Inilah Pro dan Kontra Imunoterapi, Apa Saja?

Pengembangan pengobatan penyakit kanker masih terus dilakukan oleh para ahli kesehatan. Salah satunya adalah dengan menjalani imunoterapi. Apa yang dimaksud dengan imunoterapi? Lalu, apa saja pro dan kontra terapi ini? Berikut ulasannya!

imunoterapi

Mengenal imunoterapi

Imunoterapi adalah jenis pengobatan kanker yang dapat meningkatkan sistem kekebalan atau daya tahan tubuh untuk melawan kanker. Sistem kekebalan tubuh terdiri atas sel darah putih bekerja sama dengan organ dan jaringan sistem getah bening, seperti sumsum tulang belakang. Fungsi utama sistem kekebalan tubuh adalah membantu tubuh melawan penyakit, sehingga tubuh tetap sehat.

Mengapa imunoterapi dapat mengobati kanker? 

Sistem kekebalan tubuh manusia merupakan proses yang kompleks dalam melawan penyakit, yaitu melibatkan sel, organ, dan protein. Kanker adalah sel-sel abnormal dan ganas yang memiliki banyak ‘siasat’ untuk mengelabui sistem pertahanan alami tubuh, sehingga mereka dapat terus tumbuh. Di sinilah peran imunoterapi untuk membantu sistem kekebalan tubuh seseorang bekerja lebih keras atau membuatnya lebih mudah menemukan dan menyingkirkan sel-sel kanker.

Macam-macam imunoterapi

Berbeda jenisnya, berbeda pula cara kerjanya di dalam tubuh. Beberapa jenis imunoterapi membantu sistem kekebalan menghentikan atau memperlambat pertumbuhan sel-sel kanker. Ada pula yang bekerja dengan cara membantu sistem kekebalan menghancurkan sel-sel kanker atau menghentikan penyebaran sel-sel kanker ke bagian tubuh lainnya. Terapi kanker ini dapat digunakan secara terpisah atau dikombinasikan dengan pengobatan kanker lainnya.

Sebagian obat imunoterapi telah disetujui untuk melawan kanker, sisanya masih perlu dilakukan uji klinis. Berikut beberapa jenis imonterapi yang umum digunakan, meliputi:

  • Antibodi monoklonal. 
  • Terapi virus oncolytic.
  • Terapi sel-T.
  • Vaksin kanker.
  • Imunomodulator.
  • Sitokin.
  • Immune checkpoint inhibitors

Pro dan kontra imunoterapi

Pro

Ada banyak alasan mengapa dokter Anda menganggap imunoterapi adalah pilihan yang baik untuk perawatan kanker. Beberapa jenis kanker, seperti kanker kulit, mungkin tidak merespon dengan baik jika pilihan pengobatan dengan terapi radiasi atau kemoterapi, tetapi mulai menghilang setelah melakukan imunoterapi.

Adapun manfaat imunoterapi yang akan Anda peroleh, antara lain:

  1. Membantu pengobatan kanker lainnya bekerja lebih baik, seperti kemoterapi, mungkin bekerja lebih baik jika Anda juga melakukan imunoterapi.
  2. Menghasilkan efek samping lebih sedikit dibandingkan dengan perawatan kanker lain, karena hanya menargetkan sistem kekebalan tubuh saja, alias tidak semua sel di dalam tubuh.
  3. Risiko sangat rendah kanker dapat muncul lagi, karena sistem kekebalan tubuh telah diajarkan untuk mengenal dan membunuh sel-sel kanker jika kembali lagi. Ini disebut juga dengan imunomemori, sehingga membantu Anda bebas dari kanker dalam waktu yang lebih lama.

Kontra

Meskipun sangat menjanjikan dalam penyembuhan kanker, bukan hal yang tidak mungkin imunoterapi memiliki sisi negatifnya, termasuk:

  1. Muncul reaksi buruk saat obat masuk ke dalam tubuh, seperti sakit, gatal, bengkak, dan memerah.
  2. Tetap ada efek sampingnya, seperti terserang flu, demam, menggigil, tubuh kelelahan, pembengkakan, berat badan naik karena cairan ekstra, jantung berdebar-debar, kepala tersumbat, dan diare. 
  3. Imunoterapi dapat merusak organ dan sistem tubuh, seperti jantung, hati, paru-paru, ginjal, atau usus.
  4. Dalam beberapa kasus, imunoterapi mungkin butuh waktu lebih lama untuk bekerja dibandingkan pengobatan kanker lainnya. Alhasil, kanker Anda mungkin tidak bisa hilang dengan cepat.
  5. Tidak semua orang bisa berhasil dengan imunoterapi. Hingga saat ini, dokter masih belum yakin mengapa imunoterapi hanya dapat membantu beberapa orang saja.
  6. Masih ada kemungkinan jika tumor atau kanker muncul lagi jika imunoterapi berhenti berpengaruhnya terhadap sel kanker Anda. 

Inilah beberapa poin pro dan kontra imunoterapi yang bisa menjadi bahan pertimbangan Anda dalam menentukan pengobatan kanker yang akan dijalani. Imunoterapi besar manfaatnya dalam dunia kesehatan, tetapi masih perlu banyak hal yang harus diteliti lagi. Jika memang dokter Anda menyarankan imunoterapi sebagai pengobatan kanker, mungkin ada banyak hal yang perlu dibicarakan sebelumnya untuk memutuskan apakah terapi ini memang tepat untuk Anda. Selalu ikuti instruksi dari dokter Anda.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*