Ini Cara Mencuci Baju Dengan Cuka dan Manfaatnya!

Banyaknya jenis deterjen yang ada di pasaran mungkin seringkali membuat Anda bingung untuk memilihnya. Berbagai fungsi dan kegunaan pun lengkap tersedia. Namun, pernahkan Anda mencoba cara mencuci baju dengan menggunakan cuka?

Jika belum, mungkin Anda pun belum mengetahui apa fungsi dari mencuci baju atau membersihkan baju menggunakan cuka. Berikut penjelasannya!

Cara mencuci baju dengan cuka

Salah satu alternatif terbaik untuk cara mencuci baju menggunakan bahan yang ada di dapur Anda, adalah dengan cuka. Anda dapat mencuci pakaian dengan cuka putih suling serta cuka sari apel. Cuka sendiri memiliki sejumlah manfaat, baik sebagai makanan maupun sebagai alat bantu pembersih. 

Cuka bekerja dengan melonggarkan garam seng atau alumunium klorida, yang berarti kotoran tidak akan menempel pada pakaian Anda. Selain itu, cuka memiliki sifat antibakteri. Mencuci pakaian Anda dengan cuka akan membuat pakaian Anda tidak berbau. Mungkin Anda khawatir pakaian akan berbau seperti bau cuka, hal tersebut tidak akan terjadi. 

Kegunaan mencuci baju dengan cuka

  1. Membersihkan pakaian tanpa bahan kimia yang keras

Untuk membersihkan pakaian Anda dengan cuka, masukkan ½ cangkir cuka putih suling ke dalam kompartemen detergen mesin cuci Anda, dan Anda tidak perlu menambahkan detergen lain. 

  • Tidak menodai pakaian. Cuka biasanya tidak menodai pakaian, tetapi bersifat asam. Jadi Anda tidak boleh menuangkan langsung ke pakaian tanpa mengencerkannya terlebih dahulu. Anda bisa mencampurkan ½ cangkir cuka dengan secangkir air sebelum menuangkan ke pakaian Anda. 
  • Hypoallergenic. Mencuci pakaian Anda dengan cuka adalah cara terbaik untuk menghindari penggunaan bahan kimia yang keras. Jika Anda memiliki kulit sensitif, detergen tertentu dapat mengiritasi kulit Anda dan menyebabkan ruam alergi yang disebut dermatitis kontak. Jika Anda alergi terhadap detergen, cuka mungkin bisa menjadi pengganti yang baik. 
  • Ramah lingkungan. Penelitian menunjukkan bahwa bahan kimia keras dalam detergen pakaian tertentu berbahaya bagi lingkungan. 
  1. Mengendurkan sisa sabun

Penumpukan sabun dapat menyebabkan munculnya garis-garis putih atau biru pada pakaian Anda. Ini juga dapat mengubah pakaian putih Anda menjadi kuning dan menyebabkan pakaian gelap memudar. Cuka pun dapat melonggarkan penumpukan sabun dan mencegahnya menempel pada pakaian. 

  1. Hapus noda

Sama halnya dengan penumpukan sabun, kotoran dan partikel makanan dapat mengendur saat bersentuhan dengan cuka, sehingga air dapat terbawa. Encerkan 1 cangkir cuka dengan satu galon air. Bersihkan noda terlebih dahulu dengan menuangkan larutan langsung ke noda atau mengoleskannya ke noda dengan kain bersih, lalu cuci pakaian seperti biasa. 

  1. Sebagai pemutih

Cuka dapat digunakan untuk memutihkan cucian, membuat pakaian lebih cerah dan mengurangi noda. Caranya dengan mencampurkan ½ cangkir cuka, ½ cangkir jus lemon, dan 1 sendok makan boraks. Lalu, tambahkan ini ke mesin cuci Anda. Anda pun bisa merendam pakaian Anda dalam larutan ini dalam satu galon air. 

  1. Menghilangkan bau

Cuka dapat mengurangi bau asap, hewan peliharaan, dan keringat. Tambahkan ½ hingga 1 cangkir cuka ke cucian Anda untuk menghilangkan bau pakaian. 

  1. Melembutkan kain

Anda bisa mengganti pelembut kain dengan cuka. Cuka juga mencegah listrik statis, yang berarti serat dan bulu hewan kecil kemungkinannya menempel pada pakaian. 

  1. Membuat pakaian tidak memudar

Seiring berjalannya waktu, deterjen, sinar matahari, dan keausan dapat menyebabkan pakaian cerah memudar. Untuk menggunakan cuka dapat membantu agar tidak memudar, dengan menambahkan ½ cangkir uka ke dalam cucian. 

  1. Membersihkan mesin cuci

Mesin cuci bersih sama dengan pakaian bersih. Sampah sabun dan endapan mineral dapat menumpuk di selang cuci Anda sehingga menghambat aliran dan kinerja air. Empat kali setahun, buang sisa sabun dan bersihkan selang dengan menjalankan siklus pencucian lengkap dengan mesin cuci kosong menggunakan air panas dan dua cangkir cuka putih suling. 

Perlu Anda ingat, sebelum menggunakan cuka sebagai cara mencuci baju Anda, pastikan bahwa Anda tidak alergi terhadap cuka. Meskipun alergi jarang sekali terjadi, namun dapat terjadi pada beberapa orang. 

Jadi, cuka adalah pengganti yang baik untuk deterjen pakaian dan salah satu cara mencuci baju yang murah, efektif, dan ramah lingkungan. 

Tags: , ,

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*