5 Langkah Mudah untuk Meningkatkan Kemampuan Belajar Anak

Selipan kata-kata mutiara untuk anak harus terus diberikan ketika mereka mulai merasa down atau tidak bersemangat menghadapi hari di sekolah. Beberapa ucapan pujian juga bisa menjadi salah satu pemicu yang akan membuat anak-anak kembali mendapatkan mood-nya ketika belajar di sekolah.

Beberapa faktor yang biasa terjadi ketika anak malas sekolah atau belajar, kemungkinan didasari karena sulitnya anak dalam menerima pelajaran. Hal ini harus menjadi salah satu alarm bagi orangtua untuk mulai waspada pada kondisi mental dan kognitif anak selama menimba ilmu.

Berikut ini beberapa tips yang bisa Anda coba untuk membuat anak semakin mudah belajar dan menerima materi yang diberikan para guru di sekolah.

1. Menggunakan Media Pembelajaran

Untuk anak-anak yang berada dalam tingkat pembelajaran di SD dan di bawahnya, media pembelajaran yang tepat akan membantu mereka dalam mempercepat pemahaman terhadap materi yang diajarkan.

Anak-anak akan lebih cepat paham ketiga melihat video, menyanyikan sebuah lagu, atau belajar bersama dengan anak seusianya. Berbaur dan saling mengobrol satu sama lain bisa jadi salah satu strategi baik untuk meningkatkan kemampuan belajar anak.

2. Eksplorasi Metode Pembelajaran

Tiap anak memiliki karakter dan watak bawaannya masing-masing. Beberapa orang bisa dinasehati dengan kata-kata mutiara untuk anak, beberapa lainnya harus diberikan pemahaman melalui contoh. Oleh karena itu, sebagai guru dan orangtua harus bisa menyesuaikan dengan tipe pembelajaran anak.

Untuk pembelajar auditori, umumnya akan lebih banyak diarahkan untuk mendengarkan. Untuk pembelajar sensory, maka sebaiknya diberikan permainan dan games yang akan merangsang rasa penasarannya. Untuk pembelajar kinestetik, libatkan mereka dengan berbagai aktivitas fisik yang menyenangkan seperti bermain bola atau lainnya.

3. Mengetahui Permasalahan Utama Anak

Sebagai pengajar atau orang tua, hal yang bisa dilakukan untuk meningkatkan kemampuan belajar anak yakni memahami permasalahan mereka terlebih dahulu. Hal apa yang membuat mereka tidak nyaman dalam belajar? Mengapa tidak menyukai pelajaran tertentu?

Jika hal ini sudah terjawab, maka permasalahan tersebut bisa dicarikan solusi terbaiknya. Jika Anda kurang konsentrasi karena lapar sepanjang waktu, maka pola makannya harus diperbaiki. Jika anak merasa tidak nyaman karena guru yang galak, maka pengajar harus melakukan evaluasi. Memberikan anjuran atau kata-kata mutiara untuk anak mungkin bisa semakin sering diterapkan.

Jika anak merasa tak nyaman karena lingkungan sekitar, misalkan baru pindah sekolah, maka tugas orang tua dan guru harus bisa menyeimbangkannya. Anak-anak cenderung lebih moodswing sehingga tidak bisa ditebak keinginannya. Langkah utamanya yakni membuatnya enjoy dalam belajar, tanpa ada tekanan dari berbagai sisi.

4. Mengatur Jadwal Belajar

Anak-anak akan lebih patuh ketika memiliki jadwal belajar yang selalu konsisten, terutama untuk anak yang masih di usia 10 tahun ke bawah. Arahan dan anjuran kepada mereka biasanya akan terasa menyebalkan untuk dilakukan. Selipkan kata-kata mutiara untuk anak dan nasehat bijak agar mereka lebih mudah memahaminya.

Pastikan Anda konsisten pada jadwal yang sudah diberikan. Dengan demikian, anak juga akan belajar untuk disiplin dalam belajar dan mengerjakan tugas. Ketika kebiasaan ini sudah terbangun dengan baik, maka otak akan memproses segala hal terkait belajar dan jadwal dengan lebih paten.

Selain beberapa cara di atas, memotivasi dengan kata-kata mutiara untuk anak juga bisa menjadi salah satu langkah meningkatkan kemampuan belajar mereka. Anak-anak akan lebih mudah di-trigger dengan beberapa kisah, kemudian diberikan pemahaman yang relate dengan keseharian mereka. Dengan demikian, motivasi itu akan terangkat dari dalam diri mereka dengan sendirinya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*