Mengenal Beragam Komponen Darah

komponen darah

Darah adalah salah satu komponen terpenting dalam tubuh manusia. Fungsi utamanya adalah untuk menyelurkan oksigen ke seluruh jaringan tubuh dan mengeluarkan zat berbahaya. Warna darah yang merah, seringkali digeneralisir sebagai sel darah merah saja. Padahal, ada empat komponen darah yang berbeda. Komponen tersebut tentunya memiliki masing-masing fungsi yang berbeda.

Sel darah merah

Sel darah merah atau eritrosit merupakan komponen sel yang paling banyak ditemukan dalam darah. Sel darah ini memiliki komponen hemoglobin yang memberikan warna khas merah pada darah. Selain memberikan warna, fungsi utama hemoglobin adalah mengantarkan oksigen ke seluruh tubuh dan membawa karbondioksida keluar dari tubuh. Seseorang yang kekurangan sel darah merah akan mengalami kondisi anemia.

Sel darah merah

Leukosit atau biasa disebut sel darah putih berperan memberikan kekebalan bagi tubuh. Jika seseorang mengalami infeksi, sel darah putih akan menyerang untuk membunuh kuman tersebut. Masa hidupnya hanya berlangsung singkat selama 24 jam. Jumlah sel darah putih pun tidak sebanyak sel darah merah. Kenaikkan jumlah sel darah putih menandakan adanya suatu infeksi dalam tubuh. Sel darah putih terdiri atas lima jenis, yaitu basophil, eosinofil, neutrofil, limfosit, dan monosit.

Platelet

Komponen darah platelet atau keping darah berperan penting untuk proses pembekuan darah. Pada saat terjadi luka atau pendarahan dalam organ tubuh, maka platelet akan menutup luka tersebut dengan membentuk suatu gumpalan dan menghentikan pendarahan. Kekurangan jumlah komponen darah ini akan menyebabkan mudah terjadinya pendarahan.

Begitu pun sebaliknya, jika jumlah platelet yang terlalu banyak menyebabkan terbentuknya gumpalan darah yang sewaktu-waktu dapat menyumbat pembuluh darah, seperti di otak yang menyebabkan stroke, dan di jantung yang menjadi serangan jantung.

Plasma darah

Berbeda dari ketiga komponen di atas, plasma darah merupakan komponen darah yang berbentuk cair. Plasma darah membuat komponen darah lainnya dapat mengalir ke seluruh tubuh. Cairan plasma berwarna kekuningan dan dapat bertahan hingga satu tahun dalam keadaan beku.

Di dalam plasma darah juga terdapat protein-protein yang membentuk mempertahankan kontrol volume dan tekanan darah, serta faktor pembekuan yang bekerja Bersama platelet untuk menghentikan perdarahan. Selain itu, terdapat juga komponen yang memberikan kekebalan tubuh.

Tags:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*