Apa Saja Cara Untuk Mengatasi Jerawat Meradang?

Menjaga kebersihan tubuh merupakan hal yang penting untuk dilakukan, karena manusia bisa terhindar dari risiko seperti jerawat. Ada berbagai jenis jerawat yang perlu diwaspadai, salah satunya termasuk jerawat meradang. Jerawat meradang tidak hanya menimbulkan jerawat pada wajah, namun juga bisa membuat wajah merah dan meradang. Oleh karena itu, cara mengatasi jerawat meradang perlu dipahami.

Ada banyak cara mengatasi jerawat meradang di kulit salah satunya adalah dengan antibiotik

Pemahaman Tentang Jerawat Meradang

Jerawat meradang terdiri dari beberapa jenis, antara lain jerawat papula, jerawat pustula, dan jerawat batu atau jerawat kistik. Jerawat meradang bisa disebabkan oleh penyumbatan pori-pori kulit dan penumpukan sel kulit mati, minyak, dan bakteri.

Jerawat meradang bisa timbul di bagian bagian kulit yang memiliki banyak kelenjar minyak, khususnya wajah. Jerawat meradang tidak hanya terjadi pada remaja, namun juga bisa terjadi pada anak-anak dan orang dewasa.

Jerawat meradang bisa menyebar ke bagian kulit lain sehingga dapat meninggalkan bekas jerawat di kemudian hari. Jika seseorang mengalami kondisi seperti ini, cara mengatasi jerawat meradang bisa dipelajari.

Ada berbagai jenis obat bisa Anda gunakan untuk mengatasi jerawat meradang, namun tergantung pada jenis jerawat yang Anda alami. Obat jerawat juga bisa Anda peroleh melalui resep dokter atau secara bebas.

Kandungan Obat Untuk Mengatasi Jerawat Meradang

Untuk mengatasi jerawat, Anda sebaiknya gunakan kandungan berikut:

  1. Benzoil peroksida

Benzoil peroksida memiliki peran dalam memaksimalkan penyerapan oksigen oleh pori-pori. Hal tersebut bisa mematikan bakteri yang memicu jerawat. Selain mematikan bakteri, benzoil peroksida juga akan mengangkat sel kulit mati dan mencegah jerawat supaya tidak muncul di kemudian hari.

Di sisi lain, benzoil peroksida bisa memicu efek samping berupa kulit kering, merah, terasa perih, dan mengelupas. Oleh karena itu, Anda hanya perlu mengoleskannya ke bagian kulit yang terdampak jerawat.

  1. Asam salisilat

Sama seperti benzoil peroksida, asam salisilat juga dapat mengangkat sel kulit mati dalam pori-pori. Asam salisilat juga memiliki kegunaan dalam mencegah peradangan dan jerawat supaya tidak muncul di kemudian hari. Tidak seperti benzoil peroksida, Anda bisa mengoleskannya ke seluruh permukaan kulit.

  1. Sulfur

Sulfur bisa menjadi pilihan lain untuk mengatasi jerawat meradang. Kandungan tersebut dapat mengurangi minyak di kulit, mencegah pori-pori tersumbat, dan mencegah bakteri. Meskipun demikian, kandungan tersebut kurang efektif dibandingkan dengan kandungan lain.

Jika Anda Mengalami Kondisi Yang Serius Pada Kulit

Jika Anda mengalami kondisi yang serius pada kulit seperti psoriasis, Anda sebaiknya hubungi dokter. Sebelum bertemu dengan dokter, Anda bisa mempersiapkan diri dengan beberapa hal di bawah:

  • Daftar pertanyaan yang ingin Anda tanyakan ke dokter.
  • Daftar gejala yang timbul.
  • Daftar riwayat medis (jika dokter memerlukannya).

Ketika Anda bertemu dengan dokter, dokter perlu mengetahui kondisi Anda dengan menanyakan pertanyaan seperti:

  • Kapan gejala yang Anda alami terjadi?
  • Berapa lama kondisi tersebut terjadi?
  • Apakah Anda memiliki kebiasaan tertentu sehingga Anda mengalami kondisi tersebut?

Setelah mengetahui kondisi Anda, dokter akan melakukan diagnosis seperti biopsi (pengambilan sampel dari kulit).

Pengobatan

Dokter akan menyarankan sejumlah obat untuk mengatasi masalah kulit. Contoh obat yang bisa Anda gunakan adalah steroid dan retinoid.

Pencegahan

Anda juga sebaiknya lakukan cara-cara di bawah untuk mencegah masalah pada kulit:

  • Mandi dua kali setiap hari.
  • Gunakan tabir surya jika Anda berada di tempat yang panas.
  • Jangan menggaruk bagian kulit yang terasa gatal.
  • Hindari kebiasaan buruk seperti merokok.

Kesimpulan

Ada berbagai jenis jerawat yang bisa timbul, salah satunya adalah jerawat meradang. Jerawat meradang tidak hanya mengganggu penampilan seseorang, namun juga dapat menimbulkan berbagai gejala. Jika Anda ingin mengatasi kondisi tersebut, cara mengatasi jerawat meradang bisa Anda pelajari. Jika Anda mengalami kondisi yang serius pada kulit atau ingin tahu lebih lanjut tentang kulit, Anda bisa berkonsultasi dengan dokter.

Tags: ,

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*