Manfaat Minyak Eucalyptus untuk Mencegah Virus

Minyak eucalyptus merupakan salah satu jenis minyak alami yang bisa memberikan manfaat untuk kesehatan, mulai dari meredakan gangguan di saluran pernapasan, melawan virus, hingga untuk meredakan nyeri sendi. Minyak eucalyptus tersedia dalam berbagai bentuk dan mudah ditemukan di pasaran denga harga yang terjangkau. Saat ini sudah ada banyak penelitian yang mengamini manfaat minyak eucalyptus. Namun ada juga manfaat yang sifatnya masih tradisional. Artinya, manfaat tersebut sudah pernah dirasakan, tapi belum ada penelitian ilmiah yang memastikan mekanisme dan keamanan penggunaan minyak tersebut untuk mengobat suatu penyakit.

Apakah minyak eucalyptus efektis untuk mencegah virus?

Tidak sulit untuk mendapatkan manfaat minyak eucalyptus bagi kesehatan. Minyak ini, sekarang sudah tersedia dalam berbagai bentuk, seperti bentuk roll on atau bahkan inhaler sekaligus.Salah satu mafaat minyak eucalyptus yang saat ini sedang ramai diperbincangkan adalah soal kemampuannya untuk menghalau virus. 

Menurut penelitian, minyak eucalyptus memang terbukti efektif untuk meredakan virus penyebab flu.Manfaat ini bisa didapatkan, karena saat Anda menghirup minyak eucalyptus, rambut-rambut halus yang ada di saluran pernapasan atau silia, akan bergerak lebih cepat.

Dengan begitu, virus-virus berbahaya yang masuk ke dalamnya, bisa dikeluarkan dan segera hilang. Selain virus flu, penggunaan minyak eucalyptus rupanya juga bermanfaat untuk melawan virus herpes, terutama HSV tipe 1. HSV tipe 1 adalah virus penyebab munculnya luka herpes di area rongga mulut. Selain untuk mencegah virus, minyak eucalyptus juga dapat memberikan beragam manfaat lain untuk kesehatan seperti:

  1. Meningkatkan sistem imun

Minyak eucalyptus dipercaya dapat menstimulasi sistem imun agar bisa bekerja lebih efektif, ketika ada virus, bakteri, maupun pathogen lain penyebab penyakit, masuk ke tubuh. Fakta ini didapatkan setelah penelitian yang dilakukan pada hewan uji, menunjukkan hasil yang positif.

  • Melegekan pernapasan

Saat menghirup minyak eucalyptus juga bisa membantu melegakan pernapasan. Tidak hanya bisa mengurangi produksi lender di saluran pernapasan, minyak ini juga akan membantu mengencerkannya. Hasilnya, lendir akan lebih mudah keluar dan pernapasan yang tadinya tersumbat pun, bisa menjadi lega.

  • Meredakan batuk

Mengoleskan minyak eucalyptus di dada dapat membantu meredakan batuk yang sedang dialami.Selain meredakan batuk, sensasi hangat yang muncul juga akan membuat Anda merasa lebih nyaman untuk istirahat, sehingga proses penyembuhan bisa berlangsung dengan lebih baik.

  • Meredakan infeksi dari bakteri

Infeksi bakteri yang menyerang pernapasan, seperti sinusitis, dipercaya bisa reda dengan pemberian minyak eucalyptus. Sebuah penelitian sudah membuktikan klaim tersebut.Bahkan, minyak ini juga disebut efektif untuk menghilangkan bakteri Streptococcus dan H. influenzae, yang kerap menyebabkan berbagai gangguan pernapasan.Selain yang ada di pernapasan, bakteri pada rongga mulut juga bisa hilang dengan minyak eucalyptus. Itulah alasannya minyak ini sering dimasukkan sebagai campuran produk perawatan gigi.

  • Mengurangi nyeri sendi

Mengoleskan minyak ke eucalyptus ke sendi yang dirasa nyeri juga akan membantu meredakan kondisi tersebut. Sensasi hangat yang menjalar di sendi dapat membantu Anda merasa lebih nyaman.

Sejauh ini, minyak eucalyptus dianggap aman untuk digunakan selama Anda mengikuti aturan pakai yang tertera di kemasan dengan baik. Meski begitu, sebelum menggunakan minyak ini pastikan Anda tidak memiliki alergi terhadap eucalyptus.

Tags:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*