Rasakan Manfaat Bernyanyi sebagai Upaya Terapi Mental

Bernyanyi merupakan kegiatan yang seringkali dilakukan sebagai bagian dari aktivitas sehari-hari. Selain sebagai sarana hiburan, ada banyak manfaat bernyanyi yang sangat baik, khususnya bagi kondisi kesehatan mental.

manfaat bernyanyi

Secara khusus, manfaat bernyanyi akan semakin terasa apabila kegiatan bernyanyi dilakukan bersama-sama dalam kelompok. Mengobati masalah kesehatan mental dengan bernyanyi menjadi salah satu upaya pengobatan dari terapi musik.

Bagaimana bernyanyi dapat mengobati masalah kesehatan mental?

Pemanfaatan bernyanyi sebagai upaya pengobatan kesehatan mental didasari pada pemahaman era Yunani kuno. Menurut pemahaman tersebut, musik dan suara bisa menjadi metode penyembuhan yang efektif, secara khusus pada orang-orang yang membutuhkan bantuan secara mental.

Dalam sejarah, telah terbukti bahwa musik berhasil meningkatkan moral para pasukan militer saat berperang serta mendukung seseorang untuk bekerja dengan lebih cepat dan produktif. Sementara, di masa kini, berbagai penelitian telah dilakukan untuk membuktikan bahwa musik mampu meningkatkan fungsi kekebalan tubuh, meningkatkan kesehatan bayi prematur, dan mengatasi stres.

Bernyanyi, sebagai bagian dari terapi musik, bekerja berdasarkan metode yang digunakan. Terapi umumnya dilakukan pada sesi khusus dengan terapis dengan mendengarkan musik melalui instrumen ataupun dari speaker. Pasien akan diajak untuk turut bernyanyi mengikuti irama musik selama sesi terapi tersebut.

Saat bernyanyi, Anda akan merasakan pengalaman yang menyenangkan dan positif. Ada rasa kepuasaan yang ditimbulkan setelah sukses bernyanyi. Hal ini mendukung proses pengobatan masalah mental yang diderita.

Selain itu, selain menyembuhkan kondisi mental, manfaat bernyanyi juga dapat dirasakan pada kondisi fisik. Ketika bernyanyi, tubuh akan menyesuaikan diri melalui gerakan bernapas yang lebih dalam dan membentuk pola baru saat mengikuti irama musik. Gerakan pernapasan yang berbeda akan mendukung aliran oksigen ke otak dengan lebih maksimal.

Penyakit yang bisa disembuhkan dengan bernyanyi

Selain mengobati kesehatan mental, bernyanyi juga bisa memberikan manfaat bagi kondisi medis tertentu. Secara khusus, bernyanyi bisa mengobati kondisi:

  • Demensia
  • Autisme atau kesulitan belajar
  • Kanker
  • Gangguan perilaku atau kejiwaan
  • Gangguan kecemasan
  • Depresi
  • Stres pasca trauma

Meski dipercaya bisa mengobati kondisi kesehatan mental, bernyanyi tidak bisa dijadikan sebagai satu-satunya upaya pengobatan. Aktivitas ini sebaiknya dikombinasikan juga dengan upaya pengobatan lain untuk memperoleh hasil yang lebih maksimal. Selain itu, tidak semua jenis penyakit mental bisa disembuhkan dengan bernyanyi.

Tidak hanya mengobati pasien dengan penyakit psikologis tertentu, bernyanyi juga bisa membantu Anda dalam menjalani aktivitas sehari-hari secara normal. Kegiatan ini mampu mendukung kinerja harian dan mengontrol pikiran saat beraktivitas.

Sebagai bagian dari terapi musik, manfaat bernyanyi pada aktivitas sehari-hari dapat berupa:

  • Mengurangi resiko stres
  • Meningkatkan kualitas tidur
  • Menurunkan kadar kolesterol
  • Menurunkan tekanan darah
  • Mengontrol kemampuan menahan rasa sakit
  • Mengurangi perubahan suasana hati yang drastis dan terus-menerus
  • Mengurangi resiko terkena penyakit stroke

Bernyanyi secara berkelompok

Menurut penelitian, secara khusus bernyanyi bisa memberikan dampak yang lebih signifikan apabila digabungkan dengan aktivitas yang melibatkan kegiatan sosial. Kombinasi dari bernyanyi dengan kegiatan sosial secara berkelompok akan memberikan rasa memiliki dan kesejahteraan yang berlangsung selama beberapa hari.

Selain itu, bernyanyi juga menjadi sarana bagi orang-orang dalam suatu kelompok sosial untuk saling berkomunikasi dan berbagi. Hal ini berguna bagi orang-orang yang memiliki kecemasan sosial dan kepercayaan diri yang rendah. Bernyanyi seorang diri tetap bisa memberikan manfaat dan mendukung aktivitas sehari-hari. Meski begitu, manfaat bernyanyi akan semakin terasa apabila kegiatan tersebut dilakukan secara bersama-sama dalam kelompok. Bernyanyi dengan orang-orang lain akan memberikan dukungan lebih untuk proses penyembuhan masalah kesehatan psikologis.

Tags: ,

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*