawan infeksi. Hal itu dapat menimbulkan gatal pada telapak tangan Anda. Namun umumnya penderita mengalami gatal lebih sering pada kaki daripada tangan.

Anda bisa mengoleskan lotion untuk kulit kering guna mengurangi rasa gatal. Selain itu, menjaga pola makan dapat menurunkan kadar gula darah sehingga meminimalisir masalah pada kulit.

  1. Scabies

Scabies atau kudis merupakan penyakit yang disebabkan oleh tungau yang hidup di kulit. Tungau tersebut dapat berkembang biak dan menimbulkan gatal dan ruam merah pada kulit. Scabies termasuk penyakit kulit yang dapat menular melalui kontak langsung. Scabies umumnya terdapat pada area pergelangan tangan, siku, ketiak, pinggang hingga bokong.

Rasa gatal di tangan atau bagian tubuh lainnya bisa Anda atasi dengan mengonsumsi antihistamin atau mengoleskan krim steroid sesuai dengan resep dokter.

Tags: ,

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*