5 Alasan Penting Menggunakan Eye Primer, Hasil Riasan Mata Akan Lebih Nyata

Makeup yang sempurna akan membuat tampilan Anda akan maksimal. Salah satu komponen penting yang dapat membuat makeup paripurna adalah Eye Primer. Fungsinya adalah sebagai dasar sebelum menggunakan eyeshadow. 

Meski penggunaan eye primer ini sering dianggap remeh karena dianggap tidak perlu, namun sebenarnya produk ini sangat penting untuk menunjang ketahanan makeup. 

Rekomendasi Eye Primer Terbaik, Mata Cantik Memesona

Riasan dengan eye primer atau tidak akan mempengaruhi hasil akhir. Apalagi makeup di bagian mata biasanya cukup tricky karena cenderung cracking atau smudging. 

Pentingnya Menggunakan Eye Primer

Berikut beberapa alasan penggunaan eye primer yang perlu diketahui.

  1. Meratakan warna kulit

Banyak orang yang punya warna kulit tidak merata, khususnya di area mata. Bisa karena kelopak mata warnanya lebih gelap atau mengalami perubahan warna akibat genetik. 

Eye primer mampu mengatasi masalah ini. Produk yang satu ini akan membuat warna kulit Anda jauh lebih rata, khususnya di kelopak mata.

  1. Mempersiapkan eyeliner

Eye primer juga penting karena dapat mempersiapkan kelopak mata sebelum menggunakan eye shadow. 

Sehingga eye shadow pun lebih mudah diratakan karena tekstur kulit kelopak mata bisa jadi lebih halus. Eyeshadow pun juga lebih tahan lama.

  1. Skin and makeup barrier

Penggunaan produk eye primer juga penting diaplikasikan saat menggunakan riasan. Hal ini sebagai penghalang sehingga produk makeup tidak langsung menempel pada kulit.

Sehingga ini akan menjaga minyak alami kulit di area mata jadi lebih terjaga dari bahan kimia dari eyeshadow. 

Ditambah lagi untuk Anda yang punya kelopak mata berminyak. Sehingga penggunaan eye primer akan membantu menjaga eyeshadow jadi lebih tahan lama.

  1. Membuat warna eyeshadow lebih nyata

Salah satu kelebihan dari eye primer adalah bisa membuat warna eyeshadow jadi terlihat lebih menonjol dan nyata. 

Sehingga Anda jadi lebih mudah mengkreasikan berbagai campuran warna yang digunakan untuk bagian mata ini.

  1. Menjaga warna eyeshadow tidak luntur

Ketika cuaca sedang panas dan lembap, maka penggunaan eye primer akan sangat membantu agar eyeshadow tidak luntur atau memudar. Produk ini juga membantu mencegah timbulnya kerutan dari gerakan mata saat Anda beraktivitas seharian. 

Penggunaan Eye Primer untuk Apa Saja?

Ternyata, eye primer tidak hanya bisa digunakan di area atas mata saja, tapi juga bisa digunakan di area wajah lainnya, seperti:

  • Bawah mata. Selain membuat eyeshadow lebih tahan lama, produk ini juga bisa membuat concealer lebih tahan lama dan anti smudge untuk area mata bagian bawah
  • Bagian alis. Jika produk alis yang dipakai cepat menghilang, Anda bisa menggunakan eye primer sebelum menggambar alis agar bisa lebih tahan lama dan menempel
  • Menutup jerawat. Kadang penggunaan concealer dan foundation saja tidak cukup untuk menutupi jerawat. Penggunaan eye primer sebagai tambahan bisa menutup jerawat dengan maksimal
  • Garis tertawa. Jika Anda punya smile line yang sangat jelas, cobalah menggunakan eye primer di area garis tertawa sebelum menggunakan foundation.
  • Di bibir. Menggunakan eye primer di bibir bisa membuat lipstik jadi lebih tahan lama.

Tips Memilih Eye Primer untuk Based Eyeshadow

Tentu, Anda perlu memilih mana eye primer yang cocok dan aman digunakan. Salah satu yang paling penting dilakukan adalah memeriksa kandungan produk yang digunakan. 

Produk eye primer dengan kandungan silikon memiliki kelebihan, yaitu membantu mengisi kerutan dan lipatan kulit di area mata.

Akan tetapi, produk yang berbahan silikon juga tidak boleh digunakan terlalu sering karena bisa menutup jalur pernapasan kulit. Jadi, cukup dipakai untuk menghadiri acara-acara tertentu yang membutuhkan makeup paripurna.

Buat Anda si pemilik kulit sensitif, sebaiknya menjauhi produk dengan kandungan silikon, paraben, ftalat, dan zat kimia aktif lainnya yang akan memicu terjadinya alergi. Sebisa mungkin gunakan produk dengan kandungan alami dan organik, sehingga lebih aman tanpa takut menyebabkan alergi.

Tips lain dalam memilih shade eye primer adalah menggunakan shade yang 1 tingkat di atas warna kulit Anda. 

Jangan sampai salah memilih tone eye primer, pilihlah yang sesuai dengan masalah kulit Anda. Misalnya area mata Anda terlihat kusam, sehingga perlu menggunakan eye primer berwarna beige atau krem untuk menutupi masalah tersebut.

Eye primer dengan warna merah muda mampu menyamarkan kusam berwarna kebiruan di area mata. Sedangkan warna oranye akan mengatasi masalah kulit kusam kecoklatan sehingga area mata Anda akan terlihat lebih sehat.

Tags: , ,

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*