Ragam Obat Vertigo Manjur untuk Atasi Pusing Tujuh Keliling

Apakah Anda sering kali menderita vertigo? Tentu, rasanya sangat tidak nyaman sekali, bukan? Pusing tujuh keliling hingga kehilangan keseimbangan tubuh adalah keluhan yang paling sering dilaporkan oleh penderita vertigo. Cara mengatasi vertigo yang paling mudah adalah dengan mengonsumsi obat vertigo, baik itu obat resep dokter maupun obat vertigo alami.

Penyebab vertigo yang perlu diwaspadai

Sebelum membahas mengenai obat vertigo, mari simak terlebih dulu penyebab vertigo yang perlu Anda waspadai.

Kondisi tiap individu berbeda-beda, termasuk penyebab hingga keluhan vertigo yang dirasakan. Namun, pada umumnya vertigo disebabkan akibat masalah atau gangguan pada cara kerja bagian telinga dalam yang bertugas menjaga keseimbangan tubuh. Penyebab vertigo lainnya, yaitu adanya masalah pada bagian otak tertentu. Ada juga individu yang mengalami vertigo akibat melakukan gerakan kepala tertentu.  Lebih lengkap tentang penyebab vertigo, mari simak di bawah ini:

  • Labyrinthitis: infeksi bagian dalam telinga yang juga memengaruhi pendengaran dan keseimbangan tubuh.
  • Migrain atau sakit kepala.
  • Neuritis vestibular atau labirinitis: gangguan telinga bagian dalam karena infeksi virus di sekitar saraf yang bertugas mengontrol keseimbangan tubuh.
  • Benign Paroxysmal Positional Vertigo (BPPV): gangguan keseimbangan tubuh ketika posisi kepala berubah.
  • Penyakit Meniere: gangguan telinga dalam karena penumpukan cairan dan perubahan tekanan di bagian dalam telinga.

Obat vertigo alami yang patut dicoba

Dalam beberapa kasus vertigo, gangguan kesehatan ini dapat diatasi dengan mengonsumsi obat vertigo alami yang mudah ditemukan dan diracik sendiri di rumah.

  • Ginkgo biloba

Anda pernah mendengar tentang ginkgo biloba? Ginkgo biloba diyakini dapat menjadi obat vertigo alami yang efektif untuk melancarkan peredaran darah ke otak serta meredakan pusing dan sensasi berputar.

Hal ini dikuatkan dengan sebuah hasil penelitian yang diterbitkan dalam International Journal of Otolaryngology, yang menyebutkan bahwa ginkgo biloba memiliki efek yang setara dengan obat betahistine dalam meredakan gejala vertigo.

  • Teh jahe

Bukan rahasia lagi bahwa jahe diyakini oleh banyak orang dalam meredakan berbagai masalah kesehatan,  seperti mual, pusing, menetralkan asam lambung, hingga meredakan vertigo.

Teh jahe dapat menjadi pilihan obat vertigo alami Anda. Jahe bekerja dengan membantu melancarkan peredaran darah dalam tubuh, sehingga otak dan telinga bagian dalam dapat memperoleh asupan oksigen yang dibawa oleh aliran darah tadi.

Membuat ramuan teh jahe ini dapat dilakukan dengan menyeduh jahe yang telah diparut atau bubuk jahe yang telah disediakan sebelumnya dengan air hangat maupun teh. Ramuan jahe ini juga dapat Anda tambahkan dengan daun mint untuk meredakan rasa mual.

  • Daun selasih

Kandungan yang ada dalam daun selasih, antara lain antibakteri dan antiradang. Daun selasih diyakini oleh para ahli dapat berguna untuk meringankan gejala vertigo. Sebagai obat vertigo alami, daun selasih juga dapat bermanfaat dalam meredakan sensasi kepala berputar dan juga menjaga kesehatan pembuluh darah.

Obat vertigo kimia yang boleh dikonsumsi

Dokter akan merekomendasikan beberapa obat vertigo untuk mengatasi pusing dan sensasi berputar pada penderita vertigo. Beberapa contoh obat vertigo kimia yang diberikan, antara lain:

  • Meclizine: berupa obat tablet yang bermanfaat dalam mengobati gejala vertigo dan meredakan pusing, mual, dan muntah.

Oleh American Family Physician, meclizine dapat dikonsumsi setiap 4-8 jam, sesuai dengan dosis yang diresepkan dokter. Efek samping yang sejauh ini dilaporkan, yaitu menyebabkan rasa kantuk.

  • Benzodiazepine: serupa dengan meclizine, obat ini juga bermanfaat dalam meredakan gejala mual dan muntah. Efek samping yang ditimbulkan yaitu rasa kantuk. Cara kerja obat ini adalah dengan menekan respons vestibular pada saraf pusat. Obat yang termasuk dalam kelas benzodiazepine, yaitu diazepam dan lorazepam.

Dapatkan obat vertigo yang asli dan berizin resmi dan konsultasi personal dengan dokter dengan mudah dari rumah di SehatQ.com.

Tags:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*