Laser Vagina Apakah Bisa Atasi Kanker Vagina?

Laser Vagina Apakah Bisa Atasi Kanker Vagina?

Kanker vagina adalah jenis kanker langka yang berawal di vagina. Menurut Institut Kanker Nasional, kanker vagina menyumbang sekitar 1 persen dari kanker alat kelamin wanita. Ada beberapa jenis kanker vagina, yaitu sel skuamosa, jenis kanker yang berawal di lapisan vagina dan berkembang dengan perlahan serta bertanggung jawab atas 75 persen kanker vagina; adenocarcinoma, yang berkembang di sel kelenjar vagina dan umum dijumpai pada wanita usia 50 tahun ke atas; melanoma, jenis kanker kulit yang berawal pada sel-sel yang memberi warna kulit; dan sarcoma, jenis kanker yang berawal di dinding vagina. Kanker vagina merupakan sebuah kondisi yang serius. Diagnosa dan perawatan dini seperti radiotherapy atau laser vagina  dapat memperbesar kemungkinan untuk sembuh. 

Perawatan

Dalam operasi laser vagina, cahaya berenergi tinggi digunakan untuk menguapkan jaringan tidak normal. Perawatan jenis ini dapat bekerja dengan baik pada kasus pra-kanker vagina (vaginal intraepithelial neoplasia) dan bahkan dapat digunakan untuk lesi (daerah sel tidak normal) yang besar. Laser vagina juga dapat dilakukan berulang kali, apabila dibutuhkan, dan jarang menyebabkan masalah kesehatan atau efek samping. Namun, operasi laser vagina bukanlah tindakan perawatan untuk kanker invasif. Agar Anda bisa mendapatkan pilihan operasi laser vagina, dokter harus tahu pasti bahwa lesi yang paling buruk telah diperiksa dan dipastikan bukanlah kanker yang invasif. 

Apabila kanker berada pada stadium 1 dan berada pada sepertiga atas vagina, Anda bisa mendapatkan operasi untuk mengangkat tumor dan sebagian kecil jaringan sehat di sekitarnya. Biasanya, tindakan bedah ini diikuti dengan radiotherapy, perawatan yang paling sering digunakan pada kanker vagina semua stadium. Namun, hanya ada sedikit bukti manfaat chemotherapy untuk kanker vagina. 

Apabila Anda telah mendapatkan radiotherapy pada vagina, dokter akan merekomendasikan operasi. Ini karena setiap bagian tubuh hanya bisa mendapatkan radiasi dalam jumlah yang tertentu. Tergantung ukuran, lokasi, dan massa tumor, dokter dapat mengangkat hanya bagian tumor dan bagian kecil jaringan sehat di sekitarnya, sebagian atau semua vagina, dan kebanyakan organ reproduksi dan panggul. Di sisi lain, kanker stadium 4B biasanya tidak dapat diobati, namun perawatan dapat mengatasi gejala yang ditimbulkan. Dalam kasus ini, dokter dapat merekomendasikan radiotherapy atau chemotherapy. 

Gejala dan tahap perkembangan kanker

Gejala umum kanker vagina adalah pendarahan yang tidak normal dari vagina. Pendarahan tersebut dapat terjadi setelah menopause, setelah atau saat melakukan hubungan seksual, dan berdarah di antara masa menstruasi. Gejala lain di antaranya adalah keluarnya cairan vagina yang tidak normal, sering buang air kecil dan terasa sakit saat melakukannya, rasa sakit pada panggul (terutama pada saat melakukan hubungan seksual), dan fistula (pada kanker stadium akhir). Dalam beberapa kasus, kanker vagina tidak menyebabkan gejala apapun dan mungkin akan diketahui saat Anda melakukan pemeriksaan panggul rutin. 

Stadium kanker vagina akan memberitahu seberapa jauh kanker telah menyebar. Vaginal intraepithelial neoplasia atau VAIN adalah jenis prakanker, di mana ada sel-sel tidak normal di lapisan vagina namun tidak tumbuh atau menyebar. Laser vagina dapat digunakan untuk perawatan kondisi ini. Pada stadium 1, kanker hanya ada pada dinding vagina. Stadium 2, kanker telah menyebar ke jaringan di dekat vagina namun belum menyebar ke dinding panggul. Pada stadium 3, kanker telah menyebar lebih jauh ke panggul dan dinding panggul. Pada stadium 4, kanker telah menyebar ke kandung kemih, paru-paru, dan hati.

Tags: ,

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*