Gerakan untuk Mengatasi Sakit Rahang

sakit rahang

Salah satu cara yang dapat dilakukan untuk mengatasi sakit rahang adalah dengan pijatan lembut. Pijatan pada rahang mampu meredakan rasa nyeri dengan melemaskan otot yang kencang dan melancarkan peredaran darah. Anda bisa melakukan pijatan beberapa kali dalam sehari dengan mengikuti tips berikut ini:

  • Sebelum memijat, cuci tangan terlebih dahulu
  • Buka mulut, lalu gunakan jari tjjelunjuk dan jari tengah untuk memijat daerah di depan telinga yang merupakan tempat sendi temporomandibular. Pijat dengan Gerakan memutar atau sircular motion pada kedua sisi. Setelahnya, lakukan pijatan dengan mulut tertutup.
  • Pijatan juga dilakukan di bagian dalam mulut. Buka mulut dengan raba bagian otot yang nyeri.
  • Pijat leher pada kedua sisi. Otot leher juga berperan dalam pergerakan sendi rahang. Saat terjadi sakit rahang, umumnya otot leher akan terasa tegang.

Selain dengan pijatan, ada juga Gerakan Latihan pada rahang yang dapat membantu meredakan nyeri. Latihan pada rahang bisa memperkuat otot rahang dan melemaskan otot. Selain itu, juga dapat meningkatkan mobilitas sendiri rahang dan merangsang terjadinya penyembuhan.

Gerakan Olahraga Rahang untuk Menghindari Sakit Rahang

  • Gerakan relaksasi rahang

Caranya dengan memposisikan lidah di bagian atas mulut (belakang gigi depan rahang atas), kemudian buka mulut secara perlahan.

  • Gerakan goldfish membuka sebagian

Seperti pada gerakan pertama, posisikan lidah di bagian atas mulut. Letakkan satu jari pada sendi rahang (di bagian depan telinga). Letakan jari tengah atau telunjuk tangan lainnya pada dagu. Buka rahang sebagian kemudian tutup kembali.

Saat melakukan gerakan, kamu akan merasakan tekanan ringan, tetapi tidak terasa sakit. Lakukan gerakan sebanyak 6 kali dalam satu kali latihan. Ulangilah 6 kali dalam sehari.

  • Gerakan goldfish membuka penuh

Gerakan ini memiliki cara yang sama dengan latihan nomor dua. Perbedannya adalah rahang dibuka sepenuhnya.

  • Tahanan membuka dan menutup mulut

Posisikan ibu jari pada bawah dagu. Buka mulut perlahan melawan tahanan. Tahan 3-6 detik kemudian tutup mulut perlahan.

Tags:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*