Prosedur Root Canal di Nirmala Dental Clinic

Root canal di Nirmala Dental Clinic adalah sebuah prosedur yang melibatkan pengangkatan jaringan lunak di dalam gigi yang disebut pulpa. Pulpa terbuat dari saraf, jaringan penghubung, dan pembuluh darah yang membantu gigi untuk tumbuh. Dalam kebanyakan kasus, dokter gigi atau endodontist akan melakukan prosedur root canal dengan Anda mendapatkan bius lokal. Artikel ini akan membahas seputar tujuan dan prosedur root canal. 

Nirmala Dental Clinic | Daftar Online

Root canal di Nirmala Dental Clinic akan dilakukan ketika bagian dalam lunak gigi, yang dikenal dengan sebutan pula, cidera atau menjadi meradang atau terinfeksi. Crown gigi, bagian yang bisa Anda lihat di atas gusi, dapat tetap utuh meskipun pulpa mati. Mengangkat pulpa yang cidera atau terinfeksi merupakan cara terbaik dalam menjaga struktur gigi. Penyebab umum kerusakan pada pulpa di antaranya adalah kerusakan yang dalam akibat lubang pada gigi yang tidak diatasi, beberapa prosedur perawatan gigi yang dilakukan secara bersamaan, gigi yang retak, atau cidera pada gigi (Anda dapat melukai gigi Apabila Anda dipukul di bagian mulut; pulpa masih dapat rusak meskipun cedera tidak meretakkan gigi). Gejala yang paling sering dijumpai apabila pulpa Anda rusak adalah rasa nyeri pada gigi, pembengkakan dan sensasi panas pada gusi. Dokter gigi akan memeriksa gigi yang sakit dan mengambil sinar-X untuk mengonfirmasi diagnosis. Dokter gigi mungkin akan merujuk endodontist apabila Anda membutuhkan root canal. 

Prosedur root canal

Prosedur root canal dilakukan di kantor dokter seperti di Nirmala Dental Clinic. Adapun beberapa langkah dari prosedur ini di antaranya adalah:

  • Obat bius

Dokter gigi akan menempatkan obat penghilang rasa sakit/nyeri dalam jumlah kecil ke gusi disekitar gigi yang terdampak. Setelah obat tersebut memberikan efeknya, obat bius lokal akan disuntikkan ke gusi. Anda mungkin akan merasa adanya rasa tusukan benda tajam atau sensasi terbakar, namun berangsur-angsur rasa sakit tersebut akan hilang, Anda akan tetap terjaga pada saat prosedur ini berlangsung, namun obat bius akan membuat Anda tidak merasakan sakit apapun. 

  • Pengambilan pulpa

Setelah gigi Anda mati rasa, endodontist akan membuat bukaan kecil di atas gigi. Setelah pulpa yang rusak dan terinfeksi terpapar, endodontist perlahan mengambilnya dengan alat khusus yang disebut “files”. Mereka khususnya akan berhati-hati membersihkan saluran akar gigi.

  • Antibiotik

Setelah pulpa berhasil dibersihkan, dokter gigi dapat melapisi daerah tersebut menggunakan antibiotik topikal guna memastikan infeksi benar-benar hilang dan mencegah infeksi datang kembali. Setelah saluran akar gigi dibersihkan dan diberi antibiotik, dokter gigi akan mengisi dan menutup gigi menggunakan “sealer paste” dan bahan yang mirip karet yang disebut “gutta-percha”. Dokter juga akan meresepkan antibiotik oral. 

  • Filling sementara

Dokter akan mengakhiri prosedur dengan mengisi bukaan kecil di atas gigi dengan bahan yang lunak. “Sealant” ini akan membantu mencegah saluran akar gigi rusak akibat air liur. 

Setelah prosedur root canal di Nirmala Dental Clinic dilakukan, gigi dan gusi mungkin akan terasa nyeri setelah obat bius mulai pudar. Gusi juga dapat membengkak. Kebanyakan dokter gigi akan meminta Anda untuk merawat gejala tersebut menggunakan obat nyeri over-the-counter (OTC) seperti acetaminophen dan ibuprofen. Hubungi dokter gigi Anda apabila rasa nyeri tersebut berubah menjadi ekstrim atau bertahan selama lebih dari beberapa hari. Anda sudah dapat melakukan aktivitas sehari-hari setelah prosedur. Hindari mengunyah pada gigi yang rusak hingga crown diletakkan di atas gigi atau diisi secara permanen.

Tags:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*