Apakah Aman Bayi Tidur Tengkurap? Simak Faktanya

Apakah Aman Bayi Tidur Tengkurap? Simak Faktanya

Orang tua saat ini pasti pernah mendengar rekomendasi tentang tidur yang aman untuk bayi, bukan? Sekarang, hampir setiap orang tua baru mengerti bahwa cara teraman bagi bayi untuk tidur adalah telentang, dan bayi tidur tengkurap. Mengapa? Karena tidur terlentang mengurangi risiko SIDS, atau kematian mendadak pada bayi. Kondisi ini mungkin terjadi karena bayi menghirup kembali karbon dioksida dan tidak mendapatkan cukup oksigen.

Selain itu, bayi tidur tengkurap juga dapat meningkatkan risiko bayi akan muntah dan kemudian tersedak di malam hari. Akan tetapi, beberapa bayi tampaknya lebih suka tidur tengkurap. Biasanya, begitu bayi bisa berguling tengkurap, dia akan berguling di tengah malam dan akhirnya tidur tengkurap.

Apabila Anda memiliki bayi yang gemar tidur tengkurap, pertama, penting untuk diingat bahwa ketika menentukan pengaturan tidur adalah cara terbaik untuk bayi. Anda harus mencoba membuat bayi terbiasa berbaring telentang. Lambat laun bayi akan terbiasa berbaring telentang, dan pada akhirnya akan lebih nyaman tidur seperti itu. Jadi, cobalah ini sebagai langkah pertama. Minta bayi Anda menghabiskan waktu telentang, selama waktu bangunnya, dan cobalah untuk memulai setiap tidur siang dan tidur dengan bayi telentang.

Jika bayi masih rewel, maka Anda dapat mencoba membedong bayi saat tidur. Banyak bayi menolak untuk tidur terlentang karena mereka tidak dapat meringkuk dengan erat seperti pada saat berada di posisi janin yang nyaman, persis layaknya yang mereka lakukan saat tengkurap. Tetapi jika Anda membedung bayi dengan pas, Anda dapat menciptakan kembali perasaan nyaman seperti rahim sambil tetap menempatkan anak di punggungnya. Pastikan untuk mengikuti rekomendasi membedong bayi yang aman.

Namun, jika bayi Anda tidak mau tenang dan tidur telentang – bahkan ketika dibedong – maka Anda dapat mencoba menempatkan bayi di Anda saat tidur. Seperti yang ditunjukkan oleh banyak peneliti SIDS, sebagian besar bayi secara alami akan mengambil posisi tidur yang memungkinkan mereka bernapas dengan bebas dan nyaman, jadi asalkan bayi Anda sehat dan cukup bulan, masalah untuk melakukannya. Biarkan bayi Anda tidur tengkurap, jika dia tidak mau tidur telentang, namun dengan pengawasan dan sudah cukup umur.

Selain itu, mungkin relatif mudah untuk menempatkan bayi di dengan posisi telentang ketika dia baru lahir, namun bayi yang baru lahir akan sangat cepat bertumbuh besar sekitar usia 3-4 bulan. Usia tersebut, umumnya bayi akan banyak belajar berguling dan rentang terjatuh.  

Penting bagi Anda untuk memastikan keamanan dari posisi tidur bayi, terutama jika bayi Anda prematur atau memiliki masalah kesehatan. Apabila bayi Anda memiliki kemampuan untuk berguling ia kemungkinan juga memiliki kontrol otot dan kematangan neurologis untuk mengatur pernapasannya dengan baik, dan untuk mengubah posisinya jika ia tidak mendapatkan cukup oksigen. 

Dengan kata lain, bayi yang bisa berguling tengkurap pasti bisa tidur nyenyak meski dalam posisi tengkurap. Disarankan agar Anda memulai setiap waktu tidur dengan meletakkan bayi Anda dengan posisi telentang, tetapi kemudian, jika ia berguling tengkurap, Anda dapat membiarkannya tidur seperti itu.

Jadi, penting bagi Anda untuk mengikuti panduan tidur yang aman dengan bayi. Selain bayi tidur tengkurap, hal lain yang harus Anda perhatikan antara lain:

  • Bayi Anda harus tidur di permukaan yang keras yang ditutupi oleh seprai.
  • Seharusnya tidak ada tempat tidur yang longgar, bantal lembut, atau boneka mainan di area tidur bayi Anda.
  • Paling aman jika bayi tidur di dekat tempat tidur Anda (sehingga Anda dapat mengawasinya), tetapi jangan sampai tidur di tempat tidur Anda, yang membawa risiko mati lemas. 
  • Coba nyalakan kipas angin di kamar bayi – ada bukti bahwa hal ini dapat mengurangi risiko SIDS hingga 72%.
  • Kenakan pakaian tipis pada bayi untuk tidur, dan jaga agar suhu kamar tetap sejuk.

Tags:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*