Mengatasi Jamur Vagina dengan Thecort Krim 5 g

Mengatasi Jamur Vagina dengan Thecort Krim 5 g

Kondisi vagina memungkinkannya memiliki beragam risiko untuk terserang masalah kesehatan. Salah satu yang paling umum dan sering terjadi adalah jamur. Jamur vagina terjadi karena faktor kelembapan. Ada banyak sekali gejala dan keluhan yang dirasa ketika kondisi ini menyerang. Mengatasinya bisa memanfaatkan krim khusus. Thecort hanya salah satu merek dagang dari krim yang dimaksud.

Infeksi jamur vagina dikenal dengan sebutan kandidiasis vaginalis, yaitu jenis kandidiasis yang terjadi pada organ intim wanita. Diperkirakan 3 dari 4 wanita pernah mengalami infeksi jamur vagina. Infeksi jamur vagina dapat menimbulkan rasa tidak nyaman, gatal, dan perih di vagina. Meski tidak berbahaya, kondisi ini bisa semakin parah jika tidak diobati dengan benar.

Penyebab utama infeksi jamur vagina adalah jamur Candida albicans. Pada kondisi normal, jamur ini memang hidup di vagina dan berbagai tempat di dalam tubuh, tanpa menyebabkan gangguan kesehatan.

Namun, pada kondisi tertentu, jamur ini bisa berkembang dan tumbuh dengan subur. Ketika jamur Candida tumbuh terlalu banyak, jamur tersebut dapat menyebabkan infeksi pada vagina dan menimbulkan gejala infeksi jamur vagina.

Untuk mengatasi kondisi ini, penderitanya wajib berkonsultasi dan memeriksakan dirinya ke dokter spesialis kulit dan kelamin. Dalam menentukan diagnosis infeksi jamur vagina, dokter akan melakukan pemeriksaan fisik, termasuk pemeriksaan panggul, dan pemeriksaan penunjang, seperti tes darah, tes urine, serta analisis cairan vagina.

Setelah itu, dokter dapat memberikan pengobatan sesuai dengan tingkat keparahan gejala infeksi jamur vagina yang Anda alami, serta sudah berapa lama Anda mengalaminya. Namun, satu prosedur yang paling sering dilakukan adalah pemberian obat antijamur oles berbentuk krim atau salep. 

Memang terdapat banyak sekali varian produk obat oles untuk mengatasi jamur yang tumbuh di vagina. Produk-produk itu mengandung zat aktif yang dapat menghambat dan menghancurkan pertumbuhan jamur. Salah satu zat aktif yang diyakini paling efektif dalam menjalankan tugas tersebut adalah miconazole.

Dalam Thecort, selain mengandung miconazole nitrate, produk keluaran Guardian Pharmatama ini juga mengandung hidrokortison. Miconazole di dalam Thecort bekerja mengobati infeksi jamur dengan menyebabkan lubang di membran sel jamur. Hal ini memungkinkan senyawa penting dari sel jamur bocor dan akhirnya membunuh jamur. 

Sementara Hydrocortisone atau hidrokortison bekerja mengurangi peradangan dengan menghentikan sel kulit memproduksi zat inflamasi, Dengan berhentinya pelepasan prostaglandin di kulit, hydrocortisone dapat mengurangi peradangan, kemerahan, dan gatal.

Thecort termasuk ke dalam golongan obat keras. Seseorang harus memiliki resep dokter untuk menebus obat ini. Penggunaannya pun harus sesuai dengan petunjuk yang diberikan dokter, apoteker, atau sesuai dengan instruksi yang tertera di kemasan produk. Penggunaan yang tidak tepat memungkinkan seseorang mengalami risiko kesehatan hasil efek samping obat.

Akan tetapi, proses pengobatan jamur vagina dengan obat antijamur, termasuk Thecort, butuh waktu berminggu-minggu atau berbulan-bulan, meski gejala yang dialami pasien sudah membaik. Hal ini bertujuan untuk memastikan bahwa jamur penyebab infeksi di vagina Anda sudah benar-benar hilang. Namun, tetap ikuti saran dari dokter.

Selain itu, seseorang juga harus selalu menjaga kondisi daerah kewanitaannya untuk memastikan proses pengobatan berjalan dengan lancar. Lagi pula, kebiasaan ini membuat seorang wanita bisa terhindar dari infeksi jamur.

Sambil mengoleskan Thecort pada bagian-bagian tertentu yang terserang jamur vagina, penderita bisa mengganti preferensi celana dalam mereka. Misalnya, kenakan pakaian dalam yang dapat menyerap keringat dengan baik seperti katun. Penting juga untuk tidak menggunakan celana dalam yang terlampau ketat. Kemudian, memastikan kebersihan daerah intim adalah jalan terbaik untuk menghindari segala macam risiko infeksi.

Tags: , ,

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*