Kondom Andalan dan Macam-macam Jenis Kontrasepsi

Banyak anak banyak rezeki kurang berelasi dengan zaman sekarang. Bagaimanapun, jumlah anak yang banyak tanpa perencanaan hanya akan membuat Anda pusing mengenai bagaimana cara membesarkanya. Dananya pun tidak sedikit!

Karena itulah, membuat perencanaan kehamilan sangatlah penting. Jika memang tidak berniat untuk menambah momongan, lebih baik Anda menggunakan kontrasepsi. Salah satu kontrasepsi yang mudah diterapkan adalah kondom Andalan. Ini merupakan alat kontrasepsi untuk laki-laki yang yang sudah memenuhi standar mutu internasional tertinggi. 

Sebenarnya, masih banyak pilihan lain terkait alat kontrasepsi yang dapat Anda gunakan untuk mencegah kehamilan ataupun menghindarkan diri dari penyakit menular seksual. Berikut ini adalah beberapa pilihannya bagi Anda. 

Pil Kontrasepsi 

Ini tablet kecil yang diminum sekali sehari. Pil kontrasepsi adalah metode kontrasepsi yang paling sering digunakan oleh perempuan di dunia. Alat kontrasepsi ini mengandung estrogen dan progestin yang mampu mengatur tingkat kesuburan Anda. Pil kontrasepsi akan sangat efektif mencegah kesuburan selama Anda menggunakannya dengan teratur dan tidak terlewat. Pil ini bahkan juga sangat berguna mengurangi masalah jerawat pada wanita sekaligus mempercepat periode menstruasi. Yang tidak kalah penting, penggunaan alat kontrasepsi ini tidak akan mengganggu hubungan seksual Anda bersama pasangan. 

Suntikan Kontrasepsi 

Suntikan kontrasepsi mengandung versi sintetis dari hormon progesteron. Biasanya, alat kontrasepsi ini Ini diinjeksi ke pantat atau lengan atas wanita untuk peningkatan hormon progesteron. Anda harus melakukan suntikan secara rutin tiap 12 minggu sekali jika memilih model kontrasepsi berupa suntikan. Hanya saja, sering ada keluhan di mana menggunakan suntikan kontrasepsi mengalami menstruasi yang tidak teratur bahkan memicu pendarahan. 

Kondom 

Kondom seperti kondom Andalan adalah satu-satunya model kontrasepsi yang bisa mencegah kehamilan sekaligus melindungi penularan penyakit menular seksual. Ada dua jenis kondom, yaitu kondom untuk pria yang digulung ke penis serta kondom untuk wanita yang ditempatkan dalam vagina ketika hendak berhubungan seksual. Kondom Andalan sendiri merupakan jenis kondom pria berbahan lateks yang sangat tipis sehingga tidak mengganggu kenyamanan Anda ketika melakukan aktivitas seksual. 

Cincin Kontrasepsi 

Cincin kontrasepsi merupakan plastik fleksibel berbentuk lingkaran yang ditempatkan di vagina dan dapat terus-menerus melepaskan hormon estrogen dan progesteron. Sekali memasang cincin kontrasepsi, Anda bisa tidak perlu melepaskannya sampai 3 minggu. Anda baru boleh menggunakannya lagi setelah rehat seminggu. Kandungan hormon sintetis pada cincin kontrasepsi sebenarnya sama yang digunakan dalam pil kontrasepsi, tetapi dengan dosis yang lebih rendah. Ini merupakan metode kontrasepsi yang dinilai minim efek samping. Metode ini juga memungkinkan Anda lebih mudah mengontrol menstruasi dan memungkinkan kesuburan Anda kembali dengan cepat ketika cincin dilepas.

Intrauterine Device (IUD) 

IUD merupakan perangkat kecil berbentuk T yang terbuat dari bahan yang mengandung hormon progesteron. IUD yang terbuat dari plastik dan tembaga ini nantinya dipasang di dalam rahim wanita guna bisa memberikan kontrasepsi jangka panjang hingga 10 tahun. Metode IUD hingga kini dianggap sebagai salah kontrasepsi yang paling wahid dan jarang kebobolan. Namun, penggunanya lebih rentan terkena efek samping pendarahan sampai infeksi pada rahim. 

Implan Kontrasepsi 

Dalam metode ini, batang kecil fleksibel ditempatkan di bawah kulit di lengan atas wanita. Batang implan ini melepaskan suatu bentuk hormon progesteron YANG menghentikan ovarium melepaskan sel telur dan mengentalkan lendir serviks. Inilah yang menyulitkan sperma untuk masuk ke dalam rahim. Metode kontrasepsi ini dinilai sangat efektif, tidak mengganggu hubungan seksual, dan bisa bertahan hingga 3 tahun. 

Jika Anda masih ragu hendak menggunakan metode kontrasepsi seperti apa, lebih baik gunakan kondom Andalan terlebih dahulu untuk menghindari kehamilan yang tidak direncanakan. Barulah setelah yakin dengan pilihan Anda maupun pasangan, pilihlah metode kontrasepsi yang sesuai tujuan dan kenyamanan pasangan maupun Anda sendiri.

Tags:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*