5 Buah yang Dilarang untuk Ibu Hamil dan Bahaya yang Ditimbulkan

Kopi dan daging mentah adalah segelintir makanan yang dilarang untuk ibu hamil. Tapi pernahkah mendengar bahwa ada buah yang dilarang untuk ibu hamil

Buah termasuk salah satu makanan yang disarankan untuk ibu hamil. Tapi ternyata tidak semua buah aman dikonsumsi, lho. Ada beberapa jenis buah yang memiliki efek samping ketika dikonsumsi oleh ibu hamil. Efek sampingnya mungkin ringan, tapi ibu hamil akan merasa tak nyaman setelah mengonsumsi buah-buahan tersebut. Beberapa buah bahkan dipercaya dapat mempengaruhi kesehatan janin.

Buah yang tak boleh dikonsumsi ibu hamil

Berikut ini 5 buah yang dilarang untuk ibu hamil:

  1. Nanas

Nanas tinggi akan kandungan asam yang bisa memicu dan memperparah mulas dan refluks asam yang sering terjadi saat hamil. Nanas juga mengandung senyawa yang disebut bromelain, yang ketika dikonsumsi terlalu banyak dapat memicu persalinan prematur.

Beberapa ibu mungkin alergi terhadap lateks sehingga tidak disarankan mengonsumsi nanas. Nanas juga kerap disebut-sebut sebagai makanan yang bisa menggugurkan kandungan, walaupun dibutuhkan penelitian lebih lanjut mengenai hal ini.

  1. Asam jawa

Asam jawa atau tamarind memiliki sifat anti-inflamasi yang dapat mengurangi kaki bengkak dan nyeri otot pada ibu hamil. Asam jawa juga memiliki sifat pencahar yang efektif melawan sembelit, mengurangi morning sickness, dan mengontrol gula darah. 

Menurut FDA, asam jawa umumnya aman dikonsumsi selama kehamilan. Namun mengonsumsinya secara berlebihan dapat meningkatkan risiko kesehatan seperti meningkatkan penyerapan ibuprofen dan aspirin yang membahayakan bayi, menyebabkan gula darah tidak seimbang, dan mempengaruhi tekanan darah ibu hamil.

Asam jawa juga mengandung tinggi vitamin C yang bisa menurunkan hormon progesteron, sehingga meningkatkan risiko keguguran, kelahiran prematur, dan kerusakan sel pada janin. 

  1. Pepaya

Pepaya merupakan salah satu buah yang sering direkomendasikan untuk melancarkan buang air besar, termasuk pada ibu hamil. Buah ini juga kaya akan makronutrien dan vitamin penting bagi tubuh. 

Namun, pepaya juga kaya akan lateks yang dapat menyebabkan kontraksi rahim, pendarahan, keguguran, dan cacat lahir. Mengonsumsi pepaya saat hamil juga dapat menyebabkan suhu tubuh ibu naik, yang tidak baik selama kehamilan.

  1. Pisang

Meskipun pisang cenderung aman bagi ibu hamil, wanita yang alergi terhadap kitinase atau menderita diabetes tidak disarankan mengonsumsi buah ini saat hamil. Pisang mengandung kitinase, zat seperti lateks yang dapat menyebabkan alergi (alergen) pada sebagian orang dan bisa meningkatkan panas tubuh. Pisang juga mengandung tinggi gula alami, sehingga ibu hamil dengan diabetes harus berhati-hati saat mengonsumsi pisang.

  1. Semangka

Semangka tinggi serat dan kandungan air yang cocok untuk menghidrasi tubuh, termasuk pada ibu hamil. Tapi jika dikonsumsi berlebihan dapat meningkatkan kadar glukosa darah dan meningkatkan risiko bayi terpapar racun yang dikeluarkan oleh semangka. 

Sifat diuretik semangka juga bisa mengeluarkan nutrisi penting yang dibutuhkan bayi ketika semangka mendetoks tubuh ibu. Selain itu, semangka adalah makanan pemicu dingin, sehingga tak disarankan dikonsumsi selama kehamilan. 

Selain kelima buah tersebut, buah yang diproses dengan cara tertentu seperti buah kering atau manisan buah juga tidak disarankan bagi ibu hamil karena cenderung tinggi gula dan kalori. 

Buah terbaik untuk ibu hamil

Apel, pir, delima, dan alpukat adalah beberapa contoh buah yang baik dikonsumsi oleh ibu hamil. Bunda bisa mengonsumsi dua hingga empat porsi buah segar setiap hari. Untuk memastikan Bunda tidak mengonsumsi buah yang dilarang untuk ibu hamil, ada baiknya untuk berkonsultasi dengan dokter atau ahli gizi terlebih dahulu.

Tags: , ,

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*