Ketahui Prosedur Cimino di RSU Duta Mulya

RSU Duta Mulya adalah salah satu rumah sakit yang terdapat di daerah Majenang, Cilacap. RSU Duta Mulya memiliki berbagai layanan atau fasilitas kesehatan seperti UGS, ambulance, apotek, hemodialisa, rawat jalan dan rawat inap, serta unit radiologi. 

Tak hanya itu, saja, RSU Duta Mulya juga memiliki beberapa prosedur medis unggulan, salah satunya adalah prosedur Cimino.

Cimino atau yang kerap disebut sebagai fistula arteriovenosa (AV) adalah suatu prosedur atau tindakan medis yang digunakan untuk menghubungkan salah satu pembuluh darah arteri dengan pembuluh darah vena. Prosedur ini bertujuan untuk membuat akses pembuluh darah untuk keperluan prosedur cuci darah.

Prosedur medis cimino biasanya digunakan untuk Anda atau seseorang yang mengalami gagal ginjal kronis yang mengharuskan untuk menjalani tindakan cuci darah berulang dalam jangka panjang.

Pembuluh darah yang digunakan untuk prosedur cuci darah untuk penderita gagal ginjal ini ada tiga yaitu,  arteriovenous graft, kateter vena sentral, dan arteriovenous fistula atau cimino. Akan tetapi, dari ketiga jenis pembuluh darah tersebut, cimino adalah pembuluh darah terbaik untuk pasien yang memerlukan tindakan hemodialisis atau cuci darah.

Ada kelebihan yang dimiliki cimino daripada kedua jenis pembuluh darah lainnya yaitu

  • menimbulkan risiko yang lebih kecil jika terjadi infeksi dan penggumpalan darah
  • cimino menghasilkan aliran darah yang sesuai dengan mesin cuci darah
  • pembuluh darah cimino dapat bertahan lebih lama daripada akses pembuluh darah lainnya

Persiapan Prosedur Cimino

Prosedur cimino yang tersedia di RSU Duta Mulya ini tentu memerlukan beberapa persiapan sebelum melaksanakan prosedurnya. Sebelum Anda mendapatkan tindakan medis cimino, dokter yang menangani Anda akan mulai melakukan pemetaan pembuluh darah Anda dengan menggunakan instrumen alat ultrasonografi (USG) Doppler. Instrumen USG berguna untuk membantu mengetahui kondisi aliran darah serta pembuluh darah vena dan arteri yang akan dijadikan satu. Selain itu, USG Doppler juga digunakan untuk memilih lokasi pembuluh darah yang tepat untuk melakukan prosedur cimino.

Prosedur Cimino

Untuk melakukan prosedur cimino, maka terlebih dahulu Anda harus diberikan bius lokal atau bius total. Namun, pembiusan tersebut tergantung pada kondisi Anda. Untuk pasien yang masih anak-anak, maka diperlukan pemberian bius total, jadi anak-anak bisa tertidur selama prosedur cimino dilaksanakan.

Jika tubuh sudah diberikan bius, dan bius sudah bekerja, maka dokter akan membuat sayatan di daerah tangan seperti di pergelangan tangan. Tak hanya itu, sayatan juga bisa dilakukan di bagian siku bagian dalam sepanjang 2 sampai 4 sentimeter. 

Selanjutnya, dokter yang menangani Anda akan menghubungkan pembuluh vena dengan pembuluh arteri yang ada di dekatnya. Setelah prosedur tersebut, saluran yang terbentuk dari pembuluh vena dan arteri ini disebut dengan fistula. Jika fistula sudah terbentuk, maka dokter akan menjahit bekas sayatan tersebut, lalu segera menutupnya dengan perban. Pada umumnya prosedur cimino ini memakan waktu sebanyak 2 jam.

Usai prosedur cimino dilakukan, Anda bisa langsung dibolehkan pulang ke rumah. Aka tetapi, sebaiknya jangan beraktivitas berat atau mengangkat beban berat menggunakan tangan yang baru saja menerima tindakan cimino. Hal ini agar tangan Anda tidak muncul pendarahan pada fistula.

Tak hanya itu, tangan yang baru saja menerima prosedur cimino juga tidak boleh menerima suntikan, pengukuran tekanan darah, dan tes menggunakan pengambilan darah. Hal ini agar area fistula tersebut cepat kering dan sembuh.

Untuk Anda yang ingin atau memerlukan tindakan medis atau prosedur seperti cimino, Anda bisa mendapatkannya di rumah sakit atau klinik yang menyediakan layanan tersebut, contohnya RSU Duta Mulya yang berlokasi di Majenang, Cilacap. RSU Duta Mulya berlokasi di jl. Dokter Wahidin nomor 66A, Muktisari, Sindangsari, kecamatan Majenang, kabupaten Cilacap, provinsi Jawa Tengah 53257. Anda bisa mengunjungi RSU Duta Mulya untuk mendapatkan tindakan cimino yang memiliki jam operasional hari Senin hingga hari Minggu mulai pukul 00:00 sampai 23:59.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*