10 Hal Mengenai Sakit Kepala Berputar atau Vertigo

Pernah mengalami sakit kepala berputar karena pergerakan kepala secara tiba-tiba? Kasus ini memang cukup sering terjadi dan terbukti dialami banyak orang.

Sakit kepala berputar adalah istilah yang cukup umum, biasa disebut pusing. Ada banyak jenis pusing, tapi untuk gejala berputar yang ekstrem biasanya disebut dengan vertigo.

Singkatnya vertigo adalah sensasi kehilangan keseimbangan. Jika Anda mengalami pusing vertigo, Anda akan merasakan sensasi sedang berputar atau merasa dunia di sekitar Anda berputar.   

Vertigo termasuk penyakit kambuhan dan biasanya penderita vertigo khawatir bisa mengalami serangan kapan pun secara tiba-tiba. Sebab itu, vertigo harus diatasi dengan benar.

Sakit kepala berputar alias vertigo umumnya disebabkan oleh masalah internal telinga. Mengobati vertigo harus dilakukan dengan mengatasi sumber masalahnya.

Setidaknya ada 10 hal yang perlu Anda tahu soal Vertigo. Yuk disimak!

1. Vertigo tidak sama dengan pusing

Vertigo adalah ilusi atau sensasi pergerakan. Anda akan merasa bahwa dunia di sekitar Anda sedang berputar-putar atau bahwa Anda sendiri sedang berputar.

Ketika mengalami vertigo, biasanya ada gejala lain yang menyertai seperti mual atau muntah.

Pusing tidak sama dengan vertigo, meski vertigo adalah salah satu jenis pusing.

2. Vertigo umum terjadi

Anda bisa mengalami serangan vertigo pada usia berapa pun, meski biasanya jarang terjadi sebelum usia 20 tahun.

Seiring bertambahnya usia, kemungkinan vertigo terjadi lebih besar. Sekitar 30% lansia di atas 65 tahun mengalami vertigo.

3. Vertigo biasanya disebabkan oleh masalah telinga bagian dalam

Keseimbangan manusia ditentukan oleh sistem vestibular yang terletak pada telinga bagian dalam. Terkadang ada masalah medis yang mengganggu sistem keseimbangan tersebut.

4. Aerobik intensitas tinggi dapat menyebabkan vertigo

Aerobik dengan intensitas tinggi dapat menyebabkan vertigo. Bersepeda di jalan kasar atau geronjal juga dapat memicu vertigo.

Kondisi lain yang dapat memicu vertigo adalah ketika kepala Anda berada di satu posisi untuk waktu yang sangat lama, misalnya ketika sedang beristirahat.

5. Vertigo akut atau kronis

Sebagian orang hanya mengalami vertigo sekali dan tidak pernah terkena serangan lagi. Sebagian lainnya mengalami vertigo kronis yang terjadi berulang.

Biasanya vertigo dapat hilang dengan sendirinya. Jika tidak, segera konsultasi ke dokter.

6. Olahraga dapat membantu mengatasi sebagian tipe vertigo

Benign paroxysmal positional vertigo (BPPV), adalah suatu jenis vertigo yang disebabkan oleh pecahnya kristal kalsium di ruang telinga bagian dalam.

Dokter dapat merancang serangkaian olahraga dan latihan untuk memindahkan partikel-partikel tersebut supaya tidak lagi menimbulkan masalah vertigo.

7. Sebagian jenis vertigo dapat diatasi dengan operasi

Biasanya pembedahan tidak perlu dilakukan untuk mengatasi vertigo, kecuali jika tindakan-tindakan konservatif gagal membantu.

8. Obat-obatan untuk vertigo

Pada umumnya obat-obatan digunakan untuk kasus vertigo akut, bukan vertigo kronis. Misalnya, jika vertigo disebabkan oleh migrain vestibular, Anda mungkin menerima obat untuk mencegah migrain tersebut.

9. Diet dapat jadi pembeda

Jika Anda mengalami vertigo kronis, biasanya ada beberapa makanan yang perlu dihindari. Dokter mungkin menyarankan Anda untuk mengurangi kafein, nikotin, alkohol, garam, dan gula.

Selain itu, Anda perlu makan dan minum secara teratur untuk menjaga keseimbangan cairan dalam tubuh.

10. Perlu bantuan medis

Segera temui dokter jika vertigo berulang dalam interval pendek, intens, dan terus terjadi selama satu minggu.

Namun, jika vertigo sampai menimbulkan gejala yang lebih parah seperti demam, masalah penglihatan, kesulitan berbicara, gangguan pendengaran, kaki atau lengan terasa lemah, atau kehilangan kesadaran maka sebaiknya Anda segera ke IGD.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*