Indikator Memilih Detergen Bayi Terbaik

Kulit bayi yang masih sensitif membuatnya rentan sekali terkena berbagai masalah kesehatan. Atas dasar itu, penggunaan berbagai macam produk, termasuk detergen harus benar-benar selektif. Orang tua mungkin harus cermat memilih dergen bayi terbaik agar si kecil tidak mendapat efek samping tertentu jika menggunakan detergen sembarangan.

Di pasaran terdapat banyak sekali merek detergen. Orang tua bisa memilih detergen yang diciptakan khusus untuk mencuci pakaian bayi. Masalahnya, tidak sedikit yang tetap menggunakan detergen biasa karena didasari oleh berbagai alasan, seperti masalah harga dan kualitas.

Soal kualitas ini, orang tua mengeluh jika detergen khusus bayi tidak cukup ampuh untuk mengangkat noda seperti layaknya detergen umum. Lantas, apakah kondisi ini adalah sebuah langkah yang tepat?

  • Detergen bayi vs detergen biasa

Detergen yang tersebar di pasaran dibuat dengan memanfaatkan campuran bahan turunan minyak bumi. Tujuan dari detergen ini adalah membantu proses pembersihan. Campuran bahan-bahan akan memengaruhi efek atau manfaat yang bisa didapatkan dari proses mencuci, seperti menghilangkan noda hingga membuatnya menjadi harum.

Secara umum, detergen terbuat dari campuran bahan-bahan ini; surfaktan untuk mengangkat kotoran; builder yang berfungsi sebagai booster bahan lainnya; filler; serta aditif sebagai bahan tambahan yang memberikan ciri khas tertentu bagi suatu produk detergen.

Campurn bahan-bahan itulah yang dikhawatirkan akan menyebabkan satu efek tertentu di kulit bayi. Biasanya, gejala bisa terlihat dari ruam hingga timbulnya berbagai alergi. Akan tetapi, tidak ada aturan atau larangan khusus agar tidak menggunakan detergen biasa sebagai alat pembersih baju si kecil.

Terlebih jika bayi Anda tidak memiliki masalah kulit apa pun, Anda tetap bisa menggunakan detergen yang biasa Anda gunakan untuk mencuci sehari-hari. Yang penting, Anda harus paham prinsip kemungkinan terjadinya masalah kulit yang terjadi pada anak.

Menurut dokter spesialis kulit anak, alergi atau masalah kulit terjadi karena residu yang ditinggalkan detergen bubuk. Residu yang tertinggal itulah yang menyebabkan iritasi, hingga akhirnya menyebabkan masalah kulit lain. Oleh karenanya, untuk detergen bayi, sebaiknya menggunakan yang berbentuk cair. Selain itu, Anda mungkin bisa lebih memperhatikan proses pencuciannya. Semisal, pastikan Anda melakukan pembilasan berkali-kali agar residu atau bahan-bahan lain yang ada di detergen benar-benar hilang sebelum dikenakan oleh bayi.

  • Indikator lain memilih detergen bayi terbaik

Selain condong memilih detergen berbentuk cair, ada indikator lain yang bisa Anda jadikan sebagai patokan. Salah satunya adalah memilih detergen yang bersifat hipoalergenik. Detergen seperti ini cocok digunakan bagi bayi yang punya masalah ruam, eksim, atau alergi kulit.

Lebih lanjut, Anda mungkin bisa membeli produk detergen dalam kemasan kecil terlebih dulu. Coba gunakan produk ini untuk beberapa baju bayi, dan tunggu selama beberapa hari untuk melihat reaksi kulitnya.

Jika anak Anda tidak mengalami ruam atau alergi, berarti ia cocok dengan produk tersebut. Sebaliknya, jika selama masa percobaan terjadi sesuatu pada kulit bayi Anda, artinya detergen tersebut tidak cocok dan Anda perlu menggantinya dengan merek lain.

Sebagai tambahan, mungkin kondisi mesin cuci juga bisa memengaruhi hasil. Semisal mesincuci di rumah berjenis high efficiency (HE), ? Jika mesin cuci Anda berjenis HE, Anda perlu menggunakan detergen yang juga berlabel HE. Karena detergen HE dapat membilas pakaian lebih bersih sekaligus mencegah kerusakan pada mesin cuci Anda.

Pada intinya, detergen apa saja sebenarnya bisa digunakan untuk mencuci pakaian bayi Anda, tergantung bagaimana kondisi kulit bayi Anda. Jika kondisi kulitnya cukup baik, Anda bisa tetap menggunakan detergen biasa, alih-alih menggunakan detergen khusus bayi yang menurut beberapa orang banyak memiliki kekurangan.

Namun, jika Anda bersikukuh, ada banyak merek detergen bayi terbaik yang dijual di pasaran, kok. Jadi Anda tinggal menyesuaikan dengan kebutuhan dan kondisi Anda masing-masing.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*