Ini Cara Menghitung Masa Subur Wanita Ketika Haid Tidak Teratur

Cara menghitung masa subur wanita yang paling utama memang dengan mengetahui siklus haid. Masa subur bisa terjadi antara hari ke 11-21 sejak hari pertama haid terakhir muncul. Pada wanita dengan siklus haid rata-rata 28 hari maka masa suburnya akan jatuh di hari ke 14.

Program hamil anak perempuan dengan teknologi

Peluang terjadinya kehamilan bisa semakin besar apabila Anda berhubungan pada saat masa subur di mana sel telur yang dilepaskan pada masa itu dapat dibuahi oleh sel sperma yang masuk. Karena itu para wanita yang sedang melakukan program kehamilan perlu mengetahui kapan masa suburnya terjadi.

Sayangnya, pada sebagian wanita masa haid bisa berubah dari waktu ke waktu dan tidak teratur. Memang, cara menghitung masa subur wanita dengan siklus haid tidak teratur akan terasa sulit. 

Anda akan kesulitan memastikan tanggal haid selanjutnya. Meski demikian, Anda tetap bisa mengetahui masa subur sekalipun memiliki siklus haid tidak teratur. Berikut ini beberapa diantaranya: 

Mencatat Siklus Haid Selama 12 Bulan Berturut-turut

Kedisiplinan sangat penting bagi Anda yang memiliki siklus haid tidak teratur. Pasalnya, Anda harus mencatat tanggal dimulai dan tanggal berakhirnya haid, setidaknya selama enam siklus haid berturut-turut. 

Dengan mencatat, Anda dapat menunjukkannya kepada dokter saat pemeriksaan. Nantinya dokter bisa melihat pola haid Anda. Dari sini, dokter bisa membantu Anda memperkirakan kapan masa subur terjadi. 

Melihat Lendir pada Serviks 

Masa subur juga dapat ditandai dengan lendir serviks yang agak encer dan konsistensinya mirip dengan putih telur. Kondisi lendir serviks yang seperti ini akan mempermudah sperma untuk masuk ke dalam rahim dan membuahi sel telur.

Nah, Anda bisa mengetahui cara menghitung masa subur wanita dengan mengecek lendir ini setelah haid selesai. Hal ini karena setelah haid, serviks (mulut rahim) akan mengeluarkan lendir jernih dan tak berbau. Lendir ini sering dikenal dengan keputihan yang normal. Lendir tersebut bisa terlihat kental dan hanya sedikit, tapi bisa pula terlihat agak encer dan berjumlah lebih banyak.

Mengukur Suhu Basal Tubuh

Cara menghitung masa subur wanita berikutnya dengan mengukur suhu basal tubuh yang merupakan suhu tubuh yang diukur pada pagi hari saat baru bangun tidur. Anda bisa mengukurnya dengan menggunakan termometer, yang pengukurannya dilakukan di mulut.

Catatlah suhu basal tubuh setiap pagi. Saat ovulasi terjadi, suhu basal tubuh akan meningkat 0,5-1 derajat Celcius dibandingkan dengan suhu basal pada hari-hari sebelumnya.

Jika Anda dan pasangan berencana untuk memiliki anak, saat suhu basal tubuh meningkat, sebaiknya lakukan hubungan seksual.

Memakai Alat Deteksi Ovulasi

Alat pengecek ovulasi dengan menggunakan urine, bisa Anda gunakan sebagai cara mengetahui masa subur. Alat pendeteksi ovulasi ini diketahui akurat dalam menentukan masa subur.  

Baik cara kerja dan bentuknya sangat mirip dengan alat pendeteksi kehamilan alias test pack. Jika test pack mendeteksi adanya hormon beta human chorionic gonadotropin (b-HCG) di urine, alat deteksi ovulasi akan mendeteksi adanya luteinizing hormone (LH) dalam kadar yang tinggi di urine.

Hormon LH akan meningkat drastis jumlahnya pada 24-48 jam menjelang ovulasi. Jadi, saat alat deteksi ovulasi menunjukkan hasil positif, kemungkinan besar dalam 24-48 jam ke depan masa subur terjadi.

Itulah sejummlah cara menghitung masa subur wanita dengan haid tidak teratur. Pastikan tetap mendiskusikan pada dokter untuk berkonsultasi mengetahui masa subur ini, ya.

Tags: ,

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*