Mulai Dilupakan, Begini Cara Menghormati Orang tua dengan Benar

cara menghormati orang tua

Menghormati orang tua adalah keterampilan hidup mendasar yang sangat penting. Kesopanan dan tata krama berasal dari bagaimana seseorang bisa memperlakukan mereka yang lebih tua. Sayangnya seiring perkembangan zaman hal penting ini mulai dilupakan.

Padahal jika dilihat lagi, orang tua mengorbankan segala hal demi kehidupan anak-anaknya. Selain itu cara menghormati orang tua cukup mudah dilakukan. 

Mengapa orang tua harus dihormati?

Orang tua dan mereka yang lebih tua memiliki lebih banyak pengalaman hidup dan pengetahuan yang bisa dibagikan kepada kita. Orang usia lanjut adalah sumber kebijaksanaan, mereka tahu cara bertahan dalam perubahan dan menangani kesulitan hidup. 

Walaupun tidak selalu demikian, menghormati orang yang lebih tua merupakan gambaran bagaimana seseorang bisa memperlakukan orang lain dengan baik dan penuh sopan santun.  

Cara menghormati orang tua

Orang tua sangat senang apabila anak-anaknya menghabiskan waktu berkualitas bersama mereka dengan saling berbagi cerita. Berikut ini cara menghormati orang tua yang bisa dilakukan dengan mudah:

  1. Bersikap santun

Sopan santun dan rasa hormat haruslah menjadi etiket sehari-hari. Ada banyak cara sederhana dalam menunjukkan sopan santun ke orang tua. Dengarkanlah mereka ketika sedang berbicara, dan jangan menyela saat mereka sedang berbicara. 

Hal lainnya mungkin berbeda sesuai tradisi. Misalnya, berjalan agak membungkuk di hadapan orang yang lebih tua, atau makan setelah orang tua menyuap makanan pertama mereka.

  1. Meminta nasihat

Setiap orang memiliki pengalaman hidup yang berbeda. Meski hidup di zaman yang tidak sama, orang tua memiliki pengalaman dan pelajaran seumur hidup. Nasihat yang mereka miliki akan sangat berharga untuk Anda menghadapi kehidupan di masa mendatang.

  1. Mendiskusikan sejarah dan tradisi keluarga

Duduk bersama dan menceritakan mengenai sejarah keluarga akan sangat menyenangkan. Anda bisa meminta orang tua Anda bercerita mengenai pertemuan mereka, atau peristiwa berkesan lainnya. 

Melakukan hal-hal seperti itu bisa menyatukan anggota keluarga dan memperkuat ikatan antargenerasi. Penelitian juga menemukan bahwa anak yang memiliki lebih banyak pengetahuan tentang sejarah keluarganya cenderung menunjukkan ketahanan emosional yang lebih besar.

  1. Makan bersama

Jika Anda seorang pekerja, Anda mungkin merasa sudah mulai jarang makan bersama orang tua. Duduk bersama sambil menyantap makanan bisa memperkuat ikatan batin antar anggota keluarga. Cara itu juga bisa menunjukkan bahwa Anda menghargai mereka. 

  1. Ungkapkan rasa hormat

Rasa hormat bisa diperlihatkan melalui tindakan, namun penting untuk memberi tahu mereka betapa Anda menghargai dan menghormati mereka. Memberikan pujian, misalnya, akan membuat suasana hati mereka menjadi lebih positif. 

  1. Terima keterbatasan fisik dan kognitif mereka

Semakin bertambahnya usia, kemampuan fisik dan kognitif seseorang akan semakin melemah. Orang tua yang dulu terlihat kuat kini berubah menjadi renta dan tak berdaya. Jika Anda bisa toleran dengan kemampuan orang lain, Anda juga harus menerima keterbatasan yang dimiliki orang tua. 

Jika berjalan dengan orang tua, berjalanlah dengan kecepatan mereka, bukan menyuruh mereka berlari. Jika mereka tidak mendengar saat Anda berbicara, bicaralah dengan suara lebih keras dan jelas tanpa mencaci mereka. 

  1. Jangan coba mengubah mereka

Siapapun pernah berdebat jika mengalami perbedaan pendapat, begitu juga dengan orang tua. 

Perbedaan generasi dan pengalaman hidup membuat orang tua lebih tau segalanya. Tapi Anda mungkin merasa bahwa zaman berubah sehingga pengalaman yang mereka lalui kurang relevan. Namun bagaimana Anda tahu bahwa Anda benar dan mereka salah? Dalam hal itu konsep “lebih baik” atau “lebih buruk” sangat relatif dan bisa berbahaya. 

Mereka memiliki kebiasaan dan selera sendiri. Daripada berusaha mengubahnya, akan lebih baik untuk menerimanya agar segalanya berjalan lebih baik. 

Catatan

Beberapa orang lanjut usia bisa sangat keras kepala dan bersikap sangat menjengkelkan. Tapi jangan jadikan alasan tersebut untuk tidak hormat kepada mereka. Bagi mereka yang jauh, cara menghormati orang tua juga bisa dilakukan dengan rutin menelpon dan menanyakan kabarnya. 

Referensi:

Exploring Your Mind. https://exploringyourmind.com/5-respect-elderly-people/ Diakses pada 03 Februari 2021.

Bayview Healthcare. https://www.bayviewhealthcare.org/9-ways-honor-respect-elders/ Diakses pada 03 Februari 2021.

Tags: ,

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*