Membaca Buku Self Improvement, Apa Manfaatnya?

Banyak orang mencoba mengembangkan kemampuan diri mereka dengan membaca buku self improvement. Akan tetapi, masih banyak yang belum memahami apa sebenarnya manfaat yang didapat dari membaca buku tersebut. 

Self improvement adalah upaya untuk mengembangkan kapasitas diri, baik itu untuk mendapatkan jabatan atau status yang lebih tinggi, menempuh jenjang pendidikan lanjutan, mengembangkan karakter, dan lain sebagainya. 

Ada banyak upaya untuk bisa melakukan self improvement. Salah satunya adalah dengan membaca buku yang ditulis oleh para ahli dalam bidang pengembangan diri. 

Keuntungan membaca buku self improvement

Selain membantu untuk mengembangkan diri, buku self improvement juga bisa memberikan Anda beberapa manfaat lain, yaitu: 

  • Memandang dunia dengan lebih positif

Setiap orang pasti pernah berhadapan dengan berbagai macam masalah atau konflik dalam hidup. Masalah-masalah tersebut mungkin membuat Anda menjadi lebih negatif atau pesimis dalam menghadap dunia. 

Akan tetapi, pandangan ini bisa diubah ketika Anda rutin membaca buku pengembangan diri. Dalam buku pengembangan diri, Anda akan melihat banyak kisah-kisah inspiratif dari orang lain. 

Secara tidak langsung, ini akan membuka pikiran Anda, sehingga Anda bisa memandang dunia dengan lebih positif. 

  • Berani menantang diri sendiri

Setelah pikiran Anda menjadi lebih terbuka dan menjadi lebih positif, Anda mulai memiliki keinginan untuk berkembang. Anda pun akan menyadari bahwa untuk bisa berkembang, Anda harus berani untuk menantang diri sendiri.

Upaya untuk menantang diri bisa Anda mulai dengan menentukan proyek kecil bagi diri sendiri. Anda akan merencanakan visi baru untuk menyusun rencana tindakan yang ingin Anda lakukan untuk bisa berkembang. 

Proyek yang Anda buat tidak harus berhubungan dengan pekerjaan Anda. Semua proyek ini bersifat personal, tujuannya untuk bisa mengembangkan diri sendiri. Jadi, bisa saja ini melibatkan proyek kecil Anda dalam keluarga, misalnya merencanakan untuk meluangkan waktu lebih banyak pada anak. 

  • Tahu cara membuat pilihan yang baik

Pernahkah Anda dihadapkan dengan pilihan yang sulit? Ketika hal itu terjadi, Anda mungkin dilanda oleh dilema karena tidak tahu pilihan mana yang paling tepat. 

Dengan membaca buku self improvement, Anda bisa belajar untuk menentukan pilihan yang paling baik. Buku-buku ini biasanya mencantumkan informasi mengenai cara untuk menentukan pilihan. Anda tidak hanya akan belajar secara teori, tetapi juga bisa menerapkannya dalam praktek kehidupan sehari-hari.

Ketika Anda berhasil menentukan pilihan dengan baik, rasa penyesalan dan pikiran negatif terhadap keputusan akan berkurang. Hal ini juga akan berdampak pada pengembangan diri yang lebih positif. 

  • Lebih kuat secara mental

Secara tidak langsung, buku pengembangan diri juga akan melatih Anda untuk menjadi lebih kuat secara mental. Anda mulai berani untuk mencoba lebih banyak hal dan menantang diri sendiri keluar dari zona nyaman.

Ketika Anda berani mencoba hal-hal baru, mental Anda akan terlatih. Anda mencari tahu apa keterbatasan Anda dan berusaha untuk bisa melebihi keterbatasan tersebut. 

Saat mental Anda menjadi lebih kuat, Anda akan lebih bisa mengembangkan diri untuk melakukan hal-hal yang selama ini tidak bisa Anda lakukan. Ini juga menjadi cara yang baik untuk mengembangkan diri Anda. Itulah beberapa keuntungan yang bisa Anda dapatkan dari membaca buku self improvement. Anda bisa memilih buku pengembangan diri dengan tema apapun yang paling sesuai dengan kondisi Anda saat ini.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*