Tips Merawat Tools and Brushes Agar Lebih Tahan Lama

Tips Merawat Tools and Brushes Agar Lebih Tahan Lama

Hal yang paling merepotkan saat menyelesaikan make up adalah membereskan dan membersihkan peralatan make up seperti tools and brushes. Kedua alat ini merupakan benda yang sangat penting dan membantu guna mempoles wajah menjadi lebih cantik lagi. Tiap jenis dari tools and brushes memiliki kegunaannya masing – masing. Oleh karena itu, menjaga kebersihan dan kerapihan dari alat – alat make up ini sangat penting.

Ketika kotak make up dalam keadaan bersih dan tidak terpapar bakteri, Anda dapat terhindar dari bakteri penyebab masalah kulit wajah, seperti jerawat, flek hitam, hingga reaksi alergi.  Selain itu, cara menyimpan make up dengan bersih dan rapi juga dapat memberikan kenyamanan dan kemudahan bagi Anda dalam menemukan alat-alat make up yang dibutuhkan. 

Anda pun dapat mengetahui alat-alat make up mana saja yang sudah tergolong kedaluwarsa atau belum. Tools and brushes semahal apapun, kalau nggak dirawat dengan baik ya nggak bakalan awet juga. Berikut adalah beberapa cara merawat makeup brush yang biasa saya lakukan. Nah, berikut cara untuk merawat tools and brushes agar lebih tahan lama.

  • Gunakan sabun khusus atau shampoo bayi

Sabun khusus untuk mencuci kuas, biasanya dirancang untuk efektif membersihkan bulu-bulu kuas, sekaligus menjaga kelembutannya. Bahannya biasanya juga tidak terlalu banyak busa, jadi mudah sekali dibilas, tidak perlu berlama-lama hanya untuk menghilangkan busa dan kesan licinnya. Jika Anda tidak punya sabun khusus untuk mencuci kuas, Anda bisa menggunakan shampoo bayi sebagai alternatifnya.

  • Cuci bagian bristle-nya saja dan jemur kuas dengan posisi bulu di bawah

Saat mencuci, lebih baik berhati-hati agar tidak mengenai bagian leher brush, atau tempat bulu-bulu menempel pada tangkainya. Untuk bagian tangkai atau pegangan kuas, cukup diseka saja dengan menggunakan tisu basah. Setelah dicuci bersih, kuas harus dijemur sampai kering dulu sebelum disimpan, agar tidak berbau dan berjamur. Nah, untuk menjemur ini, posisikan menggantung dengan kepala kuas menghadap ke bawah. 

  • Simpan di tempat tertutup dan pakaikan brush net

Bulu-bulu kuas yang padat dan halus itu gampang sekali menangkap debu. Jadi selalu simpan kuas bersih ditempat yang tertutup. Dan agar bentuknya tidak berubah memang seharusnya brush tidak boleh disimpan secara berdempetan. Oleh karena itu, gunakanlah brush net untuk menjaga bentuk dan menghindarkannya dari gesekan.

Jika anda mengabaikan kebersihan dari tools and brushes yang biasa digunakan untuk make up, bukan hal aneh lagi jika Anda akan mengalami masalah baru untuk wajah. Permasalahan ini bisa terjadi karena adanya virus, bakteri atau debu yang menempel di tools and brushes. Berikut ini masalah yang akan Anda hadapi jika mengabaikan kebersihan tools and brushes.

  • Jerawat

Salah satu bahaya malas membersihkan peralatan make up adalah munculnya jerawat. Serajin apapun Anda mencuci muka, kalau alat make up yang Anda pakai kotor maka akan percuma. Hal tersebut yang dapat membuat pori-pori wajah tersumbat kotoran dan partikel-partikel halus dari sisa kosmetik. Akibatnya, kulit wajah Anda bisa mengalami jerawat meradang. 

  • Kulit keriput

Kotoran yang menempel pada peralatan make up bisa membuat kulit terpapar radikal bebas. Radikal bebas akan merusak sel-sel kulit wajah Anda secara perlahan. Akibatnya, produksi kolagen dan elastin yang membuat wajah tetap kenyal dan lembut pun terhambat. Hal inilah yang membuat kulit jadi cepat keriput dan muncul garis-garis halus pada wajah.

  • Infeksi virus dan bakteri

Berbagai jenis kotoran, termasuk sel kulit mati, minyak, debu, dan partikel halus mungkin saja terjebak dalam tempat alat make up Anda. Padahal, bisa jadi berbagai jenis kotoran tersebut mengandung macam-macam bakteri, seperti Staphylococcus, Streptococcus, E. coli, jamur (fungus), hingga virus. Jika bakteri-bakteri tersebut menempel dan berkembang biak pada kulit wajah, Anda pun bisa berisiko mengalami infeksi virus dan bakteri di kulit.

Itulah hal yang akan terjadi jika Anda mengabaikan dalam merawat kebersihan dari tools and brushes. Tidak hanya tools and brushes saja yang akan cepat rusak, tetapi wajah Anda pun akan mengalami masalah yang tidak diinginkan.

Tags:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*