Ini yang Terjadi Saat Hamil Tiga Bulan

Bulan ketiga kehamilan merupakan bulan terakhir pada trimester pertama. Saat Anda hamil 3 bulan, Anda mungkin mulai merasakan adanya perubahan pada tubuh Anda. Selain itu, masa kehamilan di bulan ketiga secara tidak langsung juga bisa memberikan dampak emosional.

Memasuki bulan ketiga, berat janin Anda akan bertambah, biasanya sekitar 40 gram. Panjang bayi pun juga mengalami penambahan, sehingga Anda bisa melihat adanya perubahan ukuran perut yang semakin membesar.

Gejala yang dirasakan saat hamil tiga bulan

Setiap bulan pada masa kehamilan akan memunculkan berbagai macam gejala. Di bulan ketiga, Anda juga akan merasakan beberapa gejala yang akan berangsung-angsur membaik saat akan memasuki trimester kedua atau bulan keempat.

Biasanya, wanita yang hamil tiga bulan akan merasakan gejala berupa:

  • Morning sickness dan kelelahan

Morning sickness atau mual merupakan gejala yang sangat umum terjadi pada masa kehamilan. Gejala ini akan mencapai puncaknya di bulan ketiga, dimana Anda akan lebih sering merasa mual dan muntah dengan intensitas yang lebih tinggi.

Selain itu, Anda juga akan lebih mudah merasa lelah dibandingkan dengan bulan pertama dan kedua. Rasa lelah dan mengantuk yang Anda rasakan dipicu oleh hormon kehamilan. Tubuh Anda membutuhkan darah ekstra untuk memberi nutrisi penting pada janin, sehingga akan mempengaruhi kadar gula dan tekanan darah Anda.

  • Masalah pencernaan

Anda sangat mungkin untuk mengalami masalah pencernaan, seperti sembelit, di bulan ketiga kehamilan. Saat hamil, Anda memiliki kadar hormon progesteron yang tinggi. Tingginya hormon tersebut akan memperlambat proses pencernaan Anda.

Tidak hanya itu, adanya janin di dalam kandungan memberikan tekanan lebih pada kandung kemih. Akibatnya, tubuh Anda akan mengalami peningkatan pembentukan urin, sehingga Anda menjadi lebih sering buang air kecil dibanding biasanya.

  • Nyeri dan kram

Pertumbuhan hormon dan perkembangan janin di dalam kandungan akan memicu peregangan otot-otot di sekitar punggung dan perut. Akibatnya, punggung dan perut bagian bawah Anda rentan terhadap rasa nyeri. Hal ini bisa diatasi dengan melakukan peregangan ringan setiap harinya.

Di malam hari, Anda mungkin akan merasakan kram pada kaki. Kram bisa muncul karena tubuh Anda kini menopang beban yang lebih berat dibandingkan dengan sebelumnya. Untuk mengatasinya, Anda bisa mengonsumsi lebih banyak makanan yang mengandung zat besi dan kalium, sehingga otot kaki akan menjadi lebih kuat.

  • Pembesaran payudara

Selama masa kehamilan, Anda akan merasakan payudara membesar. Saat hamil tiga bulan, pembesaran payudara ini akan semakin bisa Anda rasakan.

Seiring dengan payudara yang semakin membesar, area di sekeliling puting yang disebut dengan areola juga akan melebar. Selain itu, warnanya juga akan semakin menggelap. Jika Anda memiliki masalah jerawat, Anda mungkin juga akan mengalami breakout atau jerawat dalam jumlah banyak sebagai pengaruh hormonal.

  • Perubahan suasana hati

Suasana hati yang berubah-ubah sangat wajar terjadi pada masa kehamilan. Hal ini didorong oleh perubahan hormonal yang juga akan mempengaruhi emosi Anda. Anda mungkin akan merasa semangat di satu waktu, namun tiba-tiba menjadi sedih beberapa waktu kemudian. Jika Anda mengalami gejala ini, sebaiknya minta bantuan dari pasangan agar tidak menambah stres atau memicu emosi Anda.

Sebagian besar gejala yang dirasakan saat hamil tiga bulan hampir serupa dengan gejala di bulan pertama dan kedua. Perubahan paling signifikan adalah perubahan secara fisik, dimana bentuk perut Anda akan semakin membesar. Meski begitu, Anda tidak akan langsung mengalami penambahan berat badan saat hamil di bulan ketiga.

Tags: , ,

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*