Simak 5 Cara Mengatasi Grogi di Segala Situasi

cara mengatasi grogi

Grogi dapat terjadi saat Anda akan menghadiri wawancara kerja, bertemu klien, menghadap dosen, atau kencan pertama. Berbagai perasaan cemas, takut, sedih, atau gembira menjadi satu menyebabkan respon tubuh yang berbeda. Perasaan grogi tersebut memengaruhi sikap dan keputusan Anda. Oleh karena itu, dibutuhkan cara-cara mengatasi grogi agar momen penting tersebut berjalan sesuai rencana.

Apa yang terjadi pada tubuh Anda saat grogi?

Pada dasarnya, semua orang akan mengalami respon biologis yang sama saat dihadapkan pada situasi yang membuatnya tidak nyaman. Meskipun, derajat ketidaknyamanan setiap orang berbeda-beda. Sistem saraf tubuh Anda akan bereaksi spontan, hormon adrenalin diproduksi untuk mempersiapkan hal baru dan tiba-tiba, darah pun dipompa kencang sehingga jantung berdebar, serta otot-otot ikut menegang. Inilah saat dimana Anda sedang mengalami grogi.  

Beberapa gejala grogi parah ditunjukkan dengan gejala sakit kepala, nyeri seluruh badan, tremor, dada sesak, lemas, sakit perut, bahkan diare.

Cara mengatasi grogi

Grogi merupakan reaksi normal tubuh saat menghadapi keadaan tertentu. Berikut ini langkah-langkah yang bisa Anda lakukan untuk mengatasi rasa grogi dan membuat Anda merasa lebih nyaman:

  • Jangan takut dengan perasaan grogi

Tanamkan ke dalam diri Anda bahwa grogi adalah perasaan yang wajar terjadi, bahkan bisa jadi bentuk tanggung jawab terhadap kewajiban yang Anda terima. Anda perlu ingat, tantangan atau peluang baru merupakan tempat seseorang betumbuh.

Grogi merupakan cara tubuh mempersiapkan diri menghadapi hal baru yang datang di luar zona nyaman. Sebaiknya lepaskan rasa takut Anda untuk membantu mengendalikan rasa grogi tersebut.

  • Persiapkan diri

Setidaknya, persiapan membuat perasaan seseorang jauh lebih tenang. Berikut ini bentuk-bentuk persiapan untuk menghadapi grogi di lingkungan kerja atau lingkungan sosial:

  • Latihan berbicara atau mendalami materi sebelum presentasi atau rapat kerja
  • Minta bantuan teman atau pasangan untuk hadir menemani di acara tertentu yang membuat Anda gugup dan tidak nyaman
  • Luangkan waktu untuk menyiapkan materi kerja, pakaian, atau barang-barang yang dibutuhkan untuk acara tersebut
  • Ambil sudut pandang positif

Kekhawatiran akan kegagalan atau kekacauan seringkali menjadi pemicu grogi. Saat Anda mulai meragukan diri sendiri, coba ubah perspektif menjadi lebih positif. Kebiasaan self talk atau berbicara kepada diri sendiri mampu mengarahkan sikap optimisme. Anda juga dapat memutar lagu atau video pendek pembangkit semangat.  

  • Bicarakan perasaan Anda kepada seseorang

Beberapa orang merasa lebih tenang setelah menghubungi orang tua, pasangan, atau orang-orang terdekat. Berbagai perasaan membuat Anda menjadi lebih nyaman dan melihat segala sesuatu lebih rasional. Sebuah studi menunjukkan bahwa membicarakan perasaan kepada orang lain, terutama yang pernah mengalami situasi serupa dapat mengurangi stres.

Berbicara kepada orang yang dipercaya mampu melepaskan ketegangan yang menumpuk, bahkan Anda akan merasa ada orang lain yang juga merasakan hal yang sama sehingga tidak ada yang perlu dikhawatirkan.

  • Mencoba teknik relaksasi

Relakasasi melatih tubuh mengatasi grogi dan stres di segala situasi. Latihan pernapasan dalam merupakan salah satu cara relaksasi sederhana dan mudah dilakukan, misalnya teknik pernapasan diafragma. Selain itu terdapat teknik relaksasi lainnya, seperti yoga, meditasi, pijat, mendengarkan musik, bermain bersama hewan peliharaan kesayangan, menggunakan aromaterapi, dan olahraga secara teratur. Jangan lupa untuk menjaga kualitas dan kuantitas tidur. Apabila Anda telah mencoba semua cara di atas namun grogi tak kujung hilang atau bahkan bertambah parah, mungkin Anda mengalami kondisi lain yang patut diwaspadai. Hubungi dokter jika gangguan ini mengganggu kualitas hidup atau produktivitas kerja Anda.

Tags:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*