Obat Nyeri Gigi untuk Atasi Gigi Berlubang di Apotek

Gigi yang berlubang seringkali membuat tidak nyaman. Bukan hanya menimbulkan nyeri, namun makanan yang kita makan pun bisa tersangkut dan menimbulkan bakteri. Apabila nyeri pada gigi membuat aktivitas terganggu, pertolongan pertama untuk meredakannya adalah dengan mengonsumsi obat nyeri gigi.

Beberapa merk obat nyeri gigi bisa kamu dapatkan di apotek terdekat tanpa harus menggunakan resep dokter. Dengan mengonsumsi obat ini, setidaknya kamu masih bisa beraktivitas dengan normal.

Berikut ini daftar obat nyeri gigi yang disebabkan karena gigi berlubang yang bisa dibeli secara mandiri di apotek terdekat. 

Ibuprofen

Obat Ibuprofen termasuk dalam golongan anti-inflamasi non steroid (AINS) yang mampu menghambat produksi prostaglandin penyebab rasa nyeri gigi karena gigi berlubang. 

Kamu bisa membeli obat ini secara langsung di apotek tanpa memerlukan resep dokter. Namun, dalam pemakaiannya harus mengikuti anjuran dosis sebagai berikut ini:

  • Anak usia di atas 6 bulan: 10 mg//kgBB setiap 6-8 jam sekali atau 40 mg/kgBB per hari. Khusus anak-anak, penggunaan obat Ibuprofen harus sesuai dengan petunjuk dokter. 
  • Dewasa dan remaja di atas 14 tahun: 20-400 mg setiap 4-6 jam sekali dengan batas dosis maksimal 3200 mg per hari.

Penggunaan obat Ibuprofen dalam jangka panjang bisa menyebabkan efek samping, seperti asam lambung hingga kerusakan hati. 

Paracetamol

Selain efektif meredakan demam, paracetamol juga memiliki khasiat untuk menghambat produksi prostaglandin yang menyebabkan rasa nyeri pada gigi.

Paracetamol bisa aman digunakan untuk mengatasi nyeri gigi karena gigi berlubang pada anak-anak, ibu hamil, dan menyusui. 

Berikut ini dosis paracetamol untuk mengatasi sakit pada gigi, mulai dari anak-anak dan orang dewasa:

  • Anak-anak usia lebih dari 6 bulan-12 tahun: 10-15 mg setiap 4-6 jam sesuai kebutuhan. Dosis maksimal adalah 75 mg/hari.
  • Anak usia 12 tahun ke atas: 325-650 mg setiap 4-6 jam sekali.
  • Dewasa: 1.000 mg setiap 6-8 jam.

Agar penggunaannya aman, hindari mengonsumsi obat paracetamol dengan dosis yang berlebihan. Dosis yang berlebihan bisa menyebabkan kerusakan hati.

Burung Kakak Tua

Burung Kakak Tua merupakan obat pereda nyeri gigi yang berbentuk larutan. Obat ini bisa meredakan rasa nyeri karena gigi berlubang dan gusi yang bengkak. 

Larutan Burung Kakak Tua memiliki kandungan minyak cengkeh dan juga minyak atsiri yang bersifat anti bakteri dan juga anti jamur. Hal ini cukup efektif untuk mengatasi bakteri atau jamur pada gigi penyebab nyeri. 

Selain itu, ada juga kandungan kreosot yang merupakan zat alami yang bekerja sebagai antiseptik untuk menghilangkan kuman penyebab rasa nyeri. 

Untuk penggunaannya, kamu bisa menuangkan larutan Burung Kakak Tua ke dalam kapas, dan tempelkan pada gigi atau gusi yang terasa nyeri. 

Pastikan kamu menggunakan obat ini sesuai dengan kebutuhan, ya. Penggunaan yang berlebihan bisa menyebabkan sariawan hingga gusi terbakar. 

Naproxen

Naproxen termasuk ke dalam golongan anti-inflamasi non steroid (AINS) yang bekerja dengan menghambat produksi prostaglandin penyebab nyeri. 

Obat ini efektif meredakan nyeri yang disebabkan karena gigi berlubang dan bisa dikonsumsi untuk anak-anak dan juga dewasa. Berikut ini anjuran dosis yang harus diikuti untuk konsumsi naproxen.

  • Anak usia lebih dari 2 tahun: 2,5-10 mg/kgBB setiap 8-12 jam dengan dosis maksimal 10 mg/kgBB per hari.
  • Dewasa: 550 mg setiap 12 jam sekali.

Hindari penggunaan naproxen untuk ibu hamil. Sebaiknya konsumsi sesuai dengan dosis, jika berlebihan bisa meningkatkan risiko serangan jantung dan stroke. 

Dentasol

Dentasol merupakan obat sakit gigi yang efektif mengatasi berbagai keluhan seperti nyeri gigi karena gigi berlubang, radang gusi, sariawan, dan lain sebagainya. 

Obat ini berbentuk cair yang bisa digunakan dengan menuangkan cairan pada kapas dan menempelkan pada gigi yang sakit. Agar hasil maksimal, lakukan setiap 3-4 kali sehari. 

Hindari penggunaan yang berlebihan karena bisa menyebabkan ruam, gatal, hingga rasa seperti terbakar. 

Itu dia beberapa rekomendasi obat nyeri gigi yang bisa kamu beli di apotek. Jika rasa nyeri tetap terjadi, sebaiknya segera menemui dokter dan tambal gigi yang berlubang. 

Tags:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*