Hal yang Perlu Anda Tanya Dokter Jantung Saat Konsultasi

Jika Anda belum pernah membuat janji dengan dokter spesialis jantung sebelumnya, Anda mungkin tidak tahu apa saja yang perlu dipersiapkan. Sebaiknya, ketahui apa saja hal-hal yang bisa Anda tanya dokter jantung pada pertemuan pertama. 

Hal yang bisa Anda tanya dokter jantung

Biasanya, pada pertemuan pertama, pasien masih belum memiliki gambaran mengenai penyakit jantung yang dialaminya. Apalagi jika Anda baru saja mengalami serangan jantung secara tiba-tiba, tanpa mengetahui apa penyebabnya.

Supaya Anda memahami kondisi kesehatan jantung Anda sendiri lebih jauh, tanya dokter jantung mengenai hal-hal berikut ini:

  • Penyebab serangan jantung

Hal pertama yang perlu Anda tanyakan adalah penyebab dari penyakit dan serangan jantung yang Anda alami. Tentunya, serangan jantung tidak mungkin Anda alami tanpa sebab khusus. 

Dokter bisa melakukan diagnosa mengenai kondisi Anda sekaligus menyebutkan apa penyebabnya. Umumnya, penyebab dari serangan jantung adalah penumpukan kolesterol dan juga zat-zat lemak. 

Akan tetapi, setiap pasien mungkin saja memiliki penyebab yang berbeda-beda. Karena itu, Anda bisa menanyakan hal ini pada dokter jantung Anda. 

  • Upaya pengobatan

Setelah mengetahui penyebabnya, Anda bisa melakukan upaya pencegahan supaya terhindar dari serangan jantung yang lebih parah. Selain itu, Anda juga bisa bertanya pada dokter mengenai upaya pengobatan yang tepat. 

Sekali Anda mengalami serangan jantung, Anda harus menjalani perawatan seumur hidup. Dosis dan jenis obat yang digunakan akan berbeda pada setiap pasien, tergantung tingkat keparahan penyakit Anda. 

Beberapa jenis obat yang umumnya digunakan untuk mengatasi serangan jantung adalah beta-blocker, obat pengencer darah, vasodilator, penghambat saluran kalsium, serta obat penurun kolesterol. 

  • Makanan apa yang boleh dan tidak boleh dikonsumsi

Ketika Anda memiliki penyakit jantung, Anda harus memperhatikan makanan yang dikonsumsi. Beberapa jenis makanan mungkin bisa memperparah gejala. 

Tanya dokter jantung Anda mengenai jenis makanan yang harus dihindari, serta makanan apa saja yang perlu dikonsumsi secara rutin. Biasanya, penderita serangan jantung dianjurkan untuk lebih banyak mengonsumsi sayur, lemak sehat, daging tanpa lemak, dan biji-bijian. 

Jenis makanan di atas bisa membantu mengurangi kemungkinan Anda mengalami serangan jantung lagi. 

Kapan perlu membuat janji dengan dokter jantung?

Ketika Anda merasakan gejala yang berhubungan dengan jantung dan pembuluh darah, maka saat itulah Anda perlu berkonsultasi dengan dokter spesialis jantung. Secara khusus, Anda perlu tanya dokter jantung jika mengalami tanda-tanda ini: 

  • Pingsan

Pingsan terjadi ketika Anda kehilangan kesadaran secara tiba-tiba. Kondisi ini disebabkan oleh aliran darah yang rendah di otak. Sebelum pingsan, Anda akan merasakan tanda-tanda berupa kepala yang terasa pusing dan sangat ringan. 

  • Sesak napas

Sesak napas menjadi salah satu gejala umum bagi penderita penyakit jantung. Jika sesak napas sangat parah, sebelum tanya dokter jantung, Anda perlu menghubungi gawat darurat terlebih dahulu.

  • Nyeri dada

Penyakit jantung juga mengalami gejala berupa nyeri di dada. Kondisi ini dikenal juga dengan sebutan angina. Rasa sakit ini bisa menjalar sampai ke bahu, lengan, dan rahang. 

  • Pusing

Rasa pusing ditandai dengan ketidakstabilan dan sensasi berputar pada kepala. Pusing sebenarnya bisa menjadi gejala dari berbagai macam kondisi, penyakit jantung salah satunya. 

Ketika Anda merasakan gejala-gejala di atas, jangan ragu untuk membuat janji konsultasi dan tanya dokter jantung Anda. Dokter akan memberikan arahan mengenai upaya pengobatan yang tepat. 

Tags: , ,

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*